Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Menghafal Urutan Nama Planet dan Penjelasannya

Diperbarui terakhir: 22 Oktober, 2015


Menghafal Urutan Nama Planet dan Penjelasannya – Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai perbedaan antara planet dalam dan planet luar. Sebagai pengingat, yang disebut planet dalam adalah planet yang berada di dalam garis edar bumi atau terletak antara Matahari dan bumi. Sementara planet luar adalah planet yang berada di luar garis edar tersebut. Ada 9 planet yang kita kenal sejak dulu, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Jadi, planet yang masuk dalam planet dalam adalah Merkurius dan Venus. Sedang Planet luar adalah planet-planet selain Merkurius, Venus, dan Bumi.

Sayangnya, Pluto kini sudah bukan menjadi planet lagi. Informasi ini diumumkan sekitar tahun 2006 atas penemuan ahli. Status planet Pluto dicabut oleh sebuah badan yang memiliki tanggung jawab untuk memberi nama (penamaan) sekaligus klasifikasi atas benda langit, yakni IAU atau International Astronomical Union. Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari IAU kalau status planet Pluto dikembalikan. Meski sejumlah ahli menyebut kalau Pluto layak untuk masuk kategori planet.

Terlepas dari hal itu, untuk menyebutkan planet dalam dan luar, kita setidaknya harus tahu nama-nama planet dan mengetahui urutannya, bukan? Sehingga cara menghafal urutan nama planet ini tetap diperlukan. Karena bukan rahasia lagi jika meski sudah sering dibahas dalam materi SD maupun SMP, banyak yang masih belum bisa mengurutkan dengan benar secara cepat nama-nama planet tersebut.

Cara mudah menghafal urutan nama planet dan penjelasan planet-planet dalam tata surya

Menghafal Urutan Nama Planet dan Penjelasannya

Cara mudah mengurutkan nama planet dengan cepat

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk menghafal urutan sesuatu dalam pelajaran IPA termasuk menghafal urutan nama planet adalah dengan membuat singkatan yang unik. Cara ini juga berhasil saya terapkan sejak dulu. Untuk mengurutkan nama planet ini, saya menggunakan singkatan;

Mervebumars yang sangat ulung nan pandai

Jadi ketika ditanya soal urutan nama planet, yang saya ingat pertama kali adalah singkatan di atas. Mervebumars merupakan singkatan dari Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sementara itu, kata yang sangat ulung nan pandai bisa diambil huruf depannya saja. Y dari Yang untuk Yupiter (Jupiter), S dari Sangat untuk Saturnus, U dari Ulung untuk Uranus, N dari Nan untuk Neptunus, dan P dari Pandai untuk Pluto. Bagaimana? Apa Anda ingin menggunakan singkatan di atas atau menemukan cara menghafal urutan nama planet versi Anda sendiri?

Planet-planet dalam tata surya

Merkurius

Planet ini merupakan planet yang paling dekat dengan Matahari, memiliki waktu 88 hari untuk mengelilingi Matahari.

Venus

Venus merupakan planet terdekat dengan matahari, kita kadang bisa melihat planet ini sebelum matahari terbit (di langit timur) dan tenggelam (di langit barat). Planet ini memiliki sebutan bintang kejora atau bintang fajar. Venus membutuhkan 224,7 hari untuk mengelilingi matahari.

Bumi

Bumi berbentuk bulat pepat pada bagian kutubnya. Dilapisi oleh atmosfer untuk melindungi makhluk hidup dari paparan dan sengatan sinar matahari. Selain itu, bumi juga menyimpan oksigen. Selama 365 ¼ hari, bumi mengelilingi matahari dalam sekali putaran.

Mars

Planet ini disebut juga sebagai planet merah. Mars memiliki batuan es di kutubnya dan membutuhkan waktu 687 hari untuk mengitari matahari.

Jupiter/Yupiter

Planet Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Awannya dari amoniak dan Kristal es, sementara atmosfernya terdiri atas helium dan hidrogen. 11,86 tahun Bumi adalah waktu yang dibutuhkan Yupiter untuk mengelilingi matahari.

Saturnus

Planet saturnus memiliki cincin yang mengelilinginya. Cincin itu terdiri dari milyaran orbit partikel kecil dari es, air, dan batuan. Saturnus membutuhkan waktu 29,46 tahun Bumi untuk mengelilingi matahari.

Uranus

Setelah Jupiter, Uranus merupakan planet kedua terbesar dalam tata surya kita. Planet ini diselubungi oleh kabut tebal yang terdiri atas gas metana. Uranus membutuhkan waktu 84 tahun untuk mengitari matahari.

Neptunus

Metana, helium, dan hidrogen adalah unsur dari planet ini. Seratus enam puluh empat koma tujuh sembilan (164,79) tahun Bumi merupakan waktu yang diperlukan oleh planet ini untuk mengitari matahari dalam 1x putaran.

Pluto (bukan planet lagi)

Pluto memerlukan waktu 248 tahun bumi untuk mengelilingi matahari. Atmosfernya terdiri atas karbon monoksida, nitrogen, dan metana.

Cara menghafal urutan nama planet di atas tetap bisa digunakan meski Pluto kini sudah bukan planet lagi. Singkatannya tetap bisa dipakai tanpa menyertakan kata Pandai. Sementara informasi tentang Pluto di atas bisa dijadikan tambahan info saja. Untuk menambah wawasan kita semua sambil terus mengikuti perkembangan penelitian para ahli astronomi.