Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Tips Belajar Matematika untuk Anak

Diperbarui terakhir: 31 Oktober, 2014


Tips Belajar Matematika untuk Anak – Kurikulum yang diterapkan sekarang dan masa lalu memang sangat berbeda jauh. Jika dulu bentuk soalnya berbentuk soal biasa (secara langsung), kini buku mata pelajaran lebih banyak membahas tentang soal-soal yang bertemakan soal cerita. Anak-anak pun dituntut untuk menganalisa soal tersebut dengan cepat dan tepat. Sayangnya, ternyata masih banyak yang belum pandai dalam menganalisa dengan cepat. Sebaran yang bisa dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan guru bukanlah sebaran normal. Bahkan, bisa jadi ada data outlier. Maka dari itu, selain mengikutkan les di bimbingan belajar dan les privat, anak juga harus didampingi oleh orang tua dan dijelaskan dengan benar. Saat mendampingi anak Anda, Anda bisa melakukan usaha di bawah ini.

Cara dan tips belajar matematika untuk anak

Tips Belajar Matematika untuk Anak

Pertama, memiliki dasar yang kuat

Dasar yang kuat menjadi salah satu bekal yang baik untuk mengerjakan soal matematika dan pandai dalam menganalisa soal matematika dengan sangat baik. Misalnya, untuk belajar tentang masalah pecahan, akan sangat baik jika dipelajari terlebih dulu bagaimana penjumlahan dan pengurangan pecahan secara langsung. Baru setelah pemahamannya baik, materi tentang pecahan ini bisa ditingkatkan pada soal cerita dan penalaran yang lebih tinggi.

Kedua, bertahap

Tahapan demi tahapan dalam belajar matematika menjadi proses yang harus dilalui. Tanpa mempelajari dengan tahapan yang benar, maka proses dalam mengerjakan soal juga akan sedikit terhambat. Sedangkan jika tahapannya sudah dilalui dengan baik, maka prosesnya juga akan lebih mudah dan lancar. Proses menjadi tahapan penting untuk mewujudkan daya nalar yang baik.

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Ketiga, sering latihan dan rutin

Memiliki banyak soal untuk diselesaikan menjadi cara baik untuk mengasah kemampuan matematika dan mempertajam analisa seorang anak. Membiasakan diri mengerjakan soal akan membuat daya nalar lebih encer.

Selain 3 tips belajar matematika untuk anak di atas, ada cara lain yang bisa diterapkan sesuai dengan cara belajar anak tersebut.

Hindayani.com

Leave a Reply