Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

7 Dampak Stres untuk Kesehatan dan Tubuh

Diperbarui terakhir: 28 Oktober, 2014


7 Dampak Stres untuk Kesehatan dan Tubuh – Sebagian besar orang mengetahui bahwa stres berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun, tidak banyak yang tahu tentang dampak buruk ini secara detail. Kalau pun tahu, banyak yang belum menyadari dengan baik. Padahal, hampir semua orang pernah merasakan stres. Sebagian orang malah sangat mudah dipicu stres akibat masalah yang terbilang kecil. Sebelum Anda stres, ketahui dulu dampak buruk yang kemungkinan besar ditimbulkan oleh hal tersebut. Simak.

Inilah 7 dampak stres untuk kesehatan dan tubuh

7 Dampak Stress untuk Kesehatan dan Tubuh

Pertama, sakit kepala

Stres dapat menyebabkan sakit kepala, rasa nyeri di punggung bagian bawah, leher, dan bahu. Alasannya memang belum diketahui, akan tetapi disinyalir karena stres dapat mempengaruhi saraf dan menyebabkan perubahan di otak

Kedua, imunitas atau daya tahan tubuh yang menurun

Pada saat stres, tubuh memproduksi kortisol dan korticoid. Maka dari itu, saat seseorang stres parah dan bahkan kronis, maka dapat secara langsung menurunkan daya tahan tubuhnya. Dalam kasus ini, seseorang akan jauh lebih mudah terserang penyakit. Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan rutin mengonsumsi makanan sehat.

Ketiga, asam lambung dan masalah pencernaan

Stres dapat menyebabkan produksi asam berlebih di dalam perut. Jika hal ini sering terjadi dan tidak ditanggulangi, bisa jadi akan menyebabkan masalah pencernaan berupa ulkus.

Keempat, masalah kulit

Stres ternyata juga dapat mengganggu masalah kecantikan seseorang. Masalah ini berhubungan dengan masalah kulit, yakni jerawat, ruam di kulit, dan masih banyak lagi masalah lainnya. Bahkan dalam kondisi parah, stres dapat menyebabkan eksim pada kulit.

Kelima, tekanan darah tinggi

Selanjutnya, dampak dari stres juga berhubungan dengan peningkatan adrenalin yang kemudian dapat meningkatkan tekanan darah sehingga dapat menyebabkan hipertensi. Jika hal ini dibiarkan dan stres terus mengganggu Anda, maka tekanan darah akan meningkat secara permanen. Jika hal tersebut terjadi, hipertensi dapat berkembang menjadi stroke dan gagal organ.

Keenam, penyakit jantung

Stres dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Sehingga dalam kondisi yang lanjut, stres dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung. Dalam kasus lanjut, hal ini akan menyebabkan penyakit jantung.

Ketujuh, diabetes

Stres dapat membuat gula darah tak terkontrol dan terkendali. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka stres dapat berakibat pada munculnya diabetes.

7 dampak stres untuk kesehatan dan tubuh di atas sering diabaikan sehingga berdampak buruk secara berkelanjutan.

Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Salam hindayani.com

Leave a Reply