Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Tips Mengatasi Pemimpin yang Bertindak Sebagai Bos

Diperbarui terakhir: 22 Juni, 2015


Ada banyak tipe orang di dunia ini. Di mana jika mereka jadi pemimpin, maka akan lahir cara memimpin yang berbeda pula. Hasilnya, lahir pula tipe-tipe pemimpin atau bos. Seperti diketahui, ada perbedaan yang mendasar mengenai pemimpin dan bos, atau pemimpin yang bertindak sebagai bos. Dan jika Anda memiliki pemimpin atau bos yang cukup aneh di kantor, kenali tipenya dan temukan solusinya.

Ini tipe bos dan cara mengatasinya yang bisa diterapkan

Tips Mengatasi Pemimpin yang Bertindak Sebagai Bos

Bos suka ngajak nongkrong

Jika pemimpin/bos Anda suka mengajak keluar makan dan nongkrong lalu bahas soal kantor, seolah menjelek-jelekkan kantor sebaiknya buatlah jarak. Obrolan yang tidak perlu seperti itu bisa membuat Anda terimidasi jika terus dibiarkan. Namun, dengan tidak terlalu dekat alias menjaga jarak dengannya, situasi akan jauh lebih mudah dikontrol.

Bos yang bekerja dengan data dan angka

Ada satu jenis pemimpin yang hanya melihat data dan angka saja. Menilai semua hal dengan angka yang dikeluarkan dan apa yang hendak didapatkan. Jika Anda memiliki bos semacam ini, sebaiknya antisipasi dengan menyiapkan data dan angka sebelum menyampaikan ide. Tapi jangan terus mengekor. Ada kalanya Anda memakai bahasa Anda sendiri untuk berbicara dengan pemimpin seperti ini.

Mudah ganti ide

Bos Anda mudah suka ide namun sering berganti-ganti saat satu ide belum selesai dikerjakan? Sebagai bawahan yang baik sebaiknya kita tidak menasehatinya namun memberikan masukan secara bertahap, logis, rasional, dan detail supaya mau tetap pada satu ide dan fokus. Sebab biasanya fokus pemimpin seperti ini mudah berubah.

Egois

Merasa bos Anda egois? Jika iya, maka mungkin bos tersebut senang membuat keputusan berdasarkan egonya saja. Yang makin membuat tidak nyaman adalah karena bos seperti ini biasanya akan memaksanakan keputusannya pada orang lain dengan cara mengintimidasi. Cara mengatasi bos buruk seperti ini adalah dengan cara mempresentasikan ide Anda secara tepat dan menunjukkan pada bos kalau dengan ide tersebut bos Anda juga akan ikut sukses.

Tidak kompeten

Pemimpin Anda tidak kompeten, mudah mengambil keputusan tapi tidak tepat, terburu-buru, tidak banyak mikir langsung aksi tapi tak ada yang tepat sasaran? Kalau seperti ini, sebaiknya Anda sebagai bawahan mendampingi, memberi tahu pengalaman Anda namun jangan sampai menggurui. Tetap memberikan pengetahuan namun tidak sampai menjadi penjilat.

Baca juga bisakah posisi marketing bank terlibat penipuan.

Terlalu detail dan kaku

Bos kaku dan terlalu detail mudah sekali mencari-cari kesalahan kita. Namun untuk mengatasinya, sebaiknya kita fokus dan tetap mau berkomunikasi dengan baik. Dengan fokus, kita akan bekerja lebih baik dan bisa memberikan apa yang diinginkannya.

Suka melimpahkan kesalahan dan tanggung jawab

Satu lagi tipe bos yang tidak terduga, yakni bos yang semaunya sendiri melimpahkan kesalahan kepada anak buahnya. Bos seperti ini bisa jadi mudah lari ketika ada masalah. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengajak bos duduk bersama dan membentuk sebuah tim yang kompak.

Demikian informasi mengenai jenis dan tipe pemimpin/bos berikut cara mengatasinya atau cara bersikap kepadanya. Semoga bermanfaat.