Manfaat Hand Cream, Fungsi dan Kegunaannya untuk Kulit Cantik

Share

Manfaat hand cream itu apa sih? Dan kenapa kita perlu pakai? Kenapa tidak jadi satu saja dengan hand & body lotion?

Banyak wanita yang bertanya-tanya tentang hal ini. Kira-kira kenapa? Apa Anda sudah tahu jawabannya?

Jika belum, Anda bisa terus membaca artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang fungsinya sangat banyak. Pagi hari saat bangun, Anda membutuhkan tangan untuk mengucek mata, lalu bisa jadi langsung memencet HP untuk sekedar mematikan alarm atau mengecek aplikasi-aplikasi penting.

Selanjutnya, Anda membutuhkan tangan untuk minum air putih, sarapan pagi, menulis note, hingga bekerja, mencuci piring, mencuci baju, dan menyetrika. Dalam sehari saja, Anda mungkin sudah ratusan bahkan ribuan kali membutuhkan tangan.

Banyak fungsi tangan manusia, dan sepertinya tidak bisa disebutkan satu per satu di sini. Sayangnya, dia menjadi bagian tubuh yang paling sering dipakai, paling dibutuhkan, tetapi paling diabaikan.

Padahal, dengan semua manfaat itu, sudah jelas tangan harus dirawat dengan baik. Sama halnya dengan wajah, tangan juga merupakan jenis kulit yang bisa menua. Rentan dengan dehidrasi, kering, pigmentasi, dan keriput. Untuk itu, tangan juga perlu dirawat secara khusus.

Perawatan dasar yang bisa dilakukan untuk tangan adalah dengan menjaga kelembapannya. Yaitu menggunakan handcream.

5 fungsi hand cream untuk kulit, kuku, dan rambut

Berikut adalah beberapa manfaat krim tangan yang harus Anda tahu:

1. Melembabkan dan mengenyalkan kulit

Fungsi krim tangan adalah untuk mengenyalkan dan melembutkan kulit. Minyak yang ada dalam krim bisa menjaga kelembaban alami kulit dan mengembalikan kelembaban yang hilang akibat terkena sabun cuci, dehidrasi, atau cuaca yang tidak mendukung.

2. Menyembuhkan kulit yang rusak

Dalam handcream biasanya juga terkandung minyak esensial dan herbal yang bisa menyembuhkan kulit. Aromanya lembut sehingga bisa membuat Anda merasa nyaman meski sering menggunakannya. Kegunaan hand cream ini sangat sayang untuk dilewatkan, bukan?

Tapi, ada juga bahan lain yang berguna untuk kulit yaitu minyak VCO yang bisa mengatasi dermatitis.

3. Menghilangkan stres layaknya spa di rumah

Untuk merasakan manfaat hand cream ini, Anda bisa mulai menggunakan krim tangan sambil dipijatkan di tangan. Pejamkan mata lalu pijat secara perlahan. Rasakan sensasinya.

4. Baik untuk kuku

Tak hanya kulit tangan, handcream juga dilengkapi dengan kandungan khusus yang bisa merawat kutikula, lho. Dengan memijat tangan memakai krim secara rutin setiap hari, Anda bisa mendapatkan fungsi hand cream untuk kuku. Diantaranya adalah kukunya tidak mudah patah, kuat, cepat panjang, dan sehat.

5. Manfaat hand cream untuk rambut

Manfaat lain yang bisa diberikan krim tangan adalah untuk rambut keriting dan ikal. Supaya lebih mudah diatur, tuangkan krim ke tangan kemudian usapkan di rambut Anda hingga rata.

Perbedaan kegunaan hand cream dengan hand and body lotion

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan dua produk ini, lebih dulu kita bahas apa perbedaan krim dan lotion secara umum karena perbedaannya memang cukup signifikan untuk dibahas.

Krim memiliki kepadatan lebih tinggi dibanding lotion. Pasalnya krim memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi dengan paduan sedikit air.

