Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Cara Mengatasi Kecemasan Saat Wawancara Kerja

Diperbarui terakhir: 28 Oktober, 2014


Cara mengatasi kecemasan saat wawancara kerjaSaat menghadapi momen wawancara kerja, tidak dapat dipungkiri kecemasan sering datang. Namun, kadar kecemasan seseorang berbeda-beda. Ada yang mudah sekali mengatasinya hanya dengan menarik nafas dalam dan membuangnya melalui mulut, namun ada juga yang tidak bisa mengendalikan kecemasan tersebut hingga momen wawancara kerja berantakan. Segala persiapan matang yang dilakukan bisa amburadul akibat rasa cemas yang berlebihan. Tentu ini bisa jadi hal yang tidak mengenakkan. Oleh karena itu, Anda yang memiliki kecemasan tinggi perlu menanggulanginya dengan perlahan. Simak ulasan berikut ini.

Ini dia cara mengatasi kecemasan saat wawancara kerja

Cara Mengatasi Kecemasan Saat Wawancara Kerja

Pertama, datang lebih awal

Saat Anda hendak datang ke wawancara kerja, datanglah lebih awal untuk mengurangi kecemasan. Cara ini hanya bisa mengurangi kecemasan dan tidak menghilangkannya. Dengan datang lebih awal, Anda akan jauh lebih merasa tenang dan memiliki banyak waktu untuk melihat lokasi dan mengamatinya.

Kedua, optimis dan berpikir positif

Pikiran dan sugesti positif dapat membantu Anda untuk menanggulangi rasa cemas yang berlebihan. Jika perlu, Anda bisa membuat afirmasi positif untuk diri Anda. Caranya adalah dengan mengatakan pada diri Anda kata-kata positif. Misal, aku optimis aku bisa, semua baik saja. Apapun, yang bisa membuat Anda lebih tenang.

Ketiga, cara menanggulangi pikiran negatif

Orang yang cemas kadang dikarenakan oleh pikiran negatif yang muncul. Untuk menanggulangi hal ini, Anda bisa memikirkan hal negatif. Misalnya, saat Anda berpikir tentang bagaimana kalau saya tidak diterima, bagaimana kalau nanti saat wawancara saya salah jawab, atau pikiran negatif atau pengandaian lainnya. Lebih baik berandai-andailah yang baik. Yakinkan diri Anda bahwa profil dan skill Andalah yang dibutuhkan oleh perusahaan. Yakinkan diri Anda sebelum Anda menjual skill dan keahlian Anda ke perusahaan tersebut.

[untuk persiapan; Skrip Contoh Wawancara Bahasa Inggris, Arti + Cara Menjawab]

Keempat, relaksasi juga perlu

Kata-kata, kalimat positif, dan pikiran positif saja terkadang masih kurang. Anda harus menambahnya dengan relaksasi. Lakukan relaksasi ringan seperti menghela nafas. Lakukan gerakan-gerakan ringan jika perlu.

Kelima, berdoa

Doa tidak hanya bertujuan untuk meminta, tetapi lebih dari itu saat Anda meminta, Anda mengirimkan sinyal untuk pasrah dan menyerahkan segala hasilnya kepada Tuhan. Tugas Anda adalah melakukan yang terbaik dan hasilnya adalah Tuhan yang menentukan jalannya.

Itulah cara mengatasi kecemasan saat wawancara kerja yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Hindayani.com

Leave a Reply