Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Tips Mencari Kerja Buat Fresh Graduate Usai Lulus Kuliah

Diperbarui terakhir: 12 Juli, 2015


Tips Mencari Kerja Buat Fresh Graduate Usai Lulus Kuliah – Dewasa ini, banyak yang mengeluh susah mencari pekerjaan di Indonesia. Akibatnya, banyak sarjana yang lulus kuliah menjadi pengangguran dan angkanya pun semakin naik. Memang hal ini tidak terlepas dari kondisi ekonomi di Indonesia. Namun kita tidak harus selalu menyalahkan faktor luar, sebaliknya kita juga harus menilik diri kita sendiri, apakah sudah pantas mendapatkan pekerjaan atau belum. Kita harus tahu potensi kita dan mengerti faktor internal mengapa kita tidak mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

Ini lho tips mencari kerja buat fresh graduate usai lulus kuliah buat Anda

Tips Mencari Kerja Buat Fresh Graduate Usai Lulus Kuliah

Temukan minat

Yang pertama harus Anda cari adalah minat Anda sendiri. Minat yang kuat biasanya disertai dengan kemampuan dan skill yang kuat pula. Terlebih, dengan mengetahui minat Anda, akan jauh lebih mudah memilih pekerjaan yang sesuai dan menemukan mana yang tepat buat diri Anda.

Tidak terlalu fokus pada gelar

Masih banyak orang yang mempertimbangkan gelar ketika hendak melamar pekerjaan. Misalnya, dari sarjana teknik ke marketing bank dan yang lainnya. Perlu diketahui, pekerjaan adalah soal kemampuan, skill, dan pengalaman bekerja di satu bidang. Bukan tentang gelar dan keilmuan yang Anda dapatkan saja. Pekerjaan merupakan hal yang lebih kompleks dari itu. Maka dari itu, jangan takut atau malu jika ada yang mulai berkomentar pekerjaannya kok tidak sesuai gelarnya ketika Anda sudah menerima pekerjaan.

Tenang, pekerjaan pertama masih bisa berubah

Sebagai fresh graduate, Anda memang mencari perusahaan yang mau memberikan pengalaman bekerja kepada Anda. Namun jangan manut-manut saja. Sebab tidak selamanya pekerjaan pertama akan menjadi pekerjaan akhir Anda. Anda masih punya banyak peluang untuk mencoba hal baru dan merasakan pekerjaan selain pekerjaan pertama.

Jejaring sosial bisa dimanfaatkan

Tips mencari kerja buat fresh graduate usai lulus kuliah selanjutnya adalah dengan berpikir kreatif dengan mencari kerja lewat internet. Coba manfaatkan akun media sosial Anda untuk mencari kerja. Bukan hanya menunggu lowongan kerja dibuka. Sehingga ketika ada peluang dibuka, Anda sudah siap.

Tetap mengisi diri Anda dengan pengetahuan dan skill

Saat Anda masih menganggur, tetap aktif dan temukan serta asah skill Anda sebaik mungkin. Sehingga saat ada lowongan kerja serta ada panggilan datang, Anda sudah siap dengan skill yang terbarukan dan bisa bekerja lebih baik.

Baca juga : Tips Menulis CV atau Daftar Riwayat Hidup.

Tetap usaha dan berdoa

Usaha dan doa memang tidak boleh pernah habis. Anda harus melakukannya secara istiqomah. Berpikir positif dan bergerak maju menjadi ciri yang baik dari seorang yang siap dengan kondisi apapun, baik kondisi yang menyenangkan maupun memprihatinkan. Untuk itu, selain bekal ilmu dan pengetahuan dari bangku sekolah dan kuliah, Anda juga harus menguatkan kemampuan berpikir dan logika Anda dalam berpikir. Sikap juga harus dibenahi dengan sebaik-baiknya.

Usaha sendiri

Jika memang Anda memiliki kreativitas, cobalah buka peluang. Dari pada menunggu peluang dari perusahaan lain datang kepada Anda, bukanlah menciptakan peluang buat diri Anda dan orang lain juga lebih bermanfaat?

Semoga tips mencari kerja buat fresh graduate usai lulus kuliah ini bermanfaat buat Anda semua.

Salam – hindayani.com