Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Puasa Tarwiyah, Niat Puasa Arafah di Idul Adha 1435 H/2014

Diperbarui terakhir: 28 Oktober, 2014


Puasa Arafah merupakan salah satu puasa sunah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzul hijjah. Puasa ini dilaksanakan sehari sebelum hari raya kurban diperingati oleh seluruh umat muslim di dunia. Khusus untuk Indonesia, tahun ini pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 5 Oktober 2014. Dan itu berarti puasa Arafah akan diadakan tepat di hari Sabtu pada tanggal 4 Oktober 2014. Sedangkan satu hari sebelumnya, 3 Oktober 2014 merupakan tanggal 8 Dzul hijjah dan dilaksanakan puasa Tarwiyah.

Tentang doa niat puasa arafah di Idul Adha 1435 H/2014 dan puasa tarwiyah

Doa niat Puasa Arafah

Puasa Tarwiyah

Puasa tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzul Hijjah. Pada tahun ini, pemerintah bersepakat untuk menetapkan tanggal 3 Oktober 2014 sebagai tanggal 8 Dzulhijjah. Dengan kata lain, malam ini niat puasa sunah tarwiyah akan diucapkan oleh para umat muslim yang ada di Indonesia. Dan jika Anda adalah salah satu orang yang ikut puasa tarwiyah besok. Niatnya adalah;

Nawaitu Shouma tarwiyyah sunnatallillahi ta’alaa

Yang artinya adalah saya berniat untuk puasa tarwiyah, sunah karena Allah Ta’ala

Keutamaan dari puasa sunah ini adalah dapat menghapuskan dosa satu tahun ke belakang. Artinya, menghapuskan dosa kecil umat manusia satu tahun sebelum sekarang. Hadits yang menerangkan tentang keutamaan ini masih simpang siur. Sebab ada yang mengatakan dalil ini kuat, namun ada juga yang berpendapat bahwa hadits ini tidak kuat karena perawi atau yang meriwayatkan hadits pernah melakukan perbuatan yang tercela. Terlepas apakah dosa Anda akan dihapuskan atau tidak saat melaksanakan puasa ini (Allah Maha Tahu), yang paling penting adalah puasa ini hukumnya sunah dan itu berarti akan mendatangkan pahala bagi mereka yang mengerjakannya.

Baca Juga: Contoh Soal Pembagian pada Aljabar dan Pembahasannya

Puasa Arafah

Hari selanjutnya Anda bisa melakukan puasa arafah dengan niat yang tidak berbeda jauh dengan niat sebelumnya. Hanya diganti arafah saja pada bagian tarwiyahnya. Yakni;

Nawaitu Shouma Arofah Sunnatallillahi ta’aala

Yang berarti bahwa saya niat berpuasa di hari arofah, sunah karena Allah Ta’ala

Sama dengan puasa tarwiyah, puasa Arafah pun memiliki nilai keutamaan. Puasa yang dilakukan pada tanggal 9 dzulhijjah dan tahun ini bertepatan dengan tanggal 4 Oktober ini dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa dapat menghapuskan dosa satu tahun yang akan datang dan satu tahun sebelum itu. Selain itu, dalam sebuah hadits juga disebutkan bahwa orang yang menjalankan ibadah puasa ini akan mendapatkan berkah dari Allah berupa pembebasan dari api neraka. Hadits yang menjelaskan keutamaan puasa sunah ini diriwayatkan oleh Muslim yang termasuk dalam imam 7.

Idul Adha 2014/1435 H

Selanjutnya, pada tanggal 10 dzulhijjah 1435 H seluruh umat muslim merayakan hari raya idul Adhi di mana pada tanggal ini, umat muslim juga diharamkan untuk berpuasa. Sama halnya dengan saat tanggal 1 Syawal.

Demikian informasi tentang doa niat puasa arafah dan tarwiyah pada idul Adhi 1435 H 2014 tahun ini. Semoga bermanfaat.

Salam – hindayani.com

Leave a Reply