Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

6 Manfaat Bangun Pagi yang Harus Anda Tahu, Wajib Baca!

Diperbarui terakhir: 28 Oktober, 2014


6 Manfaat Bangun Pagi yang Harus Anda TahuPernahkah Anda berpikir bahwa bangun pagi dapat memberikan manfaat kesehatan pada Anda? Ataukah bangun pagi yang Anda lakukan hanya karena harus berangkat kerja di pagi hari? Jika Anda hanya menggunakan kerja sebagai alasan untuk bangun pagi, maka Anda akan punya alasan kuat untuk tidak bangun pagi saat weekend, dan ini bisa menjadi kebiasaan yang buruk. Karena secara tidak langsung, Anda membentuk habit atau kebiasaan untuk bermalas-malasan. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda memiliki alasan kuat untuk bangun pagi, salah satunya adalah manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan jika mau bangun di pagi hari. Penasaran? Yuk ikuti ulasannya.

Inilah 6 manfaat bangun pagi yang harus Anda ketahui

Manfaat Bangun Pagi

Pertama, meningkatkan produktivitas dan kinerja

Dengan bangun lebih awal, ternyata Anda bisa mendapatkan peningkatan kinerja dan produktivitas harian. Jika Anda sedang ujian atau harus berangkat interview kerja, bangun lebih awal akan memberikan kesegaran dan kesiapan mental pada diri Anda. Nilai Anda hari ini akan jauh lebih baik dari pada Anda yang menunda-nunda untuk bangun di pagi hari. Tidak hanya itu, orang yang terbiasa bangun di pagi hari juga memiliki konsentrasi yang jauh lebih baik.

Kedua, mudah melakoni diet sehat

Ketika Anda bangun lebih awal, maka Anda punya waktu untuk menyiapkan makanan sehat untuk sarapan Anda. Tidak perlu terburu-buru untuk menyiapkan makanan atau bahkan memiliki menu instan yang kurang sehat untuk menyesuaikan dengan ketersediaan waktu yang Anda miliki. Terkadang, Anda juga harus merelakan masa sarapan Anda tanpa makanan, kemudian menahan lapar dan mengonsumsi makanan berlebih di siang hari. Tahukah Anda jika hal ini akan menambah risiko obesitas pada seseorang? Inilah manfaat bangun pagi yang jarang diperhitungkan.

Ketiga, pola tidur yang lebih baik

Dengan bangun pagi, seseorang akan jauh lebih mudah mengatur waktunya. Kapan dia akan tidur dan kapan dia akan bangun. Hal ini selain akan mengajarkan tentang time management juga akan memberikan manfaat pembentukan pola tidur yang baik. Habit ini akan sangat baik jika diteruskan karena akan membuat Anda mendapatkan porsi tidur yang sesuai serta kualitas tidur yang sangat baik.

Keempat, mental yang lebih baik

Sedikit dibahas di atas bahwa seorang yang bangun pagi akan memiliki konsentrasi yang lebih baik. Namun ini bukan satu-satunya manfaat yang berhubungan dengan otak. Manfaat bangun pagi lainnya adalah Anda bisa mendapatkan ketenangan dan kesegaran di pagi hari. Anda akan mudah menerapkan sikap hidup positif, optimis dengan kebiasaan baik ini. Hal ini karena Anda tidak perlu terburu-buru karena time management yang bagus.

Kelima, olahraga lebih lama sehingga sehat

Orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu yang lebih lama untuk menggerakkan tubuh alias berolahraga. Seperti diketahui, olahraga merupakan salah satu gaya hidup yang bisa dilakoni untuk melawan berbagai macam penyakit. Olahraga juga bisa menghindarkan seseorang dari risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung. Dengan berolahraga, Anda juga tidak akan mudah capek, lemah, dan lesu saat bekerja.

Keenam, dapat membersihkan pikiran dan menenangkan batin

Bagi umat muslim, bangun pagi dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Karena seorang yang bangun lebih pagi dapat mengamalkan sholat tahajud dan shubuh disusul dengan dzikir yang dapat menenangkan hati dan batin seseorang. Bagi non muslim hal ini juga tetap bermanfaat. Karena pagi hari adalah saat di mana dunia ini hening dan damai untuk batin seseorang.

Itulah 6 manfaat bangun pagi yang tidak bisa Anda pandang sebelah mata. Jadi, siap untuk mulai bangun pagi dan menjalankan kegiatan harian dengan penuh semangat?

Semoga bermanfaat.

Hindayani.com

Leave a Reply