Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Trik Hitung Perkalian Cepat dengan 2, 4, dan 6

Diperbarui terakhir: 14 Februari, 2015


Trik Hitung Perkalian Cepat dengan 2, 4, dan 6 – Perkalian menjadi salah satu operasi yang penting dalam Matematika. Perhitungan perkalian secara cepat pun harus dikuasai dan menjadi latihan dasar seorang murid di tingkat SD, SMP, bahkan SMA. Kemampuan yang sama dan kemahiran perhitungan cepat ini sedikit banyak akan membantu seorang siswa untuk menyelesaikan permasalahan matematika secara mudah dalam tempo yang cepat. Misalnya saja saat ujian akhir nasional. Sehingga banyak waktu yang bisa dihemat ketika Anda menyelesaikan soal. Dan bisa menyelesaikan seluruh soal ujian sesuai dengan waktu yang disediakan. Atau bahkan Anda memiliki cukup waktu untuk meneliti jawaban yang sudah Anda pilih.

Berikut trik hitung perkalian cepat dengan 2, 4, dan 6 untuk Anda ketahui

Trik Hitung Perkalian Cepat

Trik hitung perkalian cepat 2, 4, 6

Perkalian dengan 2

Pernahkah Anda berpikir untuk menemukan solusi dari 67 x 2 secara cepat. Caranya bukankah cukup mudah. Berpikirlah secara cepat bahwa 7 x 2 adalah 14 dan 6 x 2 adalah 12. Maka sudah pasti hasilnya adalah 134. Atau mudahnya, lakukan dari hal-hal kecil seperti 65 x 2, 50 x 2, 33 x 2, 23 x 2. Jika Anda terbiasa mengalikan dengan angka 2, Anda akan dengan mudah menemukan trik untuk menyelesaikan masalah perkalian ini dengan cepat. Tidak hanya itu. Perkalian dengan angka 2 secara cepat ini juga bisa menjadi bekal Anda untuk menyelesaikan soal perkalian dengan 4 dan 6. Bagaimana? Sudah cukup mengerti caranya?

Perkalian dengan 4

Untuk mengalikan dengan 4, Anda cukup mengingat kalau 4 adalah perkalian antara 2 dengan 2. Itu artinya, saat Anda diminta melakukan trik hitung perkalian cepat dengan angka 4, maka Anda harus mengalikan bilangan tersebut dengan 2 terlebih dulu kemudian hasilnya dikalikan lagi dengan angka 2. Atau secara ringkas, dapat kami tuliskan di bawah ini langkah hitung cepat perkalian dengan 4;

  1. Kalikan bilangan dengan angka 2
  2. Kalikan hasil dari poin 1 dengan angka 2

Misalnya, Anda diminta untuk mengalikan 65 x 4, maka Anda cukup melakukan langkah;

  1. 65 x 2 = 130
  2. 130 x 2 = 260

Jika Anda terbiasa melakukan trik di atas dengan sering mencoba, maka ketika ada bilangan yang dikalikan dengan 4, Anda akan dapat dengan mudah menemukan hasil atau jawabannya. Tidak percaya, coba saja dulu.

Perkalian dengan 6

Layaknya perkalian dengan 4, perkalian dengan 6 juga bisa didasari dari perkalian cepat dengan angka 2. Hal ini karena angka 6 merupakan perkalian antara 3 dengan 2. Jika dalam perkalian dengan 4 Anda mengalikan bilangan dengan angka 2 kemudian hasilnya dikalikan dengan 2 lagi, maka di sini langkahnya adalah;

  1. Kalikan bilangan dengan 3
  2. Hasil dari poin satu dikalikan dengan angka 2

Misalnya, 14 x 6

  1. 14 x 3 = 42
  2. 42 x 2 = 84

Sama dengan trik hitung perkalian cepat dengan angka 4, di sini, Anda juga harus banyak mencoba dan berlatih supaya lebih terasah dan mampu menjawab dengan cepat.

Simak juga pendalaman materi diskriminan dan pemakaiannya dalam matematika.

Latihan soal

Agar benar-benar terasah, Anda bisa mulai dengan latihan dasarnya dulu. Mulailah dengan bilangan-bilangan kecil baru kemudian bilangan-bilangan besar. Dari satuan, puluhan, hingga ratusan bahkan ribuan. Latihan soal di bawah ini pun terbilang mudah, silakan coba.

  1. 16 x 6 =
  2. 17 x 4 =
  3. 17 x 2 =
  4. 46 x 6 =
  5. 91 x 4 =

Itulah beberapa latihan soal trik hitung perkalian cepat yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kemampuan Anda.