Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Fungsi, Bentuk, dan Ciri-Ciri Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Diperbarui terakhir: 8 November, 2014


Fungsi, Bentuk, dan Ciri-Ciri Narrative Text dalam Bahasa Inggris – Fungsi, bentuk dan jenis teks dalam bahasa inggris memiliki varian yang bermacam-macam, setiap teks dalam bahasa Inggris tersebut memiliki fungsi dan ciri yang berbeda. Ada 13 jenis teks yang perlu diketahui dan dipelajari, yakni Narrative, Procedure, Recount, Descriptive, Discussion, Report, Explanation, Review, News Item, Analytical Exposition, Anecdote, Hortatory Exposition, dan Spoof. Dan kali ini, fokus pembahasan materi bahasa inggris di Hindayani.com sekarang adalah Narrative Text.

Ini dia Fungsi, Bentuk, dan Ciri-Ciri Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Cara Membuat Narrative Text

Khusus dalam pembahasan kali ini, kami akan memaparkan tentang Narrative Text. Materi ini biasanya dipelajari baik di SMP maupun SMA. Selengkapnya bisa Anda lihat dalam artikel ini.

Pengertian dan Tujuan Teks Narrative

Narrative Text merupakan teks atau yang digunakan untuk menceritakan sebuah cerita legenda, cerpen, maupun mitos. Seperti cerita Malin Kundang, Mahabarata, Ronggolawe, Gatot Kaca, dll yang bertujuan untuk menghibur pendengar atau pembaca.

Susunan Narrative Text (Generic Structure)

Agar lebih paham tentang Fungsi, Bentuk, dan Ciri-Ciri Narrative Text dalam Bahasa Inggris, berikut susunan teksnya untuk Anda praktekkan kemudian;

Pertama, Orientation

Pada bagian yang pertama ini, penulis menjabarkan waktu, tempat, tokoh, serta watak dari setiap tokohnya dan apa yang sedang terjadi.

Kedua, Complication

Setelah orientation, pada bagian selanjutnya penulis menceritakan kejadian penting, sebab, dan pemicu yang menimbulkan konflik antar tokoh yang akan menimbulkan kejadian-kejadian yang lain sebagai akibat dari konflik sebelumnya sampai konflik tersebut mencapai puncaknya.

Ketiga, Resolution

Setelah konflik terebut telah mencapai puncaknya, maka pada bagian resolution ini, konflik tersebut sudah menurun hingga terselesaikan/terpecahkan.

Keempat, Re-Orientation

Pada langkah yang terakhir ini, penulis menuliskan/menyampaikan sebuah penutup berupa pesan moral dari cerita tersebut. Tahap akhir ini bisa dihilangkan oleh penulis.

Gaya Bahasa yang Digunakan (Lexicogrammatical Features)

Untuk memahami Fungsi, Bentuk, dan Ciri-Ciri Narrative Text dalam Bahasa Inggris, Anda juga perlu mengerti gaya bahasanya, berikut penjelasannya;

  1. Menggunakan past tense >>> Polanya: Subject + Verb 2 + Object
  2. Memakai kata keterangan waktu yang menghubungkan antar kejadian (one day, one upon a time, long time ago, dll).
  3. Menggunakan kata hubung untuk menghubungkan kejadian yang satu dengan kejadian yang lainnya, seperti then, after tahat, dll.
  4. Kejadiannya berurutan, setelah kejadian yang satu, kemudian yang kedua, dan selanjutnya.

Contoh Narrative Text

The Loss of Gatot Kaca

One upon a time, Gatot Kaca walked on the Anyar village in the morning. Gatot Kaca was a great man, he was very strong, everyone knew him. He had a fetish, it called jimat kalimat sahadat. When he had been walking in the market, there was someone who announced a battle competition, the competition would be held on the town, then Gatot Kaca interested to join in the competition. After that, he went to the town. (Orientation)

After he arrived in the town, he registered himself to join in the competition. Then the competition began, Gatot Kaca would be fight with Lohokla on the fifth fighting. Then it was time for Gatot Kaca and Lohokla to come on the stage. The announcer called both of them to come on the stage, and then they come. Then the announcer said one, two, three…fight, Gatot Kaca and Lohokla fought. (Complication)

They attacked one another. In the end of the fighting, Lohokla attacked by using the special power and Gatot Kaca used his jimat kalimat sahadat to defend from attacking. But he could not to use it, because he never used it before and he forgot how to use it, and then Gatot Kaca was lost. (Resolution)

Sering membuat paragraf narasi dalam bahasa Inggris bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam memahami materi tentang Narrative Text ini. Yang ingin semakin mahir, pelajari juga cara membuat Polite Request dengan benar.

Demikian Fungsi, Bentuk, dan Ciri-Ciri Narrative Text dalam Bahasa Inggris yang bisa kami sampaikan.

Salam,

Hindayani.com