Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Contoh Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015

Diperbarui terakhir: 11 September, 2015


Contoh Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015 – Semester genap Tahun Ajaran baru sudah dimulai. Itu tandanya, bagi siswa siswi yang berada di kelas ujung untuk bersiap penuh menghadapi ujian akhir di tingkatan masing-masing, termasuk Anda yang duduk di bangku SMP dan MTs. Nah, dalam kesempatan kali ini, kami akan memaparkan beberapa contoh soal dan latihan atau prediksi soal Ujian nasional kelas 9 SMP dan MTs khusus untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.

Ini menjadi salah satu pelajaran yang tampaknya menjadi momok khususnya di kota atau daerah terpencil di Indonesia. Selain karena bukan bahasa yang berasal dari daerah sendiri atau negaranya sendiri, pemakaian Bahasa Inggris di sebagian daerah juga masih sangat minim bahkan sangat jarang ditemukan atau dilakukan. Untuk itu, dalam artikel ini pula kami akan sajikan tips singkat untuk menyelesaikan soal Bahasa Inggris saat ujian Nasional datang. Selain itu, kami juga akan memberikan pemaparan mengenai salah satu contoh soal berikut pembahasannya untuk Anda. Bagaimana? Cukup penasaran?

Yuk coba kerjakan contoh latihan soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015 ini

Contoh Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015

Tips menjawab

Sebelum Anda mulai mengerjakan latihan soal yang akan kami paparkan, terlebih dulu Anda harus mengerti bagaimana baiknya menjawab pertanyaan tersebut agar jawaban Anda benar dengan manajemen waktu yang baik sehingga bisa menyelesaikannya secara tepat waktu. Kami akan memberikan pemaparan tipsnya dalam kesempatan kali ini. Silakan disimak;

Pertama, pahami materi

Materi merupakan bekal awal Anda untuk mengerti dengan benar apa yang Anda kerjakan. Jika Anda tidak paham dengan materinya, terkadang akan sangat sulit untuk memulai mencoba mengerjakan soal. Yang ada, Anda akan semakin bingung cara mengerjakan soal tersebut. Anda bisa mulai membuat catatan kecil sendiri mengenai fokus materi yang akan muncul di soal UN. Ringkasan materi di sebuah buku kecil bisa menjadi teman Anda untuk mengerjakan contoh latihan soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015 ini. Persiapan ini sebenarnya tidak bisa dilakukan dua tiga hari saja. Namun, ringkasan ini bisa Anda pahami jika mengerti tingkatan yang ada dalam bahasa Inggris. Cobalah mulai mengelompokkan jenis materi, dari tenses atau grammar, dialogue, reading dan yang lainnya. Dengan pengelompokan ini pula Anda akan jauh lebih mudah dalam mengoreksi pemahaman materi Anda nantinya.

Kedua, bekal soal

Bekal kedua yang harus Anda miliki adalah bekal soal. Maksudnya, setelah Anda setidaknya memiliki buku kecil berisi ringkasan materi, kini saatnya Anda mencoba mengumpulkan soal-soal tersebut. Ada banyak jenis soal yang bisa Anda dapatkan, mulai soal yang dikelompokkan per materi hingga soal yang sudah digabung atau dicampur antar satu materi dengan materi lainnya. Kuncinya, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan dalam satu materi, maka pilih materi yang fokus membahas satu jenis materi juga. Namun jika dirasa Anda sudah mampu untuk mengerjakan contoh latihan soal UN Bahasa Inggris SMP dan Mts 2015 campuran, maka kerjakanlah soal tersebut. Lakukan secara kombinasi. Misalnya, Anda mengerjakan soal campuran terlebih dulu. Namun menemui kesulitan pada beberapa soal (jenis tertentu) ditandai dengan evaluasi saat mengerjakan contoh latihan soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015. Kemudian Anda bisa mengasah mana materi yang masih banyak salah dengan mengerjakan soal yang lebih fokus itu. Dengan begini, kemampuan Anda akan berimbang dan tidak saling tumpang tindih.

