Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Perbedaan Antara Konduktor dan Isolator – IPA Kelas 6 SD




Perbedaan Antara Konduktor dan Isolator – IPA Kelas 6 SD – Sebelumnya kami telah memaparkan atau mengulas sedikit tentang konduktor dan isolator. Nah, di materi ini kami akan menunjukkan perbedaan keduanya secara mendasar. Tidak hanya itu, kami juga akan meringkas materi tentang kemampuan benda untuk menghantarkan panas dan memaparkan tentang panas atau kalor. Untuk mendapatkan gambaran lebih jauh, simak saja ulasannya dalam artikel berikut ini.

Kemampuan benda menghantarkan panas dan perbedaan antara konduktor dan isolator

Perbedaan Antara Konduktor dan Isolator 1 - Wajan



Kalor atau panas

Panas disebut juga kalor. Kalor atau panas ini merupakan satu macam energi. Dan setiap benda memiliki kemampuan yang berbeda dalam menghantarkan panas. Berdasarkan kemampuan benda dalam menghantarkan panas tersebut, kita mengenal istilah konduktor dan isolator. Apa perbedaan keduanya?

Perbedaan isolator dan konduktor

Pertama, konduktor

Konduktor panas adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik dan cepat. Kita bisa melihat contoh konduktor dalam kehidupan sehari-hari, misalnya wajan, bagian bawah setrika, panci, dan benda-benda yang terbuat dari logam lainnya.

Kedua, isolator

Berkebalikan dengan konduktor, isolator merupakan benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik dan cepat. Dalam hal ini, benda-benda tersebut lambat menghantarkan panas, bukan berarti tidak menghantarkan panas sama sekali. Misalnya kayu, gabus, plastik, dan yang lainnya.

Panas tidak merambat melalui ruang hampa udara

Perbedaan Antara Konduktor dan Isolator 2 - Termos
Perlu diketahui bahwa panas tidak dapat merambat melalui ruang yang hampa udara. Pengaplikasian hal ini bisa kita lihat dalam termos. Termos dibuat dengan tujuan untuk mencegah panas dari air tidak berpindah. Maka dari itu, antara dinding luar dan dalam termos terdapat ruang hampa udara yang dalam hal ini bertindak sebagai isolator. Tidak hanya itu, penutup dan bahan pelapis luar dari termos juga terbuat dari bahan isolator sehingga tidak panas saat dipegang.

Contoh bahan isolator dan konduktor

Berikut ini adalah 2 contoh benda yang mengaplikasikan isolator dan konduktor secara bersama-sama agar pemahaman tentang perbedaan antara konduktor dan isolator menjadi lebih mudah;

Perbedaan Antara Konduktor dan Isolator 3 - Teflon

1. Teflon, pegangannya merupakan isolator dan yang dipakai memasak adalah konduktor
2. Setrika, bagian bawahnya merupakan konduktor dan bagian pegangan merupakan isolator

Materi Sebelumnya: Rumus Volume dan Luas Permukaan Tabung atau Silinder

Kesimpulan – tabel perbedaan konduktor dan isolator

Perhatikan tabel di bawah ini untuk mengetahui perbedaan konduktor dan isolator secara lebih mudah;
Perbedaan Antara Konduktor dan Isolator 4 - Tabel Perbedaan Sederhana
Dari tabel perbedaan di atas kita jauh lebih mudah dalam memahami materi perbedaan antara konduktor dan isolator, bukan? Anda bisa mencari contoh benda lain yang merupakan isolator dan konduktor yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari untuk mengingat perbedaannya dengan lebih mudah. Salam dari kami, Hindayani.com