Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Tips Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur

Diperbarui terakhir: 1 Juni, 2015


Berpuasa memang membutuhkan kesiapan dari orang yang melaksanakannya. Tidak hanya persiapan dalam hal mental, tetapi juga fisik. Supaya terbiasa untuk menjalankan ibadah puasa dan mengikuti rutinitasnya dengan baik. Sahur sebagai salah satu rutinitas dari berpuasa merupakan bagian yang penuh tantangan. Utamanya buat mereka yang tidak terbiasa bangun di sepertiga malam terakhir untuk menunaikan sholat tahajud. Tidak heran jika setidaknya satu hari selama bulan puasa, sebagian besar orang merasakan tidak sahur karena bangun kesiangan. Tentu hal seperti ini, harus dihindari, bukan? Dan cara tidak telat sahur yang kami rangkum di bawah ini bisa menjadi salah satu jawabannya.

Begini tips agar tidak terlambat bangun sahur saat Ramadhan

Tips Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur

Membiasakan diri

Menjalankan puasa sunah senin kamis, puasa daud, atau puasa sunah lainnya tetap membutuhkan momen untuk sahur. Jika Anda terbiasa melakukan puasa ini, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk berdisiplin menjalankan puasa tanpa terlambat sahur. Atau jika memang belum bisa berpuasa sunah, cobalah untuk rutin menjalankan sholat sunah tahajud, selain bisa dapat amal, Anda juga bisa mendisiplinkan diri dan terbiasa bangun di dini hari saat bulan Ramadhan. Cara pertama ini memang membutuhkan waktu dan kemantapan hati.

Tambahkan disiplin di awal dan akhir

Disadari atau tidak, di bulan puasa 30 hari itu, ada pola yang sering terjadi. Di mana bangun sahur sangat sulit dilakukan di awal bulan dan di akhir bulan. Hal ini sering sekali terjadi, jadi Anda harus menambah kemantapan hati untuk bangun sahur pada awal dan akhir bulan puasa. Saat masih awal bulan, kita biasanya sedang membentuk kebiasaan baru, dan saat di akhir, kadang karena merasa terbiasa, kita jadi lupa untuk bangun sahur dan cenderung meremehkan karena sudah lama berpuasa.

Jaga porsi saat berbuka puasa

Entah sadar atau tidak, porsi buka puasa juga mempengaruhi waktu sahur kita, lho? Ketika seseorang makan terlalu kebanyakan saat berbuka, maka akan mudah sekali mata mengantuk dan akibatnya juga susah untuk bangun saat sahur. Sebaliknya, jika makannya secukupnya saja saat buka puasa alias tidak kekenyangan, maka mata juga tidak mudah mengantuk dan lebih mudah bangun untuk sahur keesokan harinya.

Alarm jelas penting

Alarm baik dari jam weker maupun HP bisa membantu Anda untuk bangun lebih pagi. Kalau Anda memilih jam weker, siapkan baterai baru supaya bunyinya nyaring. Namun, jika Anda pakai HP atau gadget, Anda bisa mengatur volume suaranya dengan mudah. Jika Anda terbiasa mematikan alarm sambil tidur saat sudah bunyi, cobalah ganti dering alarm Anda, bisa mulai dengan dering yang sama dengan saat ada telepon masuk. Anda juga bisa memilih nada alarm yang suaranya mengganggu Anda tidur. Letakkan alarm jauh dari Anda agar Anda harus mematikannya sambil berdiri dan berjalan.

Minta tolong teman/keluarga

Jika dalam keluarga biasanya ada ibu yang sering membangunkan sahur, maka di kos, Anda bisa meminta tolong teman satu kos. Bahkan, Anda juga bisa meminta tolong keluarga di rumah untuk menelepon Anda ketika jam sahur datang. Supaya benar-benar bangun. Lebih baik bagi Anda untuk tidak mengunci kamar (jika perlu), sehingga lebih mudah untuk dibangunkan (jika yang membangunkan adalah teman kos atau orang rumah).

Dorong diri Anda dengan sholat malam

Pikirkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan di mana Anda bisa menambah amal ibadah sebanyak-banyaknya. Jadi, Anda bisa menambah amalan dengan sholat malam juga. Selain bangun untuk sahur, sebelum tidur niatkan untuk bangun dini hari karena ingin sholat malam juga.

Doa dan istirahat yang cukup

Doa memiliki kekuatan tersendiri. Selain baik untuk Anda yang ingin bangun, doa juga bisa menjadi pecut atau semangat untuk membangunkan Anda. Sebelum tidur, selain berdoa sebelum tidur, mohonlah kepada Allah untuk dibangunkan pada di sepertiga malam. Supaya bisa menunaikan sholat malam dan sahur. Di samping itu, jaga jam tidur Anda supaya tetap berkualitas dan kuantitasnya pas. Untuk hal yang satu ini, Anda perlu tidur lebih awal supaya bisa bangun awal pula.

Tetap memiliki persiapan

Buat persiapan jika Anda telat bangun sahur namun masih ada waktu, sebaiknya sediakan makanan darurat. Sebagai contoh, roti, kurma, air putih, pisang, dan yang lainnya. Pokoknya makanan yang cepat dikonsumsi dan bisa bikin perut kenyang.

Salah satu hal yang mudah dilaksanakan agar tidak terlambat sahur adalah dengan hidup di kampung. Mengapa? Karena di kampung biasanya ada anak-anak muda masjid yang akan membangunkan sahur dengan peralatan seadanya dengan cara berkeliling.