Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Materi Energi Listrik: Pengertian, Percobaan, dan Manfaatnya

Diperbarui terakhir: 14 September, 2015


Materi Energi Listrik: Pengertian, Percobaan, dan Manfaatnya – Salah satu materi IPA kelas 6 SD yang paling sering menjadi pembahasan adalah mengenai energi, khususnya listrik. Energi merupakan kemampuan untuk melakukan kerja. Di mana hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat dimusnahkan namun bisa diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Artinya, energi bisa mengalami perpindahan. Seperti misalnya, arus listrik yang menghasilkan energi listrik. Maka arus listrik inilah yang nantinya akan disebut sumber listrik.

Percobaan tentang materi energi listrik dan manfaatnya dalam kehidupan

Materi Energi Listrik

Untuk mengenali energi listrik dalam kehidupan sehari-hari, silakan lakukan percobaan kecil di bawah ini;

Percobaan sederhana energi listrik

Langkah-langkah untuk melakukan percobaan seputar energi listrik. Siapkan;

  1. Kertas yang sudah dipotong kecil-kecil
  2. Penggaris plastik
  3. Meja
  4. Pastikan juga rambutmu kering dan tidak berminyak atau basah karena habis keramas

Jika semuanya sudah siap, sekarang silakan lakukan percobaan materi energi listrik di bawah;

  1. Letakkan kertas di atas meja
  2. Sementara itu, gosokkan penggaris ke rambut Anda masing-masing berulang-ulang
  3. Setelah itu, dekatkan penggaris pada potongan kertas kecil yang ada di atas meja

Lihatlah apa yang terjadi? Ya, kertas kecil seolah menempel atau tertarik pada penggaris dan hal seperti ini dinamakan gejala kelistrikan. Di mana benda yang memiliki gejala kelistrikan bisa menarik benda lainnya. Dalam percobaan tersebut, benda yang mengalami atau memiliki gejala kelistrikan adalah penggaris yang telah digosok-gosok dengan rambut.

Pemanfaatan energi listrik

Listrik menjadi sumber energi yang sangat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita sering melihatnya baik di rumah, di jalan, di sekolah, di lapangan, dan di tempat-tempat lainnya. Beberapa penggunaan energi listrik yang sering kita lihat adalah setrika yang digunakan untuk menyetrika pakaian, lampu yang menyala untuk penerangan, lemari es yang menyala digunakan untuk menyimpan bahan makanan, rice cooker untuk memasak nasi secara mudah, dispenser yang digunakan untuk memanaskan air, blender untuk membuat jus dan menghaluskan bumbu, dan manfaat lainnya yang sangat besar dan banyak.

Karena manfaatnya yang sangat banyak, sebaiknya sebagai pemakai kita bijak menggunakan energi listrik. Serta ikut menjaga supaya pemakaian energi ini tetap mengedepankan faktor keselamatan dan aman buat manusia.

Faktor keselamatan penggunaan listrik

Beberapa faktor di bawah ini harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan dan keamanan saat memakai listrik;

  1. Pastikan kaki, tangan, dan alat listrik dalam kondisi kering karena kondisi basah bisa menjadi konduktor listrik yang baik.
  2. Jangan menumpuk steker yang banyak pada stop kontak karena bisa menambah beban dan pada kelanjutannya mengakibatkan kebakaran.
  3. Singkirkan kabel listrik yang terkelupas dan pakai kabel baru.
  4. Pemasangan dan perbaikan alat listrik sebaiknya langsung dilakukan oleh ahlinya atau yang berwenang.
  5. Dilarang memasukkan alat lain ke stop kontak selain steker alat listrik.

Itulah beberapa informasi mengenai pelajaran IPA materi energi listrik untuk kelas 6 SD seputar percobaan sederhana dan pemanfaatannya. Semoga bermanfaat.