Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Trik Menyederhanakan Persamaan Kuadrat (Pecahan)

Diperbarui terakhir: 17 Januari, 2019

Mencari bentuk sederhana persamaan kuadrat kadang memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika nilai a, b, dan c dari persamaan kuadrat tersebut besar-besar. Tapi tenang, selalu ada trik untuk menyiasatinya agar bisa dikerjakan dengan cepat.

Kuncinya ada di sini.

Mengenali pola, rahasia, dan trik mencari bentuk sederhana persamaan kuadrat

Trik Menyederhanakan Persamaan Kuadrat

Beberapa poin yang perlu kita tahu saat mengerjakan penyederhanaan persamaan kuadrat dalam bentuk pecahan adalah:

Terbiasa memfaktorkan

Karena kita ingin membuat bentuk sederhana dari dua persamaan kuadrat, maka kita harus bisa memfaktorkan dulu. Agar bisa cepat, kita harus sering berlatih mengerjakan soal pemfaktoran. Juga mengenali beberapa trik cepat pemfaktoran.

Saya sudah pernah membuat videonya di youtube, berikut linknya:

Dalam video di atas saya memakai contoh yang sederhana. Namun, jika sering dilatih, maka kemampuan pemfaktoran akan menjadi lebih bagus.

Saya rekomendasikan artikel tentang pemfaktoran berikut: Cara menyelesaikan pemfaktoran dengan mudah

Selalu ada faktor yang sama

Antara dua persamaan kuadrat yang difaktorkan, pembilang dan penyebut. Pasti ada satu faktor keduanya yang sama. Sebab faktor inilah yang nantinya bisa dibagi atau biasa kita sebut dicoret sehingga tinggal faktor lainnya dalam bentuk paling sederhana.

Mencari faktor bilangan

Dalam cara cepat memfaktorkan, kita harus mencari dua bilangan yang jika dikalikan hasilnya adalah perkalian a dengan c (persamaan kuadrat ax^2 + bx + c). Dan du bilangan tersebut jika dijumlahkan hasilnya adalah b.

Nah, dari sini apa yang harus kita siapkan?

Kita harus tahu bagaimana mendapatkan dua angka itu dengan cepat. Yakni dengan cara mencari faktor bilangan (perkalian antara a dengan c). Baru setelah ketemu faktor bilangan tersebut, kita bisa mencari mana yang jika dijumlahkan hasilnya menjadi b.

Nah, sudah jelas, agar bisa memfaktorkan persamaan kuadrat dengan cepat, kita juga harus terbiasa mencari faktor bilangan dengan cepat.

Teliti

Yang paling sering terjadi adalah salah meletakkan tanda positif dan negatif. Biasanya kesalahan ini terjadi saat memfaktorkan. Biasanya tanda dari b tidak begitu diperhatikan sehingga salah dalam memilih faktor bilangan yang hendak dimasukkan ke dalam faktor persamaan kuadrat.

Ini fatal.

Sebab jika terjadi bisa menyebabkan kesalahan pada pengerjaan soal hingga selesai. Bahkan, kamu mungkin tidak akan bisa menemukan bentuk sederhana karena tidak ada faktor sama yang dapat dicoret.

Sering berlatih

Lantas, bagaimana mengatasinya?

Mudah saja, kamu harus sering berlatih mengerjakan soal pemfaktoran persamaan kuadrat. Perbanyaklah latihan soal. Kenali apa saja bagian yang harus kamu pahami. Mana yang masih terasa sulit buatmu, dan mana yang sudah kamu kuasai.

Mengenali kelemahanmu sendiri merupakan kunci untuk memperbaiki diri.

Itulah beberapa trik menyederhanakan persamaan kuadrat yang selama ini saya aplikasikan. Jika penjelasan di atas kurang bisa dipahami, silakan tonton video berikut untuk pembelajaran secara audiovisual.

Share on:

Gimana Paham? Jawab di komentar yuk, biar saya tahu pendapat kalian!