Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Cara dan Rahasia Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Diperbarui terakhir: 25 April, 2015


Cara dan Rahasia Sukses Menghadapi Wawancara Kerja – Hampir semua orang yang hendak menghadapi wawancara kerja merasa khawatir, canggung, was-was, dan perasaan lain yang seolah campur aduk. Akibatnya, belum wawancara, kondisi tubuh dan pikiran sudah tidak segar lagi. Dan bisa jadi, pada saat wawancara, semuanya pun menjadi tidak karuan. Tentu saja hal ini harus diatasi, supaya Anda bisa melewati tahapan seleksi ke pekerjaan impian Anda.

Yuk simak tips cara dan rahasia sukses menghadapi wawancara kerja

Cara dan Rahasia Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Berdoa dan santai

Doa bisa membuat hati menjadi lebih tenang dan diri Anda pun bisa menjadi rileks. Ini akan membuat Anda menjadi santai sehingga tidak canggung. Rasa canggung yang berlebihan justru bisa merusak semua hal yang sudah Anda persiapkan dengan baik.

Kenali perusahaan yang memanggil Anda untuk wawancara

Tidak hanya persiapan diri, Anda juga harus mempersiapkan pengetahuan secara lebih luas sebagai salah satu cara dan rahasia sukses menghadapi wawancara kerja. Pengetahuan ini tidak hanya berkenaan dengan posisi yang sedang Anda lamar saja, melainkan mengenai perusahaan yang sedang Anda lamar. Pengetahuan tentang perusahaan menjadi bekal yang baik untuk mengenali seperti apa perusahaan yang menjadi tujuan Anda tersebut. Sehingga saat diajak bicara mengenai perusahaan pun Anda sudah mengerti dan memiliki gambaran yang cukup baik. Terlebih, sebagian besar pewawancara akan menanyakan mengenai perusahaan kepada orang yang sedang diwawancarai.

Pakaian yang pas

Pilihlah pakaian yang pas sesuai dengan posisi yang Anda lamar dan perusahaannya. Jika Anda sudah tidak banyak mengerti tentang perusahaan tersebut, maka kesalahan pemilihan pakaian bisa saja terjadi. Sebaliknya, jika Anda sudah paham mengenai perusahaannya, Anda bisa memilih baju yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ingat, apa yang Anda perlihatkan saat pertama kali kepada mereka akan menarik perhatian mereka. Sebaliknya, sekecil apa pun kesalahan juga akan menjadi catatan yang bisa jadi berakhir pada kegagalan wawancara kerja. Apalagi, pakaian bisa menunjukkan attitude Anda. Dan attitude memiliki poin yang sangat penting dalam wawancara kerja.

Jaga sikap dan perkataan

Sikap dan perkataan Anda menjadi perhatian, untuk itu cara dan rahasia sukses menghadapi wawancara kerja selanjutnya adalah dengan memperhatikan perkataan dan sikap Anda. Duduk dengan sikap yang baik serta berkatalah dengan baik. Ketika ada pertanyaan mengenai pekerjaan yang lama, jangan sampai Anda banyak mengeluh, terlalu banyak curhat, menjelekkan perusahaan sebelumnya, atau yang lainnya. Jawabnya dengan porsi yang cukup, jangan terlalu berlebihan. Sebab perkataan Anda menjadi perhatian pewawancara. Dan bisa jadi akan menimbulkan pandangan Anda orang yang suka mengeluh jika memang terlalu banyak bicara.

Berpikir jangka panjang (ke depan)

ketika Anda diberi kesempatan untuk menanyakan sesuatu kepada pewawancara, hindari menanyakan tentang gaji dan atau benefit yang Anda dapatkan ketika sudah bergabung nanti. Pertanyaan ini terlalu dini ditanyakan ketika Anda sedang wawancara, kecuali jika memang mereka membuka sedikit pembicaraan ke arah sana. Jika memang Anda ingin tahu berapa gaji yang akan Anda dapatkan, carilah lewat internet, senior di kampus, atau teman yang sudah bekerja di perusahaan tersebut. Coba buat hitungan apakah gaji tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Semangat, kritis, dan antusias

Ketika diberi pertanyaan, jawablah dengan sikap yang baik, buatlah kalimat yang berisi dengan dasar yang kuat. Jangan sekedar menjawab saja. Pengetahuan yang luas bisa membantu Anda untuk menjawab pertanyaan dengan mudah, dan untuk meningkatkan pengetahuan tersebut Anda harus banyak mencari referensi dan membaca banyak hal.

Dengan tips cara dan rahasia sukses menghadapi wawancara kerja di atas, Anda bisa menjalani wawancara dengan lebih baik. Baik itu wawancara bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Salam – hindayani.com