Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Rangkuman Materi Revolusi Bulan dan Pengaruhnya

Diperbarui terakhir: 26 Oktober, 2015


Rangkuman Materi Revolusi Bulan dan Pengaruhnya – Tidak hanya planet-planet dalam tata surya yang mengalami revolusi. Tetapi, satelit juga mengalami revolusi terhadap planetnya. Yang kami bahas dalam hal ini adalah bulan yang merupakan satu-satunya satelit yang dimiliki oleh bumi. Ya, bulan mengalami revolusi terhadap bumi, planetnya. Sama dengan peristiwa revolusi bumi, terjadinya revolusi bumi juga memiliki akibat yang bisa kita lihat langsung dari bumi. Apa saja? Detail rangkuman materinya ada dalam artikel ini ya?

Rangkuman materi revolusi bulan: pengertian, lamanya, dan pengaruhnya

Rangkuman Materi Revolusi Bulan dan Pengaruhnya

Gerak bulan dan pengertian revolusi bulan

Jika bumi memiliki 2 gerakan, yakni revolusi bumi dan rotasi bumi, maka bulan memiliki 3 gerakan, yakni;

  1. Rotasi bulan
  2. Bulan mengelilingi bumi
  3. Bulan bersama bumi mengelilingi matahari

Rotasi bulan adalah perputaran bulan pada porosnya, sementara revolusi bulan adalah gerak bulan mengelilingi bumi. Rotasi bulan sama dengan revolusi bulan. Hal inilah yang mengakibatkan bagian bulan yang terlihat dari bumi sama. Untuk revolusi bulan dibutuhkan waktu sekitar 29 ½ hari dalam 1 kali putaran.

Pengaruh revolusi bulan

Pertama, perubahan posisi bulan

Akibat revolusi bulan terjadilah perubahan posisi pada bulan. Posisi pada bulan yang berubah ini membuat bentuk bulan dari bumi terlihat berbeda. Seperti sabit, purnama, tidak terlihat sama sekali, hingga bulan separuh. Ada beberapa fase yang akan dijelaskan di bawah;

  1. Fase bulan baru atau bulan mati
  2. Fase bulan sabit
  3. Fase bulan separuh
  4. Fase bulan cembung
  5. Fase bulan purnama
  6. Fase bulan cembung
  7. Fase bulan separuh
  8. Fase bulan sabit

Fase-fase di atas berputar seperti sebuah siklus, setelah sabit, akan kembali lagi ke bulan baru, begitu seterusnya ia akan menjadi purnama, lalu cembung, sabit, dan bulan baru lagi. Mulai dari awal bulan hingga akhir bulan, lalu awal bulan lagi, begitu seterusnya.

Kedua, dasar perhitungan tahun Hijriah

Selain tahun Masehi, kita juga mengenal tahun Hijriah. Jika tahun Masehi didasarkan pada revolusi bumi, maka tahun Hijriah ini dihitung berdasarkan revolusi bulan. Untuk diketahui, 1 tahun Hijriah atau Komariah ini adalah sebanyak 354 hari yang didapatkan dari 29 ½ hari x 12 (karena 1 tahun ada 12 bulan) = 354 hari.

Itulah rangkuman materi revolusi bulan, gerak bulan, dan pengaruhnya dari Hindayani.com. Semoga bermanfaat.