Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Rangkuman Materi IPA Bab Gerhana

Diperbarui terakhir: 26 Oktober, 2015


Rangkuman Materi IPA Bab Gerhana – Salah satu pokok bahasan Ilmu Pengetahuan Alam kelas 6 adalah gerhana. Pembahasan ini masuk dalam pembahasan umum mengenai tata surya yang di dalamnya juga membahas mengenai revolusi bumi, revolusi bulan, dan yang lainnya. Jika rangkuman materi lain sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya, di sini kami akan meringkas materi tentang gerhana. Baik itu gerhana bulan maupun gerhana matahari. Selamat menyimak ulasan yang mudah-mudahan bermanfaat ini.

Rangkuman materi IPA Bab Gerhana: Gerhana bulan dan gerhana matahari

Rangkuman Materi IPA Bab Gerhana

Apa itu gerhana?

Secara umum, gerhana adalah peristiwa di mana sinar matahari terhalang oleh bulan atau bumi. Sehingga, bulan atau bumi itu tidak mendapatkan sinar dari matahari. Detailnya bisa dilihat dalam penjelasan materi di bawah ini.

Gerhana matahari

Gerhana matahari terjadi ketika sinar matahari yang menuju ke bumi terhalang oleh bayangan bulan. Gerhana ini terjadi pada siang hari ketika fase bulan memasuki fase bulan mati atau bulan baru serta bulan purnama. Di sini, gerhana matahari terjadi pada saat matahari – bulan – bumi berada dalam satu garis lurus. Posisinya, bulan berada antara matahari dan bumi.

Ada 3 macam gerhana matahari dalam rangkuman materi IPA bab gerhana, yakni;

Pertama, gerhana matahari total

Posisi gerhana matahari total terjadi pada saat bumi berada di daerah umbra bulan.

Kedua, gerhana matahari sebagian

Gerhana ini terjadi pada saat posisi bumi berada di penumbra bulan

Ketiga, gerhana matahari cincin

Perlu Anda ketahui, gerhana matahari cincin termasuk dalam gerhana matahari total yang mana posisi bulan menutupi bagian tengah dari pusat tata surya, yakni matahari. Sehingga yang terlihat hanya bagian pinggirnya saja seperti cincin jika dilihat dari bumi.

Gerhana bulan

Gerhana bulan terjadi karena bulan yang tidak dapat terlihat karena tertutup oleh bayangan bumi. Pada gerhana ini, posisi matahari – bumi – bulan berada dalam satu garis lurus. Artinya, bumi berada di antara matahari dan bulan.

Ada dua gerhana bulan yang perlu Anda tahu, yakni;

Pertama, gerhana bulan total

Terjadi pada saat bulan terletak pada umbra bumi

Kedua, gerhana bulan sebagian

Terjadi pada saat bulan berada di daerah penumbra bumi.

Pengingat

Jika Anda bingung membedakan antara gerhana matahari dan gerhana bulan. Buatlah ilustrasi sederhana. Perhatikan dulu yang kami garis bawahi di atas.

  • Gerhana matahari terjadi pada saat posisinya: matahari – bulan – bumi
  • Gerhana bulan terjadi pada saat posisinya: matahari – bumi – bulan

Posisi matahari tidak berubah (di kiri), hanya bedanya yang berubah yang di tengah dan kanan. Untuk mengingat gerhana matahari Anda bisa mengingat dengan cara;

Gerhana matahari terjadi saat bulan berada di tengah (antara matahari dan bumi). Sementara gerhana bulan adalah sebaliknya. Bumi yang berada di tengah (antara matahari dan bulan).

Sebagai tambahan informasi dalam rangkuman materi IPA bab Gerhana ini, Anda perlu tahu tentang penumbra dan umbra. Umbra yakni bayangan inti sedangkan penumbra adalah bayangan kabur.