Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Cara Mudah Mempelajari Grammar Bahasa Inggris

Diperbarui terakhir: 27 Oktober, 2014


Cara Mudah Mempelajari Grammar Bahasa Inggris – Bagi sebagian orang, belajar grammar atau tata bahasa dalam Bahasa Inggris itu mudah. Namun, sebagian lain merasa bahwa mempelajari Grammar ini membutuhkan waktu. Kesulitan dalam mempelajari grammar ini bisa diatasi dengan tekun dan menerapkan cara belajar yang tepat. Berbagai macam cara bisa dilakukan dan setiap orang mungkin memiliki cara yang berbeda. Tergantung bagaimana cara mereka bisa nyaman tetapi tetap dapat memahaminya dengan mudah. Namun demikian, secara umum ada beberapa cara yang bisa diterapkan dengan gampang guna memahami dan mempelajari tata bahasa inggris ini.

Ini dia cara mudah mempelajari grammar Bahasa Inggris

Cara Mudah Mempelajari Grammar Bahasa Inggris

Memiliki dasar yang kuat

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki dasar yang kuat. Mudahnya adalah dengan sedikit demi sedikit mempelajari grammar Bahasa Inggris. Ikuti setiap step materi yang sudah ada di buku pelajaran atau buku Bahasa Inggris yang menjadi pegangan Anda. Dengan dasar yang kuat Anda jauh akan lebih mudah mempelajarinya kemudian.

Sering membaca dan mau menganalisa

Setelah memiliki dasar yang kuat, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mencari informasi dalam bahasa Inggris. Kalau tidak ada koran berbahasa Inggris, Anda bisa memanfaatkan gadget untuk membaca artikel berbahasa Inggris. Namun, jangan sekedar membaca, Anda bisa juga mempertajam kemampuan grammar dengan menganalisa grammar yang digunakan dalam artikel yang Anda. Anda bisa mengetahui dengan mudah penggunaan simple present tense, past perfect tense, dan yang lainnya dengan cara mudah mempelajari grammar Bahasa Inggris ini.

Menerjemahkan

Bahasa inggris berbeda dengan bahasa kita. Di mana dalam tata bahasanya ada pembagian waktu yakni lampau, sekarang, dan masa yang akan datang. Dengan sering menerjemahkan, Anda akan jauh lebih mudah dalam memahami penggunaan grammar tersebut. Hal ini karena terjemahan kalimat dengan tata bahasa yang berbeda memiliki arti yang berbeda pula.

Membaca dengan suara lantang

Untuk memperbaiki kualitas grammar Anda, Anda bisa menerapkan cara keempat ini. Cara ini akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki cara belajar secara audio. Dengan mendengarkan kalimat yang Anda ucapkan akan sangat mudah untuk menganalisa kesalahan maupun melatih kemampuan Anda dalam memahami secara detail tentang grammar yang ada dalam sebuah bacaan yang sedang Anda baca.

Baca Juga: 5 Ungkapan Ekspresi Bahasa Inggris Saat Bertemu Orang Lain

Mendengarkan dan bertanya

Anda tidak hanya bisa belajar sendiri jika ingin mahir berbahasa Inggris. Anda juga perlu mendengarkan kata orang lain dan bertanya sebagai bentuk koreksi dan juga untuk mengukur kemampuan Anda.

Itulah beberapa cara mudah mempelajari grammar bahasa inggris yang bisa coba Anda terapkan. Jika Anda senang belajar dengan kinestetik, cobalah dengan membuat cara kreatif untuk membuat cara belajar Anda semakin menarik. Misalnya dengan membuat pola Bahasa Inggris dari kayu-kayu kecil berbentuk kotak atau cara lainnya sesuai kreativitas Anda.

hindayani.com

Leave a Reply