Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Trik Hitung Cepat Perkalian dengan 11

Diperbarui terakhir: 13 Maret, 2015


Trik Hitung Cepat Perkalian dengan 11 – Salah satu trik dan cara cepat hitung dalam Matematika yang paling terkenal adalah perhitungan perkalian bilangan dengan 11. Bilangan ajaib 11 memiliki cara yang unik dan cepat dalam perhitungan perkaliannya. Apakah Anda sudah pernah mencobanya? Jika belum, Anda bisa bereksperimen dan berlatih bersama hindayani.com dalam artikel ini. Di sini, kita akan membahas dengan cepat bagaimana caranya menghitung perkalian bilangan dengan 11 secara tepat dan cepat. Tidak hanya angka, namun juga bilangan puluhan bahkan ratusan.

Begini trik hitung cepat perkalian dengan 11 yang mudah

Trik Hitung Cepat Perkalian dengan 11

Kenapa terkenal?

Perhitungan cepat dengan angka 11 sangat amat dikenal karena triknya yang sangat mudah dan cepat. Betapa tidak, kita menyelesaikan perhitungan dari operasi perkalian dengan operasi penjumlahan biasa. Dan penjumlahan ini pun antara angka dengan angka, bukan bilangan. Setelah dijumlahkan, hasil dari penjumlahan tersebut diurutkan sesuai dengan urutannya. Bagaimana langkahnya?

Perhitungan dan langkah hitung cepatnya

Untuk menguasai cara hitung perkalian cepat dengan 11, Anda hanya perlu menguasai dulu penjumlahan angka dengan angka. Misal, 4 + 5 sama dengan 9, 2 + 3 sama dengan 5, 1 + 3 sama dengan 4, 7 + 8 = 15, dan seterusnya. Kemudian, mari kita bahas langkahnya supaya materi trik hitung cepat perkalian dengan 11 ini bisa dipahami bersama. Simak langkah-langkah di bawah ini;

  1. pq x 11, maka urutan bilangan yang akan dihasilkan adalah p (p+q) q

Artinya, digit dari hasil perkalian merupakan angka pertama bilangan yang dikalikan dengan sebelas (angka pertama soal). Sedangkan digit yang berada di tengahnya adalah hasil penjumlahan antara digit pertama dan digit terakhir soal, dan digit hasil perkaliannya adalah digit terakhir soal. Trik ini berlaku untuk bilangan puluhan.

  1. pqr x 11, maka urutan bilangan yang dihasilkan adalah, p (p + q) (q + r) r

Artinya, digit yang dihasilkan merupakan urutan dari digit pertama soal, penjumlahan digit kedua dengan ketiga, digit ketiga dengan keempat, dan digit terakhir dari soal yang dikalikan dengan 11. Ini berlaku untuk bilangan ratusan.

  1. Untuk trik pada bilangan ribuan, puluh ribuan, dan seterusnya berlaku pola yang sama.

Catatan: saat menjumlahkan digit ditemui bilangan puluhan, maka ambil satuannya untuk menempati posisi lantas jumlahkan puluhannya dengan digit sebelumnya. Simak contoh supaya paham.

Contoh soal

Agar lebih memahami tiap materi trik hitung perkalian dengan 11, kami akan sajikan contohnya secara bertahap.

23 x 11 hasilnya adalah…

2 + 3 = 5, maka hasilnya adalah 253, di mana 2 merupakan digit pertama dari soal, 5 merupakan hasil penjumlahan, dan 3 merupakan digit terakhir soal.

57 x 11, hasilnya adalah…

5 + 7 = 12, karena hasilnya memiliki puluhan dan satuan, maka jumlahkan 1 (puluhan) dengan digit di depannya, yakni 5. 1 + 5 = 6. Sementara itu, angka 2 (satuannya) ditaruh di tengah seperti biasa. Hasilnya menjadi 627.

123 x 11, hasilnya adalah…

  • 1+2 = 3
  • 2+ 3 = 5

Jadi hasilnya adalah 1353 dengan urutan dari depan adalah 1, hasil penjumlahan bilangan pertama dan kedua, hasil penjumlahan bilangan kedua dan ketiga, dan digit terakhir yakni 3.

268 x 11, hasilnya adalah…

  • 2 + 6 = 8
  • 6 + 8 = 14

Pisahkan 1 dengan 4, dan jumlahkan 1 dengan 8 (hasil penjumlahan 2 + 6 atau bilangan yang ada di depannya), hasilnya adalah 9. Jadi, hasilnya adalah 2948

Baca Juga: Cara Hitung Perkalian Cepat dengan Bilangan Kelipatan 9

Urutan dari bilangan 2948 sebagai hasil dari trik hitung cepat perkalian dengan 11kali ini jika dipisah adalah;

  • 2 merupakan digit pertama dari bilangan yang dikalikan dengan 11
  • 9 merupakan penjumlahan dari 2 + 6 + 1 (puluhan dari penjumlahan 6 + 8)
  • 4 merupakan satuan dari penjumlahan 6 + 8

Dari sini kita bisa berkesimpulan bahwa trik perkalian dengan penjumlahan ini akan lebih mudah dikerjakan dari belakang. Ke depannya Anda bisa berlatih dengan cara itu atau cara yang menurut Anda paling mudah dan bisa Anda ingat dengan cepat serta tepat.

Untuk contoh dari materi trik hitung cepat perkalian dengan 11 khusus untuk bilangan ribuan, puluh ribuan, dan seterusnya bisa Anda coba sendiri sebagai latihan di rumah.