Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

8 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Diperbarui terakhir: 27 Oktober, 2015


8 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris – Dewasa ini, semakin banyak orang yang ingin bisa berbahasa Inggris. Buktinya, banyak yang mengambil kursus hanya untuk memiliki kemampuan dan/atau meningkatkan kemampuan bahasa inggris yang sudah dimilikinya. Kemampuan berbahasa inggris tidak hanya bisa didapat dengan belajar di lembaga kursus saja. Justru kunci keberhasilan penguasaan bahasa inggris pada diri Anda sendiri.

Begini cara cepat belajar Bahasa Inggris dari rumah dengan mudah

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Pertama, belajar vocabulary

Vocab atau kosakata memang menjadi kebutuhan mendasar bagi seseorang untuk menguasai bahasa inggris. Anda perlu belajar vocab untuk menambah pengetahuan Anda mengenai kosakata Bahasa Inggris. Anda bisa menghafal sekitar 10 kosakata Bahasa Inggris setiap harinya dan menambahkan di hari-hari berikutnya jika Anda sudah terbiasa. Mulailah dengan belajar mengenai kosakata yang sering digunakan setiap hari. Sering membaca kosakata akan memudahkan Anda untuk menguasai bahasa inggris. Seperti kosakata slank bahasa inggris ini.

Kedua, tonton film berbahasa inggris

Belajar dengan melihat film Hollywood kesukaan juga bisa menambah kosakata Anda. Jadi, cara ini sangat layak untuk dicoba. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan vocab dan terjemahannya ya? Jangan hanya mengandalkan terjemahan yang disediakan. Lewat menonton film ini, Anda juga bisa mendengarkan ungkapan-ungkapan dalam bahasa Inggris dengan mudah.

Ketiga, mendengarkan lagu berbahasa inggris

Jika playlist di Smartphone Anda masih seputar lagu Indonesia yang liriknya berbahasa Indonesia. Cobalah tambahkan selera musik Anda dengan menyimpan dan mendengarkan musik berbahasa Inggris. Anda bisa mulai dengan lagu Indonesia yang memiliki sedikit lirik bahasa inggris kemudian mendengarkan musik luar negeri yang semua liriknya berbahasa inggris. Anda akan tahu bedanya nanti jika Anda sudah mencoba sering mendengarkan musik berbahasa Inggris. Selamat mencoba!

Keempat, berbicara dengan bahasa inggris

Lingkungan sangat mempengaruhi kemampuan berbahasa seseorang. Maka dari itu, sebagai cara cepat belajar bahasa inggris keempat, Anda harus mau menciptakan lingkungan yang mendukung Anda untuk belajar bahasa inggris. Salah satunya adalah mengajak orang sekitar Anda untuk belajar Bahasa Inggris juga. Berbahasa inggris full setiap hari bisa menjadi pilihan yang baik. Dengan berbicara, Anda bisa melihat sampai di mana kemampuan Anda, mana plus dan minusnya. Kebiasaan ini juga bisa menjadi lahan Anda untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa inggris Anda. Lambat laun, tenses anda juga menjadi lebih baik. (kumpulan 16 tenses lengkap)

Kelima, menulis

Menghafal, mendengarkan, bahkan berbicara sudah Anda praktikkan. Sekarang, mulailah menulis dengan bahasa Inggris. Anda bisa mulai menulis status FB, Blackberry, atau sosmed lainnya dengan bahasa inggris. Jangan khawatirkan grammar terlebih dulu. Coba dulu, nanti kalau ada kritikan, terimalah dan jadikan bahan belajar. Baiknya, Anda bisa langsung membuka buku grammar untuk melihat di mana kesalahan Anda dan memperbaikinya di status berikutnya. Dengan cara seperti ini belajar menjadi tidak terlalu terasa.

Keenam, membaca

Sering membaca novel, artikel, maupun apa saja yang berbahasa inggris dan menerjemahkannya juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan cepat. Jadi, Anda bisa mencoba cara cepat belajar bahasa inggris yang satu ini ya? Jika Anda hobi membaca novel, maka mulailah membeli novel berbahasa inggris. Akan tetapi jika kurang suka membaca novel, Anda bisa belajar melalui Koran berbahasa inggris, artikel di internet, dan bacaan ringan yang lainnya.

Ketujuh, koreksi diri

Koreksi kesalahan demi kesalahan yang Anda buat dan perbaiki. Dengan cara cepat bisa bahasa inggris ini, Anda akan lebih mudah mengembangkan diri.

Kedelapan, jangan berhenti sebelum mahir

Cara cepat belajar bahasa inggris perlu dilakukan setiap hari. Ini bukanlah hal yang instan dan bisa dilakukan dalam waktu sebentar. Maka dari itu, biasakan diri Anda untuk belajar bahasa inggris secara terus menerus sampai Anda mahir. Jangan cepat puas dan lakukan secara berulang-ulang.