Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Latihan Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2015 dan Tips Belajar

Diperbarui terakhir: 11 September, 2015


Latihan Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2015 dan Tips Belajar – Ujian nasional menjadi momen yang sangat penting bagi semua siswa baik di tingkatan SD, SMP, maupun SMA. Ujian nasional merupakan ujian akhir yang akan menjadi penentu langkah siswa dalam menaiki tingkatan sekolah berikutnya. Yang tadinya di SD masuk ke SMP, yang tadinya di tingkatan SMP masuk ke SMA. Nilai ujian akhir di tingkatan tersebut tetap menjadi salah satu acuan apakah seorang siswa akan diterima di SMP tertentu atau tidak, khususnya pada sekolah negeri. Tidak hanya soal jumlah nilai ujian Nasional, penentuan diterima atau tidaknya seorang siswa di salah satu sekolah juga ditentukan berdasarkan kemampuan siswa itu sendiri. Yang terkadang diketahui dengan adanya tes ujian masuk saat hendak mendaftar.

Latihan Soal UN IPA SMP MTs tahun 2015

Masing-masing sekolah memang memiliki cara masing-masing untuk menyaring siswa yang akan masuk di sekolah tersebut. Namun secara garis besar, pemerintah telah menetapkan bahwa ada wajib belajar 9 tahun lamanya. Bahkan sekarang sekolah tingkat menengah atas atau yang kerap disebut SMA juga menjadi prioritas dalam wajib belajar. Ujian akhir menjadi satu langkah baru untuk menuju tingkatan baru. Hingga materi yang harus dipelajari pun haruslah lebih banyak, karena cakupannya lebih luas. Kali ini, kami akan secara khusus membahas tentang soal yang digunakan di kelas SMP. Di mana di tingkatan ini, ujian nasional menjadi penentu Anda untuk masuk di SMA favorit atau SMA yang diidamkan. Nilai atau hasil akhir ujian latihan soal UN IPA SMP/MTs tahun 2015 menjadi salah satu yang akan dilihat oleh para penilai dari sekolah di mana Anda mendaftar. Di samping mata pelajaran lain seperti latihan soal UN Bahasa Inggris SMP/MTs.

Dari sini, sudah bis dipastikan kalau belajar menjadi satu keharusan yang tidak bisa ditinggalkan. Persiapan yang matang perlu dilakukan untuk menghadapi perang atau ujian yang sesungguhnya. Jika Anda sadar akan pentingnya ujian nasional, maka dari awal, Anda akan mempersiapkannya sampai matang. Maksudnya, persiapan dilakukan sampai Anda bisa dan merasa yakin serta siap saat menghadapi soal-soal tersebut. Bekal yang penting adalah pengetahuan yang tidak mudah dilupakan. Sehingga pada saat persiapan, Anda tidak terlalu berat mempersiapkannya. Silakan simak tips dari kami untuk mempersiapkan diri untuk ujian sekaligus menyimak beberapa contoh latihan soal yang sudah bisa Anda unduh langsung dalam artikel kami kali ini.

Yuk simak tips mengerjakan latihan soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2015

Contoh soal yang bisa Anda unduh

Sebelum kita semua membahas tentang bagaimana cara mudah agar kita bisa mengerjakan soal dengan sangat tepat dan pas, Anda bisa mengunduh beberapa soal yang sudah kami rangkum dalam bentuk file pdf di bawah ini.

http://hindayani.com/wp-content/uploads/2015/01/Prediksi-Soal-UN-IPA-SMP-MTs-Tahun-2015.pdf

Soal yang kami sajikan tersebut merupakan soal Ilmu Pengetahuan Alam yang merupakan gabungan dari soal Fisika dan Biologi. Dua mata pelajaran utama dalam Mapel Ilmu pengetahuan Alam yang dibahas di tingkat Sekolah menengah pertama. Soal di atas kami tulis dalam bentuk pilihan ganda dengan komposisi 50% 50%. Dengan begini, Anda akan sangat mudah dalam meningkatkan kemampuan, baik itu Fisika dan Biologi. Agar lebih mudah dalam memahami materi dan latihan soal UN IPA SMP/MTs tahun 2015, Anda bisa mengunduh atau membaca langsung dalam artikel kami. Yang perlu dicatat adalah bahwa Anda harus memiliki dulu aplikasi file pdf supaya bisa membukanya. Jika belum, Anda bisa mengunduhnya langsung dari website ini. yakni melalui link yang tersedia di website hindayani.com ini.

