Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Rangkuman Materi Rotasi Bumi dan Akibatnya, IPA 6 SD

Diperbarui terakhir: 23 Oktober, 2015


Rangkuman Materi Rotasi Bumi dan Akibatnya, IPA 6 SD – Apa itu rotasi bumi? Dan apa saja pengaruh rotasi bumi? Semuanya akan diringkas dalam artikel ini. Jadi, selamat menyimak ya?

Rangkuman materi Rotasi Bumi, pengertian dan pengaruhnya

Rangkuman materi Rotasi Bumi, pengertian dan pengaruhnya

Pengertian rotasi bumi

Rotasi bumi merupakan perputaran bumi pada porosnya. Untuk melakukan satu kali rotasi, bumi membutuhkan waktu 24 jam. Yang kita kenal juga dengan masa satu hari satu malam. Bumi berputar 360 derajat dan setiap 1 derajatnya ditempuh selama 4 menit. Coba lihat ilustrasi di bawah ini;

  • 24 jam = 24 x 60 menit = 1440 menit
  • 1/360 = x/ 1440
  • 360x = 1440
  • x = 4 menit

Pengaruh yang diakibatkan oleh rotasi bumi

Ada beberapa pengaruh yang ditimbulkan akibat terjadinya rotasi bumi, di antaranya;

Pertama, terjadinya pergantian siang dan malam

Pergantian siang dan malam terjadi akibat adanya rotasi bumi. Untuk ilustrasi sederhana dalam rangkuman materi rotasi bumi ini, Anda bisa memakai senter dan bola.Sebaiknya lakukan di malam hari.

  • Tempatkan senter beberapa meter dari bola, lalu arahkan senter ke salah satu sisi bola, nyalakan senternya.
  • Di situ bisa dilihat kalau bagian yang kena senter akan terang sementara sisi yang tidak kena cahaya senter akan gelap. Senter diibaratkan sebagai matahari dan bolanya adalah bumi.
  • Sisi yang terkena cahaya matahari mengalami masa siang, sementara sisi yang tidak kena cahaya mengalami masa malam.
  • Putarlah bola itu (kanan – kiri bukan atas bawah) dalam kondisi senter yang masih menyala, maka cahaya pun akan menyinari sisi lain dari bola.
  • Begitulah siang dan malam terjadi.

Kedua, gerak semu harian matahari

Perlu diketahui kalau bumi berotasi dari barat ke timur. Maka dari itu, matahari terlihat bergerak terbit dari sebelah timur dan terbenam di sebelah barat. Padahal sebenarnya matahari tidak bergeser sedikit pun dari tempatnya, yang bergerak adalah bumi, yakni dengan berotasi.

Ketiga, perbedaan dan pembagian waktu

Indonesia memiliki 3 daerah pembagian waktu, yakni WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur). Ini disebabkan karena setiap 15 derajat bujur, bumi memiliki selisih waktu 1 jam. Sementara garis bujur 0 derajat berada di kota Greenwich London. Titik ini juga dikenal dengan GMT atau Greenwich Mean Time. Perbedaan waktu seperti ini terjadi di seluruh daerah di bumi.

Selain hal-hal di atas, rotasi bumi juga bisa mengakibatkan;

  1. pembelokan arah arus laut
  2. pembelokan arah angin
  3. perbedaan percepatan gravitasi bumi, dll.

Demikian informasi mengenai rangkuman materi rotasi bumi dan akibatnya yang bisa kami sampaikan di website ini. Materi ini termasuk dalam Bab Susunan Tata Surya yang sudah kita bahas kemarin. Semoga informasi ini bisa digunakan sebagai bahan belajar ya? Jangan lupa untuk terus update materi ipa kelas 6 sd di hindayani.com ya supaya lebih mengerti tentang kejadian alam yang selalu saja membuat kita takjub.