Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Diperbarui terakhir: 30 Mei, 2015


Ada beberapa syarat wajib puasa Ramadhan yang perlu Anda ketahui sebagai persiapan jelang Ramadhan 1436 H tahun ini. Atau sebagai bahan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Berikut beberapa syarat wajib puasa Ramadhan

Syarat Puasa Ramadhan

Islam

Yang pertama adalah beragama islam. Artinya, mereka yang islam diwajibkan berpuasa pada saat bulan Ramadhan. Sementara itu, orang kafir asli tidak diwajibkan. Namun, jika ada orang yang baru masuk islam, dia sudah wajib berpuasa, akan tetapi tidak wajib mengganti atau meng-qadla puasa ketika dia masih belum masuk islam. Berbeda lagi dengan orang yang murtad. Jika orangnya murtad dan suatu ketika kembali masuk islam. Maka orang murtad ini wajib mengganti puasanya selama ia murtad. Misalnya, dia murtad selama 3 tahun, maka dia harus mengganti puasa selama 3 Ramadhan juga.

Aqil Baligh

Salah satu syarat bagi seseorang wajib menunaikan ibadah puasa adalah sudah aqil baligh. Jika ada anak yang berusia 7 tahun, maka orang tua wajib menyuruhnya berpuasa. Sementara itu, jika sampai usia 10 tahun tidak berpuasa, orang tua pun bisa memukulnya.

Mampu – istitho’ah

Selanjutnya, seseorang juga diwajibkan berpuasa manakala ia mampu menjalankannya. Mampu di sini juga berarti tidak ada kesulitan besar bagi mereka untuk menjalankan puasa Ramadhan tersebut. Itulah kenapa orang yang sudah lansia, baik lelaki maupun perempuan, yang sudah tidak mampu berpuasa tidak masuk dalam syarat wajib berpuasa Ramadhan ini.

Sehat badannya

Tidak wajib berpuasa seseorang yang sedang sakit, apabila ia berpuasa sakitnya bisa makin parah dan sembuhnya bisa lama. Termasuk sakit jenis lain yang susah untuk diatasi.

Tidak musafir/muqim

Musafir diperbolehkan untuk tidak berpuasa, syaratnya adalah;

  1. Menempuh perjalanan dengan jarak setidaknya sekitar 84 km
  2. Kepergiannya bukan karena sesuatu yang berhubungan dengan maksiat
  3. Keluar dari tempat tinggalnya sebelum fajar terbit
  4. Jika membatalkan puasa karena dalam perjalanan wajib mengganti puasanya setelah bulan Ramadhan selesai

Itulah beberapa syarat wajib puasa Ramadhan yang bisa disampaikan di sini. Jika ada tambahan informasi dari Anda bisa ditambahkan sendiri di kolom komentar. Selanjutnya jika semua syarat ini sudah anda penuhi, anda sudah bisa melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan. Sebagai banca panduan kami tentang syarat sah puasa agar puasa anda bisa lebih sempurna dan diterima. Kurang lebihnya mohon maaf.