9 Cara Memakai Bulu Mata Palsu Sendiri untuk Pemula

Share

Bagi pemula, salah satu step berias yang paling menguras banyak waktu adalah cara memasang bulu mata palsu sendiri.

Kecuali bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan bulu mata, aktivitas memasang bulu mata ini adalah PR tersendiri. Tak hanya waktu yang akan terpakai lama, tetapi juga pikiran dan tenaga.

Bagaimana dengan Anda sendiri, apakah merasa kesulitan atau justru sudah terbiasa memasang bulu mata sendiri?

Dalam kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara memakai bulu mata palsu sendiri bagi pemula atau yang masih latihan ya? Selamat menyimak.

Tutorial tips memasang dan cara memakai bulu mata palsu sendiri untuk pemula

Untuk melakukan cara pasang bulu mata, Anda harus mulai dulu dari yang paling dasar, yaitu mendapatkan bulu mata terbaik dan cocok buat bentuk mata Anda.

1. Cara memasang bulu mata palsu sesuai bentuk mata

Salah satu bentuk mata yang cocok mengenakan bulu mata apapun adalah almond eyes. Namun, jika Anda tidak memiliki bentuk mata ini, barangkali bentuk mata di bawah ini cocok dengan yang Anda miliki;

  • Mata yang dalam: yaitu ketika mata Anda terlihat lebih masuk. Ini membuat tulang alis terlihat lebih menonjol. Sehingga mata terlihat cekung. Jenis bulu mata yang cocok untuk mata dalam adalah bulu mata yang bagian tengahnya lebih panjang bulunya.
  • Mata yang menurun: yaitu ketika sudut-sudut luar mata tampak tertarik ke bagian bawah. Bulu mata yang cocok untuk mata seperti ini adalah bulu mata yang pendek dan panjang di sudut bagian luar. Tujuannya adalah untuk mengangkat mata.
  • Mata yang menonjol: ini merupakan kebalikan dari mata yang dalam. Biasanya kelopak mata menonjol terlihat muncul terproyeksikan di daerah rongga mata. Small to medium adalah salah satu jenis bulu mata palsu yang cocok jika Anda punya mata yang menonjol. Anda juga bisa menggunakan bulu mata double tapered, spikey, cluster, atau lightly volumized.
  • Hooded eyes / mata sayu: Yaitu ketika kelopak mata Anda tidak terlihat. Anda bisa mencoba bulu mata medium to long. Tujuannya adalah untuk memberikan fokus pada bagian tulang alis. Selain itu, bulu mata tapered double juga bisa membuat tampilan mata makin bersinar.
  • Mata bulat: yaitu ketika mata memiliki panjang dan lebar yang hampir sama. Bentuk mata bulat ini hampir sama dengan bentuk almon klasik namun cenderung lebih lebar dan besar. Di Indonesia, ada yang menyebutnya mata besar. Bulu mata tapered cocok untuk mata bulat ini.
  • Mata kecil: sesuai dengan namanya, mata kecil ukurannya memang terlihat kecil dibandingkan dengan keseluruhan wajah. Bulu mata small to medium adalah salah satu yang cocok untuk bentuk mata ini.

2. Ukur mata Anda

Tahapan kedua dalam cara memakai bulu mata palsu sendiri adalah mengukur mata.

Gunakan alat seperti pensil, sikat rias, atau pena sambil menatap ke cermin. Gunakan alat tersebut dari bagian dalam mata ke arah mata bagian luar untuk mengukur mata Anda.

Secara teknis, Anda harus bisa menyesuaikan lebar salah satu mata Anda dengan sempurna sehingga ditemukan ukuran yang pas.

3. Ambil bulu mata dari kotak

Keluarkan bulu mata dari kotak, biarkan dulu pada posisinya (di bungkusnya dimana ia tertempel). Tempatkan pada bagian bawah hidung untuk memastikan ukuran. Lakukan sambil menatap ke cermin.

Saat hendak mengambil bulu mata, gunakan alatnya dengan menjepit di bagian luar (sudut mata terluar). Jangan bagian dalam. Alasannya adalah karena bagian ini bisa dipotong saat kepanjangan.

Sebaliknya, jika Anda menjepit bagian dalam maka akan jadi masalah. Mengambil bulu mata harus dilakukan secara perlahan ya?

4. Mengukur bulu mata

Cara memakai bulu mata palsu selanjutnya adalah dengan mengukur bulu mata dan disesuaikan dengan ukuran mata Anda. Taruh bulu mata di bagian garis mata atas dan pastikan ukurannya sesuai. Apakah Anda perlu memotong atau tidak.

