Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Recount Text : Pengertian Susunan Ciri Fungsi Contoh

Diperbarui terakhir: 11 November, 2014


Recount text merupakan salah satu teks yang sering kita gunakan dalam hidup kita. Kita sering menggunakannya untuk menceritakan tentang kegiatan maupun pengalaman kita di waktu lampau kepada teman, saudara, maupun orang lain. Untuk dapat menulis sebuah teks recount maka hendaknya kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana untuk menyusunya dan gaya bahasa yang harus kita gunakan. Untuk itu kami menyajikan materi tentang teks Recount agar kalian dapat dengan mudah untuk memahami dan membuatnya.

Berikut Pengertian, Susunan, Ciri, Contoh dan Fungsi Recount Text Secara Lengkap

Recount Text - Pengertian Susunan Ciri Fungsi Contoh

Recount Teks adalah sebuah teks yang digunakan untuk menceritakan kembali peristiwa yang terjadi di waktu lampau yang merupakan pengalaman seseorang. Fungsi dari Recount Text adalah untuk memberikan informasi atau menghibur dengan menceritakan sebuah pengalaman tersebut.

Susunan Recount Text (Generic Structure)

  1. ORIENTATION – di dalam paragraph ini penulis menuliskan tentang karakter cerita tersebut, apa yang terjadi, di mana dan kapan cerita itu terjadi.
  2. EVENTS – kemudian pada paragraph ke dua, penulis menuliskan urutan-urutan kejadian dari awal cerita itu sampai akhir, cerita tersebut harus urut sesuai urutan dalam kegiatan tersebut.
  3. REORIENTATION – bada bagian akhir ini penulis menuliskan sebuah kalimat penutup dalam ceritanya yang berupa suatu ungkapan perasaan terhadap ada yang dirasakan dalam pengalaman tersebut.

Ciri-Ciri Kebahasaan Yang Digunakan (Lexicogrammatical Features)

  1. Menggunakan past tense.
  2. Menggunakan kata hubung untuk menunjukkan urutan kejadian dalam cerita tersebut, seperti; then, before, after, etc.
  3. Perhatikan pergantian waktu dan tempatnya.

Contoh Recount Text

HOLIDAY IN SOWAN BEACH

Two days ago was a holiday, my friend and I went to the Sowan Beach, we went there by bicycle. We went to Sowan beach at six o’clock and arrived at half past six. Sowan beach was about five kilometers from my home.

When we arrived there, the beach was the first place to visit, after we arrived in the beach, we swam in the beach, the beach was so beautiful. After we swam on the beach, we visited to the other place to see a monkey and big snake. After that, we went to the shop to buy some drinking water because we were so thirsty. And then we went home. We were so happy and enjoyed our holiday in Sowan Beach.

Agar kalian lebih memahaminya kalian bisa mencoba untuk menuliskan pengalaman kalian dan menceritakannya kepada teman kalian atau orang lain. Bagian terpenting dalam teks ini yang haus kalian ingat adalah urutan waktu dan kejadiannya harus urut. Dan jangan lupa gunakanlah past tense, karena kejadian tersebut telah terjadi di waktu lampau.

Demikianlah materi tentang Pengertian Susunan Ciri Fungsi Contoh Recount Text yang dapat saya sampaikan. Pelajari juga tentang Teks Procedure yang sudah Hindayani.com tulis kemarin. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian, selamat mencoba dan semoga sukses.

Salam,

Hindayani.com