Pengertian dan 11 Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Mata

Share

Jangan pencet jerawat tanpa mata! Meski merasa terganggu, kamu harus sabar dan melakukan penanganan yang tepat, misalnya dengan menggunakan salep.

Bila dipencet, kondisinya akan lebih parah dan umumnya akan membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajakmu untuk memahami apa pengertian dan cara menghilangkan jerawatnya dengan cepat dan tepat. Selamat menyimak.

Pengertian, ciri, dan penyebab jerawat tanpa mata

Sebelum membahas lebih jauh mengenai solusi untuk mengatasi masalah jerawat ini, ada baiknya kamu mengerti apa itu blind pimples atau jerawat yang tidak ada matanya.

Pengertian blind pimples

Dalam bahasa inggris, tipe acne ini disebut dengan istilah blind pimples (jerawat buta). Artinya kukul yang bentuknya menyerupai peradangan komedo tapi lokasinya berada di bawah permukaan kulit dan tidak ada nanahnya.

Karena tidak ada nanahnya inilah sebagian besar orang menyebutnya tidak punya mata.

Jika kamu sudah pernah membaca berbagai macam jenis jerawat yang salah satunya adalah blackhead (komedo terbuka), maka blind pimples ini kondisinya hampir sama dengan blackhead.

Kesamaan keduanya terletak pada peradangan komedonya. Sementara perbedaannya terlihat pada lokasi terjadinya peradangan.

Bila blackhead terjadi di permukaan kulit sehingga ukurannya kecil dan tampak dari luar. Lain halnya dengan blind pimples yang terjadi di kulit bagian dalam, tepatnya di bawah permukaan. Itulah mengapa dia cenderung terlihat meradang dan memunculkan warna kemerahan.

Ciri-ciri jerawat tanpa mata

Agar lebih jelas mengenai jerawat tanpa mata ini, berikut karakteristiknya:

  1. Terlihat meradang.
  2. Tidak ada nanahnya.
  3. Warnanya merah.

Kukul ini umumnya muncul pada saat seseorang bangun tidur. Tiba-tiba saja ada benjolan kecil seperti calon jerawat yang bila dibiarkan akan kemerahan dan bila dipencet akan menjadi luka.

Beberapa orang juga merasakan bahwa jerawat tipe ini terasa sakit. Bahkan, bila munculnya di sekitar dahi, kening, atau dekat kepala, rasa sakitnya makin parah. Hal ini karena peradangan terjadi di bagian bawah permukaan kulit sehingga lokasinya jauh lebih dekat dengan saraf.

Penyebab

Sama halnya dengan jerawat pada umumnya, penyebab munculnya kukul ini adalah produksi sebum yang berlebihan dan menumpuknya kotoran serta bakteri di pori-pori kulit.

Keberadaan mereka bisa menyumbat pori-pori dan membuat benjolan muncul di wajahmu.

11 Cara menghilangkan jerawat tanpa mata

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dan terbebas dari jerawat yang tidak punya mata ini. Meski dikenal dapat bertahan lama di kulit, tapi kalau penanganannya tepat kamu bisa menghilangkannya.

Berikut ini daftar tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat tipe ini:

1. Jangan dipencet

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah hindari memencet kukul di wajah. Betapapun gemasnya, kamu tidak diperkenankan melakukannya karena justru bisa memperparah keadaan.

Saat memencet, ada kemungkinan bakteri masuk ke dalam jerawat. Kemungkinan lainnya, bakteri yang sudah ada di dalam bisa menyebar ke kulit lain di sekitarnya.

2. Kompres memakai air atau handuk hangat

Alih-alih memencet, sebaiknya kamu menggunakan air hangat untuk mengompres area yang berjerawat. Selain air hangat, handuk yang dibasahi dengan air hangat juga bisa jadi alternatif.

Kompres ini akan menenangkan kulit berjerawat sekaligus mengurangi membantu menyembuhkannya.

Silakan siapkan air hangat dan handuk bersih, kemudian celupkan handuknya ke dalam air. Peras sampai airnya tidak menetes dan gunakan mengompres selama 5 sampai 15 menit.

Ulangi perawatannya sebanyak 3-4 kali sehari untuk hasil maksimal.

