Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Tips Menulis CV atau Daftar Riwayat Hidup untuk Kerja

Diperbarui terakhir: 28 Oktober, 2014


Tips menulis CV atau daftar riwayat hidup untuk kerja  – Tidak banyak yang mengetahui cara menulis CV atau daftar riwayat hidup. Sebagian besar orang justru salah dalam menuliskan CV atau daftar riwayat hidupnya. Alih-alih ingin memiliki CV yang terlihat banyak, semua informasi dimasukkan dalam CV tersebut. Nah, bagaimanakah idealnya sebuah CV dan bagaimana pula cara paling tepat untuk menulisnya? Jika Anda penasaran, ikuti ulasannya dalam artikel ini ya? Ayo tulis CV-mu dengan tahapan berikut;

Tips menulis CV atau daftar riwayat hidup untuk kerja

Tips menulis CV atau daftar riwayat hidup untuk kerja

Pertama, selalu update CV atau daftar riwayat hidup

Meng-update CV bukan tentang mengubah pekerjaan atau mengubah nama domisili terbaru Anda. Lebih dari itu, Anda harus meng-update inti atau isi dari CV tersebut. Misalnya, Anda hendak berpindah kerjaan dan melamar di pekerjaan baru. Harusnya, Anda tidak menggunakan CV Anda yang lama. Sebaliknya, Anda harus membuat CV baru atau meng-update CV lama dengan isi sesuai dengan posisi dan perusahaan yang Anda lamar sekarang. Yang ingin ditekankan di sini adalah pakailah CV yang berbeda untuk pekerjaan yang berbeda.

Kedua, dominasi dari kata kunci

Layaknya saat Anda berjualan, doktrin merupakan salah satu yang paling penting. CV atau Curriculum vitae merupakan pamflet atau brosur mengenai diri Anda. Maka pastikan bahwa kata kunci yang Anda buat sesuai dengan kata kunci dari perusahaan. Masukkan tagline mereka atau moto yang dimiliki oleh perusahaan tersebut sebagai motto Anda. Hal ini akan membuat Anda dan perusahaan seperti memiliki ikatan. Namun tetap saja, jangan terlalu mendominasi atau nyontek. Bubuhkan juga pemikiran Anda di moto tersebut.

Ketiga, sesuaikan dengan kualifikasi

Tips menulis CV atau daftar riwayat hidup untuk kerja yang ketiga adalah dengan mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pastikan Anda membaca detail kualifikasi agar tidak salah dalam menulis daftar riwayat hidup. Mulailah dengan mendaftar atau membuat list prestasi, pengalaman, dan keterampilan Anda secara keseluruhan. Kemudian, pilihlah yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Jadikan ketrampilan, pengalaman, dan prestasi Anda tersebut sebagai headline atau sesuatu yang ditonjolkan.

Keempat, masukkan keterampilan dan kelas kursus yang pernah Anda ikuti

Jika dalam kualifikasi tercatat bahwa Anda harus menguasai salah satu jenis software dan Anda pernah mengikuti kursusnya. Cukup cantumkan hal tersebut di CV Anda. Walaupun sudah banyak yang Anda lupakan dari ilmu tersebut, paling tidak Anda tidak berbohong telah pernah mengikuti kursus. Anda bisa mengasahnya lagi saat sudah diterima kerja.

Kelima, bawa sertifikat dan piagam

Anda tidak akan pernah tahu apa saja yang akan dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengenali Anda. Selembar CV saja tidak akan cukup. Untuk itu, sertakan juga piagam dan sertifikat serta bukti pencapaian Anda selama ini. Dokumen pendukung ini bisa jadi membuat CV Anda menjadi lebih kuat dan terbukti benar.

Demikian tips menulis CV atau daftar riwayat hidup untuk kerja. Semoga bermanfaat.

Selamat Mencari Kerja – www.hindayani.com

Leave a Reply