Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Pengertian dan Contoh Campuran Homogen

Diperbarui terakhir: 5 November, 2015


Contoh campuran homogen dan definisinya merupakan salah satu materi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang diajarkan di kelas 6 SD. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh tentang campuran homogen ini. Ada baiknya kita mengenal dulu definisi atau pengertian dari campuran.

Campuran adalah zat yang terbentuk dari beberapa jenis zat yang sifat-sifat zat pembentuknya masih ada atau tetap. Sebagai contoh, air sungai, tanah, udara, larutan gula, larutan garam, minuman, makanan, air susu, dan yang lainnya. Sifat asli dari zat pembentuk campuran ada yang masih dapat dirasakan, ada pula yang tidak bisa dibedakan. Oleh karena itu, campuran dibedakan menjadi dua, yakni homogen dan heterogen. Apa itu campuran homogen?

Khusus untuk artikel ini, kami akan membahas tentang campuran homogen terlebih dulu. Tentang campuran heterogen akan dibahas pada artikel selanjutnya. Apa saja yang akan dibahas dalam artikel ini? Selengkapnya silakan simak rangkuman materi campuran homogen di bawah ini.

Rangkuman materi dan contoh campuran homogen

Pengertian dan Contoh Campuran Homogen

Pengertian

Campuran homogen yakni campuran dua zat atau lebih yang penyusun atau pembentuknya tidak dapat dibedakan lagi. Dalam hal ini, campuran homogen juga disebut sebagai larutan.

Contoh larutan/campuran homogen

Beberapa contoh campuran homogen di bawah ini akan menjadi gambaran detail mengenai larutan/campuran homogen, di antaranya;

  1. Campuran antara air dengan gula menjadi larutan gula
  2. Campuran antara air dengan garam menjadi larutan garam
  3. Campuran gas
  4. Campuran antara emas dengan tembaga menjadi perhiasan

Untuk poin keempat, ada tambahan informasi bahwa emas murni sifatnya lunak sehingga ketika dicampurkan dengan tembaga sifat emas pun menjadi keras.

Perbedaan zat terlarut dan pelarut

Zat terlarut atau solut adalah zat yang jumlahnya lebih sedikit dibanding zat-zat lainnya di dalam larutan. Sedangkan zat pelarut atau solven adalah zat yang jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan zat-zat lain di dalam larutan. Contoh untuk zat pelarut dan terlarut adalah;

  1. Larutan gula terbuat dari campuran gula dan air

Pengertian dan Contoh Campuran Homogen 1

Dalam larutan gula, air merupakan zat pelarut, sementara gula merupakan zat terlarut.

 

  1. Larutan garam terbuat dari campuran garam dan air

Pengertian dan Contoh Campuran Homogen 2 - Air Garam

Dalam larutan garam, air merupakan zat pelarut, sementara garam merupakan zat terlarut.

Jika masih bingung untuk memahami mengapa air gula disebut sebagai campuran homogen atau larutan, Anda bisa mencoba membuat air gula sendiri di rumah. Setelah itu rasakan. Ternyata ketika dirasakan, air yang tadinya tidak berasa menjadi manis dan sudah tidak bisa dibedakan lagi dengan rasa dari gula. Karena air sudah benar-benar tercampur dengan gula.

Nah, sekarang memahami contoh campuran homogen terasa lebih mudah, bukan? Anda bisa mencari contoh larutan di sekitar Anda, bisa di rumah, di sekolah, atau yang lainnya. Atau untuk memahami lebih jauh tentang campuran homogen ini, Anda juga bisa memahami materi campuran heterogen di artikel selanjutnya. Dengan tahu perbedaan keduanya, pemahamannya akan semakin mudah.