3. Air es bisa jadi alternatif

Selain air hangat, untuk menenangkan kulitmu air es juga bisa digunakan. Ini akan membuat kulitmu terasa sejuk dan tidak gatal lagi.

Selain itu, bila memang jerawatnya terasa sangat menyakitkan, umumnya air es juga bisa meredakannya sehingga kamu tidak akan merasa tersiksa.

Cara menerapkannya adalah dengan menaruh sehelai kain antara es dan kulitmu agar tidak terlalu dingin yang bisa mengakibatkan kerusakan.

4. Gunakanlah obat jerawat blind pimple di apotik

Ada banyak sekali obat blind pimple yang bisa dicoba. Mulai dari produk yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dll.

Masing-masing obat jerawat di apotek tersebut umumnya diberi tambahan kandungan yang berbeda-beda. Hal ini karena kandungan tambahan berfungsi untuk menenangkan, merawat, dan bisa disesuaikan dengan jenis kulitmu.

5. Perhatikan hal-hal yang perlu dihindari

Selama memiliki jerawat ini, kamu perlu benar-benar memperhatikan dan menghindari beberapa hal, di antaranya adalah:

  1. Jangan tekan area berjerawat.
  2. Jangan terlalu sering cuci muka.
  3. Hindari menggosok wajah terlalu keras pada saat membersihkannya.
  4. Jagalah kebersihan benda yang langsung bersentuhan dengan wajah, misalnya masker untuk kulit berjerawat, alat makeup, sarung bantal, handuk, dll.
  5. Hindari memakai makeup yang terlalu tebal.
  6. Jangan sentuh area berjerawat pakai tangan secara langsung. Apalagi jika tanganmu kotor.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan.

6. Memakai tea tree oil

Jerawat tanpa mata umumnya mengalami pembengkakan di bawah kulit. Tea tree oil merupakan salah satu bahan alami yang ampuh dipakai untuk mengatasi pembengkakan tersebut.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mencampurkan setetes minyak tea tree dengan 9 tetes air. Kemudian, rendam kapas di larutan tersebut dan oleskan ke kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit dan lakukan sebanyak 3 kali dalam 1 hari.

7. Madu

Madu juga menjadi salah satu bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Di dalamnya terdapat kandungan anti mikroba dan anti bakteri. Artinya, madu berperan dalam melawan bakteri dan merawat kulit berjerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, silakan buat masker madu dan apel. Sama dengan madu, apel juga baik untuk mengatasi kukul.

8. Kompres dengan kantong teh hangat

Setelah membuat teh hangat untuk diminum, jangan langsung buang kantongnya. Alih-alih membuangnya, kamu bisa pakai untuk mengompres kulit berjerawat. Rasakan kesegaran dan efek menenangkannya langsung di kulitmu.

9. Pakailah gel lidah buaya (cocok buat kulit sensitif)

Jika kulitmu sensitif, maka gel lidah buaya adalah alternatif yang paling direkomendasikan. Kandungan anti radangnya bisa mengurangi bengkak dan mengatasi kemerahan yang ada pada kulit berjerawat. Selain itu, kandungan antibakterinya juga bagus untuk melawan bakteri.

Ambil gel aloevera, kemudian diamkan pada jerawatmu sampai sekitar 20 menit.

10. Basahilah dengan susu

Susu memiliki kandungan AHA yang berfungsi untuk menghilangkan sumbatan pada pori-pori sekaligus mengangkat sel kulit mati. Taruh susu di kapas, kemudian oleskan pada area berjerawat. Diamkan selama 10 menit agar kandungannya meresap pada kulit.

Dalam sehari, perawatan ini dapat dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali.

11. Cuka sari apel sebagai toner

Cobalah buat larutan cuka sari apel dengan air. Perbandingannya 1:4. Kalau kamu pakai 1 sendok makan cuka sari apel, berarti airnya 4 sendok makan.

Campurkan sampai merata kemudian taruh di kapas dan pakailah untuk mengoles jerawat. Perawatan ini aman dilakukan bagi pemilik kulit sensitif.

Demikian informasi tentang apa itu jerawat tanpa mata dan cara mudah menghilangkannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.