Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Cara Cepat Menghitung Perkalian 1-10 Pakai Jari

Diperbarui terakhir: 10 Januari, 2019

Beberapa hari yang lalu saya membuat video tentang cara cepat menghitung perkalian 1-10 pakai jari dan saya upload di youtube. Setelah upload saya baru ingat kalau saya belum pernah menuliskan artikelnya.

Jadi, sekarang saya akan menuliskannya untuk para pembaca semua. Khususnya buat adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Agar materi tentang perkalian menjadi lebih mudah dipahami dan Matematika menjadi semakin terasa asyik.

Nah, langsung saja ya!

Trik hitung cepat bilangan 1-10 pakai jari tanpa kalkulator

Jika seseorang sudah tahu cara menghitung dengan cepat, tahu trik dan polanya, rasa-rasanya menghitung pakai kalkulator sudah tidak diperlukan lagi. Kecuali dalam keadaan terdesak.

Penguasaan hitung cepat yang rumit diawali dengan yang sederhana dulu. Contohnya, sebelum kita tahu cara mengalikan cepat bilangan dengan 11, 25, 50, maka kita harus tahu dulu bagaimana hitung cepat 1-10.

Perkalian bilangan 1-10 saya bagi dalam 3 kategori. Yakni perkalian dengan 1 dan 10, perkalian 2-5, dan perkalian dengan 6 7 8 dan 9. Mari kita bahas satu-satu.

Perkalian dengan 2-5 pakai ruas jari

Cara Cepat Menghitung Perkalian 1-10 Pakai Jari - Aturan perkalian dengan 5

Seperti yang saya tuliskan di atas, perkalian 2-5 bisa dilakukan dengan memanfaatkan ruas-ruas jari. Jadi, mulailah dengan membuka tangan.

Untuk perkalian dengan dua, gunakan 2 ruas jari pada masing-masing jari (asumsikan hanya ada dua ruas jari dalam 1 jari kita). Jadi, misalnya mau mengalikan 2 dengan 6. Maka kita cukup menghitung jari sebanyak enam. Lalu menghitung ruas jarinya secara keseluruhan. Jadi, nanti akan menemukan hasil 12.

Untuk perkalian dengan tiga, gunakan 3 ruas jari pada masing-masing jari (asumsikan ada masing-masing 3 ruas dalam 1 jari), termasuk jempol (hitung pada bagian ujungnya). Kemudian untuk menghitung 3 dikali 5 misalnya, kita bisa menghitung jari kita sebanyak 5. Kemudian menghitung ruas jarinya secara keseluruhan. Hasilnya adalah 15.

Untuk perkalian dengan 4, gunakan 4 ruas jari pada masing-masing jari (asumsikan ada 4 ruas pada masing-masing jari). Jari telunjuk, tengah, manis dan kelingking, gunakan ujung jari sebagai ruas ke empat. Sedangkan untuk jempol, tambahkan ruas bagian bawah jempol yang ada di telapak tangan. Nah, setelah itu, silakan coba menghitung 4 dikali 4 dengan cara menghitung jari sebanyak 4, lalu menghitung keseluruhan ruas jari sesuai dengan asumsi pertama. Maka akan didapatkan hasil 16.

Untuk perkalian dengan 5, ada dua aturan penting:

  1. Asumsikan setiap jari memiliki 5 ruas.
  2. Kelompokkan 1 jari menjadi 1 dengan nilai 1 kelompok = 10.

Misalnya, kita hendak mengalikan 5 dengan 4, maka hitung jari sebanyak 4. Kemudian kelompokkan jari menjadi 2 bagian. Setiap bagian bernilai 10. Karena ada dua bagian maka 5 dikali 4 hasilnya adalah 20.

Lalu, bagaimana dengan 5 dikali 7?

Hitung jari sebanyak 7, lalu kelompokkan. 3 kelompok berisi masing-masing 2 jari (aturan kedua), sisa satu jari (aturan pertama). Ingat bahwa dalam satu kelompok berisi 2 jari nilainya adalah 10. Karena ada 3 kelompok maka 30. Sedangkan 1 jari bernilai 5. Jadi jika dijumlahkan hasilnya adalah 35.

Berikut link langsung ke videonya:

Perkalian 6, 7, 8, dan 9 pakai jari

Untuk perkalian dengan 6, 7, 8, dan 9 kita bisa memanfaatkan jari. Berikut aturannya:

Cara Cepat Menghitung Perkalian 1-10 Pakai Jari 2 - Aturan perkalian cepat dengan angka 6 7 8 9

Aturan pertama, asumsikan jari kelingking adalah 6, jari manis adalah 7, jari tengah 8, dan telunjuk adalah 9.

Aturan kedua, tekuk jari sesuai dengan perintah soal perkalian. Misalnya hendak mengalikan 6 x 7, maka yang ditekuk adalah:

  1. Jari kelingking di tangan kanan
  2. Jari kelingking dan jari manis di tangan kiri
  3. Atau sebaliknya – boleh bolak balik.

Aturan ketiga, jari yang ditekuk menempati posisi puluhan dan dijumlahkan (antara kanan dan kiri). Sementara jari yang masih berdiri menempati posisi satuan dan dikalikan (antara kanan dan kiri).

Untuk contoh soal 6 x 7, jari yang ditekuk jumlahnya ada 3, karena puluhan berarti 30. Sementara yang berdiri ada 4 x 3, hasilnya 12. Hasil akhirnya adalah 30 + 12 = 42.

Bagaimana? Masih bingung atau…

Jika masih bingung Anda bisa melihat langsung videonya di youtube channel Hindayani.com. Atau kunjungi langsung videonya di bawah ini:

Perkalian dengan 1 dan 10

Cara Cepat Menghitung Perkalian 1-10 Pakai Jari 3 - Aturan perkalian cepat dengan angka 1

Perkalian dengan 1 sangatlah mudah sebab hanya ada satu aturan. Yakni semua bilangan yang dikalikan dengan 1 hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Misalnya:

1 x 1 = 1

1x 2 = 2

1 x 3 = 3

Sampai 1 x 100 = 100.

Jadi, setiap bilangan yang dikalikan dengan 1 hasilnya adalah bilangan itu sendiri.

Lalu, bagaimana dengan perkalian dengan 10?

Hampir sama dengan perkalian dengan 1. Perkalian dengan 10 juga sangat mudah.

Ingat bahwa 10 adalah 1 x10. Jadi pada dasarnya, mengalikan dengan 10 sama halnya dengan mengalikan dengan angka 1 lalu ditambahi 0 di belakangnya.

Contoh:

10 x 1 = 10

10 x 2 = 20

10 x 3 = 30

10 x 10 = 100

Atau dengan kata lain, perkalian dengan 10 menghasilkan bilangan itu sendiri dengan tambahan 0 di belakangnya.

Jika tulisan di atas terasa membingungkan jangan ragu untuk menulis di kolom komentar. Atau kunjungi videonya agar dapat audio visualnya.

Share on:

Gimana Paham? Jawab di komentar yuk, biar saya tahu pendapat kalian!