Gunakan garis mata alami Anda untuk menentukan ukuran dan jangan terlalu dekat dengan sudut bagian dalam mata.

Untuk menandai bagian yang akan dipotong, hitung dari sudut terluar bulu mata. Hitung dari luar ke bagian dalam sebanyak 2-4 helai bulu mata, misalnya.

Baca juga manfaat minyak zaitun untuk bulu mata.

5. Memotong bulu mata

Cara memasang bulu mata palsu untuk pemula harus melewati tahapan pemotongan bulu mata jika memang ukurannya terlalu panjang untuk mata Anda. Karena jika tidak, bulu mata akan terlihat aneh dan terlalu dipaksakan. Tak pas di wajah Anda.

Memotong bulu mata tak bisa asal. Anda harus memotong dari bagian yang tebal / vena. Bukan dari bulu matanya. Kemudian, Anda harus menghitung dari sudut terluar bulu mata kemudian dipotong dari bagian terluar.

Kalau takut salah, baiknya cari bulu mata yang murah dulu sebagai bahan latihan agar tidak tekor.

Agar aman, gulung bulu mata terlebih dulu di jari, pensil, atau semacamnya. Dengan tujuan untuk membuat bulu mata tetap bengkok atau lengkung.

6. Aplikasikan lem

Tahapan selanjutnya dalam cara memasang bulu mata yang palsu untuk pemula adalah memakaikan lem. Tujuannya adalah agar bulu mata tertempel kuat di mata Anda dan tidak lepas-lepas.

Aplikasikan lem secara hati-hati di bagian urat bulu mata. Dari satu sudut ke sudut lainnya. Jangan langsung pasang, tunggu sekitar 30 detik baru diaplikasikan.

Jika Anda ingin bulu mata dapat melekat sempurna, bisa dengan melakukan cara ini:

  1. Aplikasikan titik lem di sekitar garis bulu mata asli Anda.
  2. Tambahkan lem sekali lagi berupa titik di bulu mata yang palsu tersebut.

7. Tips dan cara memasang bulu mata palsu untuk pemula

Inilah bagian yang paling menentukan dalam cara pakai bulu mata ini. Jadi, ada beberapa trik yang perlu Anda tahu.

  1. Saat memasang bulu mata, arahkan pandangan ke bawah. Bukan ke depan. Artinya Anda perlu menaruh cermin di bagian bawah. Bukan depan.
  2. Taruh cermin Anda di sekitar lengan dan jangan sekali-kali menutup mata secara menyeluruh karena ini bisa mengubah alur mata.
  3. Jika kesulitan melakukannya dengan tangan, pakailah penjepit. Pokoknya senyaman Anda.
  4. Pasang bulu mata dengan cara menekan strip bulu mata ke garis mata.
  5. Anda bisa menggunakan maskara sebagai bantuan untuk mengikat bulu mata dan bulu mata asli. Trik ini juga akan membuat kedua bulu mata melekat sempurna seolah jadi satu sehingga tak ada celah antara keduanya.

8. Aplikasikan eyeliner

Tampilan mata akan terlihat lebih sempurna tak hanya dengan mata, melainkan makeup mata lainnya seperti eyeliner.

Eyeliner dan bulu mata memang selalu saling dukung untuk mendapatkan riasan mata yang cantik, memesona, dan menarik perhatian.

Ambil eyeliner dengan ujung yang lancip. Gambar garis dari ujung bulu mata ke arah bagian dalam mata.

Jika ingin menambahkan kesan sayap pada bentuk eyeliner juga dipersilakan. Gambar di ujung mata bagian luar dan pastikan model eyeliner itu sesuai dengan bentuk mata Anda.

Untuk lebih lengkapnya, silakan baca tutorial pakai eyeliner dan cara memakai eyeliner cair sesuai bentuk mata.

9. Tatap cermin, lihat, koreksi

Jika Anda sudah berhasil memasang bulu mata kanan dan kiri. Memasang bulu mata bawah dan atas. Maka saatnya kini melihat secara lebih detail ke cermin. Mengoreksi tampilan mata Anda jika ada yang perlu dikoreksi.

Jika anda berkacamata, panduan model kacamata sesuai bentuk wajah ini bisa anda pertimbangkan.

Itulah beberapa cara memakai bulu mata palsu sendiri untuk remaja, pemula, dll. Agar hasil pemasangan bulu mata tampak seperti seorang profesional.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.