Tips mengerjakan latihan soal UN IPA SMP/MTs tahun 2015

Ketika mengerjakan soal Ujian Nasional, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan bisa diterapkan. Di antaranya adalah;

Pertama, berdoa

Doa menjadi satu hal yang sangat amat penting dilakukan. Sudah kami sebutkan dalam artikel tentang tips mengerjakan soal Bahasa Inggris SMP/Mts sebelumnya kalau berusaha menjadi poin yang sangat penting. Kunci dari keberhasilan Ujian dalam mengerjakan latihan soal UN IPA SMP/MTs dan mata pelajaran lainnya perlu mengombinasikan usaha dan doa untuk mendapatkan hasil yang baik. Sebab apa yang Anda ingat melalui usaha, apa yang Anda pahami tentang materi saat belajar dengan tekun tidak akan bisa di-install saat dibutuhkan tanpa kekuatan doa. Doa kepada Tuhan bisa menjadi satu kunci untuk Anda yang ingin mengingat soal-soal tertentu.

Kedua, tenang

Ketenangan juga menjadi kunci untuk mengerjakan soal dengan baik. Ketenangan bisa membantu Anda untuk tetap bisa fokus saat mengerjakan latihan soal UN IPA SMP/MTs tahun 2015. Dengan fokus yang baik, Anda akan mudah dalam mengingat materi dan jenis soal tertentu. Sehingga bisa menemukan solusi dari masalah yang akan Anda kerjakan. Ketenangan juga bisa membuat Anda untuk tidak bertindak tergesa-gesa atau terburu-buru sehingga bisa teliti dalam mengerjakan soal.

Ketiga, belajar bersama teman

Pelajaran IPA menjadi satu pelajaran yang bagi sebagian orang sulit. Pertama, sulit menghafal rumus fisika yang ada di dalamnya. Atau kedua, sulit menghafal materi biologi yang sangat banyak jumlahnya. Nama-nama bakteri atau yang lainnya. Nah, ini bisa disiasati dengan belajar bersama teman. Mengapa demikian? dengan belajar bersama teman, Anda akan bisa melakukan tanya jawab dan ini akan jauh lebih mudah untuk membuat Anda ingat sehingga mudah dalam mengerjakan latihan soal UN IPA SMP/MTs tahun 2015. Belajar bersama teman yang pandai IPA juga bisa membuat Anda makin mengerti. Apalagi jika teman tersebut mau berbagi cara mereka menghafalkan sesuatu. Sebab biasanya, jika sudah terbiasa dan suka dengan satu mata pelajaran. Ada saja trik untuk menaklukkan pelajaran tersebut. Berbagilah, ini menjadi cara untuk memberi sekaligus mendapatkan pelajaran lebih.

Keempat, banyak berlatih

Tidak dapat dipungkiri jika persiapan yang matang diawali dari latihan yang banyak dan sering. Latihlah diri Anda dengan soal-soal yang beraneka macam dan model. Supaya Anda bisa mengenali dengan baik model latihan soal UN IPA SMP/MTs tahun 2015 nantinya.

Kelima, jangan lupa pada materi

Tidak seperti mata pelajaran lainnya yang soalnya mudah dikenali, materi IPA sangat banyak dan memiliki ciri khas sendiri. Lebih baik, jangan hanya berlatih soal saja. Akan tetapi Anda juga disarankan untuk membuka catatan yang berisi rangkuman materi. Rangkuman materi inilah yang bisa Anda pelajari dengan mudah. Mencatatnya secara ringkas akan membuat Anda mudah dalam mempelajarinya. Anda pun bisa membawanya ke mana-mana sebagai bahan bacaan saat berada di tengah kemacetan, di rumah, di kelas, atau di mana pun di mana Anda bisa fokus dan belajar dengan nyaman serta bisa masuk ke dalam otak dengan baik. Mudah diingat dalam jangka waktu lama. Jangan lupa juga untuk belajar dan mengingatnya berulang-ulang.

Itulah beberapa cara mudah mempersiapkan diri dan mengerjakan latihan soal UN IPA SMP/MTs tahun 2015 yang dapat disampaikan di dalam situs ini. Semoga bermanfaat untuk kesuksesan ujian nasional Anda.

Salam

Hindayani.com