Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Cara Membuat dan Memahami Diagram Lingkaran

Diperbarui terakhir: 2 November, 2015


Cara Membuat dan Memahami Diagram Lingkaran – Ketika kita belajar mengenai pengolahan data, secara khusus tentang Mean, Median, dan Modus (Ukuran Pemusatan Data). Maka sudah pasti kita juga harus belajar mengenai diagram lingkaran. Sebab diagram lingkaran biasanya memang digunakan untuk memaparkan data dan harus dibaca dengan akurat. Bagaimana cara membuatnya dan bagaimana pula cara memahami diagram lingkaran ini?

Begini cara membuat dan memahami diagram lingkaran yang mudah

Membuat diagram lingkaran

Perhatikan tabel data di bawah ini!

Nilai Frekuensi
6 3
7 6
8 5
9 3
10 1

Dari data di atas, buatlah diagram lingkarannya!

Jawaban

Untuk membuat diagram lingkaran, kita perlu menghitung besar derajatnya terlebih dulu. Simak!

Secara umum, untuk mencari besar derajatnya digunakan rumus:

  • (Frekuensi data tersebut muncul/banyaknya data) x 360 derajat

Jadi besar derajat anak yang mendapat nilai;

Cara Membuat dan Memahami Diagram Lingkaran - Image 1

Setelah mengetahui nilai besar derajatnya Anda bisa membuat diagram lingkarannya dengan menggunakan jangka, busur derajat, pensil/pulpen, dan alat lainnya yang diperlukan. Yang terpenting adalah menentukan masing-masing besar derajatnya dulu. Kemudian, Anda bisa memberikan warna pada diagram lingkaran tersebut. Warna berbeda untuk nilai siswa yang berbeda sebab ini akan memberikan gambaran mudah pada para pembaca diagram lingkaran supaya bisa lebih mudah dibaca dan dipahami.

Contoh diagram lingkarannya adalah …

Cara Membuat dan Memahami Diagram Lingkaran

Belajar membaca dan memahami diagram lingkaran

Memahami diagram lingkaran akan sangat mudah jika Anda sudah bisa membuatnya sendiri. Misal, jika kita kembali kepada diagram lingkaran di atas, jika diketahui total anak dalam kelas adalah 18, maka berapakah masing-masing siswa yang mendapatkan nilai 6, 7, 8, 9, dan 10?

Jawabannya bisa Anda gunakan cara di bawah ini;

Cara Membuat dan Memahami Diagram Lingkaran - Image 2

Bagaimana, mudah, bukan? Jika Anda sudah memahami materi di atas dengan baik. Sekarang saatnya untuk mencoba latihan soal. Buka buku latihan soal Matematika di rumah, lalu pilih soal tentang diagram lingkaran, kerjakan deh! Semakin sering mencoba semakin akan terasah kemampuan Anda. Selamat mencoba dan semoga cara membuat dan memahami diagram lingkaran ini bermanfaat ya?