Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

3 Cara Mudah Menabung Buat Karyawan

Diperbarui terakhir: 3 Mei, 2015


3 Cara Mudah Menabung Buat Karyawan – Salah satu kendala yang ditemui oleh seorang mahasiswa yang baru mendapatkan pekerjaan adalah pengaturan uang yang kadang kurang baik. Saking senangnya mendapatkan gaji bulanan, uang tersebut dengan mudah dihabiskan. Atau mudahnya, belum terbiasa mengelola keuangan sendiri sehingga ketika sudah mendapatkan gaji, sejumlah rencana sudah dibuat. Beli ini dan itu hingga sebelum masa gajian datang lagi, keuangan sudah kritis. Tidak mengherankan jika banyak karyawan yang berasal fresh graduate kebingunan bagaimana cara menabung supaya uangnya bisa terkumpul dengan mudah.

Cara Mudah Menabung Buat Karyawan

Sebelumnya, perlu disadari dulu kalau menabung menjadi sesuatu yang sangat berguna. Ini adalah satu hal yang penting untuk dilakukan, dan harus dimulai sejak dini, bukan menunggu dan menunggu lagi. Biar lebih nyata, cobalah pikirkan tentang masa depan. Apakah Anda memang senang jika uang yang Anda dapatkan habis dalam sekali waktu. Atau dengan kata lain, apakah Anda ingin umur uang Anda hanya sebulan saja? Atau Anda ingin punya dana darurat, sebuah simpanan untuk masa depan. Yang usia uang itu jauh lebih panjang.

Dana darurat amat sangat penting untuk dipersiapkan. Salah satu kegunaan dana seperti ini adalah saat kecelakaan terjadi, misalnya ada keluarga, saudara, atau bahkan diri Anda sakit. Jangan hanya berpikir pada asuransi kesehatan dari perusahaan saja. Dana darurat ini bisa digunakan sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.

Begini cara mudah menabung yang benar buat karyawan pegawai

Hindari sifat boros

Mulai sekarang, cobalah untuk tidak banyak menngeluarkan uang secara berlebihan. Tahan keinginan Anda dan mulai buat sebuah pembukuan kecil untuk gaji bulanan Anda. Siapkan beberapa kolom yang akan diisi beberapa golongan kebutuhan, misalnya, uang kos/kontrak, shodaqah/zakat, keperluan bulanan, lain-lain, dan yang pasti tabungan. Sesuaikan kolom dengan kebutuhan Anda. Tabungan ini harus diisi setiap bulan. Sementara buku yang Anda buat akan membantu Anda untuk lebih berdisiplin dan tidak selalu foya-foya.

Pikirkan cara berkembang

Di cara mudah menabung yang pertama, Anda belajar tentang bagaimana mengontrol diri supaya tidak mengeluarkan uang dengan mudah. Layaknya input dan output, gaji juga semacam itu. Setiap bulan akan ada input di rekening Anda dan bagaimana outputnya adalah tugas Anda untuk menjalankannya. Apakah outputnya akan dilakukan secara berlebihan atau tidak semuanya kembali kepada Anda.

Namun yang perlu Anda pertimbangkan juga adalah bagaimana caranya agar sisa dari input yang sudah Anda keluarkan beberapa rupiah itu bisa dikembangkan. Caranya bisa dengan menggunakan input yang sudah ada untuk berinvestasi dan atau Anda mencari tambahan input baru sebagai alternatif cara mudah menabung. Tambahan input atau uang bulanan ini bisa berupa pekerjaan sampingan yang berhubungan dengan keahlian Anda, usaha kecil-kecilan yang menghasilkan laba besar, atau semacamnya. Berpikirlah kreatif. Karena jika gaya hidup Anda tinggi, sudah tentu pendapatan Anda harus tinggi. Jika memang Anda menerima apa adanya yang Anda dapatkan dalam sebulan, Anda juga harus terima untuk hidup apa adanya dengan uang itu.

Pahami gaya hidup vs pendapatan

Manakah yang harus Anda dulukan ketika ditanya tentang gaya hidup dan pendapatan yang Anda peroleh dalam sebulan? Apakah pendapatan yang harus disesuaikan dengan gaya hidup atau sebaliknya? Gaya hiduplah yang harus disesuaikan dengan apa yang Anda peroleh?. Berpikirlah bijak supaya bisa menemukan jawabannya. Jangan sampai karena gaya hidup yang tinggi, Anda mencari hutang kemana-mana. Yang nantinya juga akan merepotkan Anda setiap bulannya.

Jadi, menurut Anda cara mudah menabung seperti apa yang Anda inginkan? Anda bisa menambahkannya sendiri sesuai versi Anda. Yang terpenting adalah pemahaman Anda dulu mengenai kebutuhan dan keinginan.