Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

5 Cara Asyik Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Diperbarui terakhir: 22 Oktober, 2014


5 Cara Asyik Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris – Bisa Bahasa Inggris merupakan sebuah keharusan. Maka dari itu pengasahan kemampuan berbahasa Inggris dilakukan oleh hampir semua orang. Sebab jika tidak demikian, keilmuan bahasa inggris bisa luntur. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dengan cara yang asyik dan tidak membosankan, tetapi bisa meningkatkan kemampuan untuk berbahasa inggris. Penasaran? Simak.

Ini dia 5 cara asyik meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang baik

Cara Asyik Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Pertama, mendengarkan musik dan menonton film

Cara pertama yang bisa dilakukan agar dapat mengerti bahasa inggris dengan mudah adalah dengan rajin mendengarkan musik (lagu bahasa inggris), menonton film berbahasa inggris, dan yang lainnya. Semua kegiatan yang berbau bahasa inggris ini akan membuat telinga kita terbiasa mendengarkan bahasa inggris. Sekaligus dapat menambah perbendaharaan kata ketika mendengarkan kemudian berinisiatif untuk mencari tahu arti dari sebuah kosa kata baru yang didapatkan.

Kedua, menulis status BB, FB, dan media sosial lain dalam bahasa inggris

Tidak cukup hanya mendengar, Anda juga harus mulai belajar menuliskan apa saja yang Anda dengar, apa yang Anda tahu, dan apa yang mengerti. Bahkan, quote bahasa inggris yang Anda dapatkan bisa Anda tulis dalam status BB, status FB sebagai permulaan untuk menulis yang lebih banyak lagi dalam sebuah artikel. Bisa jadi, menulis diary dengan bahasa inggris juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris Anda. Dengan menulis, Anda akan jauh lebih tahu kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan sehingga mau tidak mau Anda akan belajar tentang bagaimana grammar yang benar.

Ketiga, membaca novel, komik, atau artikel berbahasa inggris

Menulis memang tidak bisa dipisahkan dari membaca. Entah mana dulu yang Anda senang untuk dilakukan sebagai cara asyik meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, yang jelas lakukanlah. Membacalah hal-hal yang membuat Anda senang. Jika Anda suka komik, mulailah membeli komik bahasa asing. Begitu juga jika Anda senang dengan novel, maka bacalah novel bahasa inggris. Mudahnya, Anda bisa memasukkan beberapa alamat website berita berbahasa inggris dalam bookmark di gadget Anda. Mulailah rutin membaca artikel, berita terbaru di website tersebut.

Keempat, mengamati keadaan sekitar

Mengamati menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat belajar bahasa inggris. Apalagi ketika Anda menonton film, penting kiranya untuk juga belajar tentang mimik dan logat yang mereka gunakan berikut bahasa tubuh yang ditunjukkan. Ini akan memperlancar Anda dalam kemampuan berbicara secara baik dan benar dalam bahasa inggris.

Kelima, praktek

Setelah banyak hal yang Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, kini waktunya Anda mengukur sampai di mana hasil yang Anda capai. Praktek dengan teman sekelas, teman yang ada di rumah, satu organisasi atau bahkan keluarga bisa menjadi cara yang aman dan jitu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.

Itulah beberapa cara asyik meningkatkan kemampuan bahasa inggris agar siap saat menghadapi ujian sekaligus saat perdagangan bebas dibuka.

Salam – hindayani.com

Leave a Reply