Ketiga, banyak latihan lebih baik

Tidak hanya memiliki jenis soal yang beraneka macam guna menyiasati kemampuan berbahasa Inggris secara berimbang. Anda juga bisa melakukan banyak latihan dengan jumlah soal yang banyak pula. Semakin banyak Anda berlatih maka semakin banyak pula referensi soal yang akan Anda dapatkan. Ini tidak hanya akan membuat Anda makin pandai dan otak Anda terasah. Namun dengan terus berlatih, Anda dengan sendirinya juga bisa mengatur jam Anda mengerjakan soal dan mampu memberikan kebiasaan dalam membaca. Sebagaimana diketahui, kemampuan membaca dalam bahasa Inggris menjadi satu hal yang sepertinya wajib dimiliki saat mengerjakan contoh latihan soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015 ini. Trik ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk pelajaran Bahasa Inggris saja, pelajaran lain seperti Matematika, Fisika, Biologi pun sama. Dengan banyak berlatih, Anda akan terbiasa dan ini menjadi satu hal yang sangat baik untuk otak dan diri Anda secara pribadi.

Keempat, evaluasi

Jangan berpuas diri, teruslah mengevaluasi hasil yang Anda dapatkan. Anda bisa mengetahui titik lemah Anda ketika sudah melakukan evaluasi setelah mengerjakan contoh latihan soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015 tersebut. Sebaiknya, evaluasi ini dilakukan secara berkala setelah Anda mengerjakan soal. Pahami, materi apa saja yang Anda kerjakan dan banyak yang salah. Kemudian, lakukan perbaikan di sisi tersebut. Dengan cara seperti ini, akan sangat mudah untuk meningkatkan kemampuan Anda dari hari ke hari.

Kelima, trik saat ujian

Ketika Anda sudah terbiasa dengan soal UN Bahasa Inggris, maka kepercayaan diri saat hendak menghadapi soal ujian bisa dipupuk dengan sangat baik. Ini menjadi bekal yang sangat penting untuk Anda. Percaya diri akan membuat Anda tenang dan tidak tergesa-gesa saat mengerjakan soal. Tetap fokus dan bisa mengerjakan dengan baik. Selain itu, trik lain yang tersimpan dalam sering berlatih dan membiasakan diri adalah bahwa Anda sudah paham alur nalarnya. Yakni dengan mengerjakan soal yang menurut Anda mudah (yang paling Anda kuasai), memberikan timer untuk diri Anda sendiri, dan yang lainnya. Trik-trik seperti ini terkesan sepele. Namun jika dilakukan akan membuahkan hasil yang sangat baik.

Keenam, temukan cara terefektif Anda sendiri

Sudah disebutkan di atas kalau dengan sering banyak berlatih Anda akan mengetahui alur nalar dan logikanya. Untuk itu, dengan bekal hal tersebut Anda bisa menentukan cara yang efektif untuk menyelesaikan soal yang hendak Anda kerjakan dalam contoh latihan soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015. Anda akan jauh lebih kreatif dan inovatif dalam menemukan cara terbaik untuk menyelesaikan soal ujian yang akan kami paparkan di dalam artikel kami.

Contoh latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015

Selanjutnya, jika Anda ingin menambah koleksi latihan soal untuk dipakai berlatih dan dicoba, Anda bisa mengunduh soal yang telah kami tulis di bawah ini sebagai bagian dari prediksi soal Ujian Nasional Bahasa Inggris kelas 9 MTs dan SMP tahun ajaran 2015 yang sebentar lagi akan datang. Silakan diunduh jika Anda berkenan.

http://hindayani.com/wp-content/uploads/2015/01/Prediksi-Soal-UN-Ujian-Nasional-Bahasa-Inggris-MTs-dan-SMP-2015-hindayani.com_1.pdf

Contoh latihan soal UN Bahasa Inggris SMP dan MTs 2015 di atas merupakan soal dalam bentuk pilihan ganda dengan kombinasi soal Reading comprehension, vocab, grammar sederhana, dan yang lainnya. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Salam. Hindayani.com