Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Cara Sehat Bugar Berkendara Jauh Saat Berpuasa

Diperbarui terakhir: 9 Juni, 2015


Bugar Saat Mudik – Berkendara jauh saat berpuasa harus dijalankan oleh sebagian orang yang memang pekerjaannya selalu pulang pergi keluar kota. Terlebih, hampir semua muslim akan merasakan berkendara jauh pada saat mudik ke kampung halaman. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana supaya perjalanan yang kita tempuh tidak terasa berat dan puasa yang dijalankan pun terasa lebih ringan. Tipsnya akan diulas di sini, silakan disimak ya?

Ini dia cara sehat bugar berkendara jauh saat berpuasa

Cara Sehat Bugar Berkendara Jauh Saat Berpuasa

Untuk tetap lancar menjalankan ibadah puasa sampai selesai, Anda bisa menjalankan tips di bawah ini saat berkendara jauh atau sebagai musafir.

Pertama, memilih menu makanan dan minuman

Pilihan menu makanan menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang bugar selama berpuasa. Untuk pilihan makanannya, sebaiknya hindari sahur dan buka puasa dengan makanan yang mengandung kadar karbohidrat tinggi. Makanan seperti ini biasanya akan membuat tubuh merasa cepat lelah dan mudah sekali mengantuk.

Kemudian, untuk pilihan minumannya, sebaiknya kita cukupi kebutuhan cairan tubuh dari air putih. Artinya, sebaiknya konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, supaya makin kuat saat berpuasa. Sebaliknya, hindari minuman manis, karena bisa membuat kita mudah merasa haus jika diminum dalam jumlah besar.

Kedua, naik angkutan umum

Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih kendaraan pribadi atau menaiki angkutan umum untuk berkendara jarak jauh. Naik angkutan umum jauh lebih aman untuk tubuh supaya bisa mendapatkan waktu lebih banyak untuk beristirahat. Berbeda lagi jika kita menyetir sendiri untuk berkendara jauh, tubuh akan mudah merasa letih dan mungkin Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk beristirahat.

Ketiga, jika menggunakan kendaraan pribadi

Namun jika Anda lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya hindari pemakaian kendaraan yang sudah usang. Artinya, Anda harus cek kondisi kendaraan dan pastikan kendaraan siap untuk dinaiki dalam keadaan prima. Anda juga harus mengikuti semua rambu lalu lintas, manfaatkan rest area untuk mengistirahatkan tubuh setelah merasa capek menyetir. Jangan paksakan diri Anda menyetir dalam keadaan lelah apalagi mengantuk. Menyadari kondisi tubuh adalah sebaik-baiknya cara untuk menjalankan puasa dengan lancar.

Keempat, istirahat yang cukup

Selain trik berkendara jauh ketika puasa di atas, Anda juga harus tahu kalau untuk tetap bugar saat puasa Anda memerlukan istirahat yang cukup. Tidur dengan kualitas dan kuantitas yang baik bisa jadi bekal Anda untuk tampil segar keesokan harinya. Dengan kondisi tubuh prima dan fokus yang baik pula.

Kelima, tidak memaksakan diri

Jika dalam perjalanan Anda memang sudah tidak bisa menjalankan ibadah puasa, misalnya ada kejadian di mana Anda kelaparan, pingsan, dan yang lainnya, maka sebaiknya jangan memaksakan diri. Sebab ada keringanan bagi para musafir untuk orang yang sedang berpuasa.

Itulah 5 cara mudah berkendara jarak jauh ketika sedang berpuasa dan mudik lebaran. Semoga ada manfaatnya.