Inilah yang kemudian membuat krim biasanya disimpan atau dikemas dalam jar atau toples. Sedangkan lotion biasanya dalam bentuk botol atau tube.

Sebab jika krim simpan dalam tube atau botol, maka cara penggunaannya akan cukup menyulitkan. Di samping itu, krim sangat baik dalam memberikan nutrisi untuk kulit yang kering. Krim menawarkan kelembaban yang lebih ekstra dengan perlindungan yang lebih luas jika dibanding dengan lotion.

Lotion sendiri mengandung lebih banyak air ketimbang minyak. Karena kandungan ini, lotion memiliki sifat lebih mudah diserap kulit. Dia juga memiliki tekstur yang tidak berminyak, dan penyimpanannya biasanya dalam pump bottle atau squeeze bottle.

Formula yang digunakan dalam handcream dan lotion juga berbeda, lho! Coba cek di kemasan sebelum membeli.

Untuk itu, dua produk ini lebih baik digunakan sesuai kebutuhan karena dari komponen penyusunnya jelas terlihat bahwa fungsi hand cream dan lotion berbeda.

Perbedaan antara krim dan lotion ini juga berlaku untuk body cream dan body lotion, lho. Soal harga, body cream biasanya memang lebih mahal, akan tetapi memang sesuai dengan kandungannya.

Yaitu bisa memberikan kelembapan dan perlindungan ekstra untuk kulit karena lebih pekat / padat dibanding lotion. Kandungannya juga lebih banyak minyak ketimbang air.

Salah satu body cream yang dikenal di Indonesia dan favorit adalah Body cream oriflame. Ada banyak jenis yang ditawarkan dalam manfaat body cream oriflame dan masing-masing orang memiliki kecocokan masing-masing.

Aromanya sangat wangi, mewah, dan tahan lama.

Tak hanya body creamnya yang terkenal, fungsi hand cream oriflame juga terkenal. Selain itu, ada hand cream korea dan body shop. Harga untuk masing-masing krim tangan ini bervariasi. Kalau untuk oriflame, biasanya akan lebih murah saat ada promo.

Krim tangan dari oriflame juga biasanya bisa digunakan untuk sekaligus mencerahkan kulit, tergantung Anda memilih brand apa. Soalnya jenisnya cukup banyak. Ada yang dari Silk & Beauty, Radiant Rose, dll.

Demikian juga dengan hand cream Korea, Anda mungkin bisa membelinya secara online. Tapi sebelum membeli, pastikan bahwa produk tersebut sudah mengantongi izin BPOM dan aman untuk digunakan. Pastikan bahwa produk yang Anda beli adalah produk asli.

Intensitas pemakaian handcream

Ada dua pendapat ahli tentang intensitas pemakaian krim tangan, yakni:

  • Krim tangan baiknya digunakan setelah Anda mencuci tangan atau saat kulit terasa sangat kering.
  • Pendapat lain menyebut bahwa krim tangan baiknya digunakan sebelum tidur dan sebelum bepergian.

Cara memakai handcream dan cara mengatasi greasy

Manfaat hand cream bisa didapatkan dengan optimal jika penggunaannya benar. Yaitu dengan berfokus pada lengan dan bagian yang sering terpapar sinar matahari dan cepat kering.

Tapi ada masalah baru, yakni efek berminyak setelah pemakaian krim tangan.

Bagaimana solusi untuk efek berminyak saat memakai krim tangan ini? Begini penjelasannya:

Salah satu alasan kenapa orang malas menggunakan krim tangan adalah efek greasy. Greasy artinya efek berminyak yang dirasakan setelah seseorang menggunakan krim. Tenang saja, perasaan seperti ini kadang hanya berupa sugesti.

Namun, jika memang benar adanya tangan Anda terasa lengket dan berminyak saat menggunakan krim, solusinya adalah dengan mencari handcream dengan tekstur seperti lotion.

Jika tidak ada, gunakan produk dengan kandungan SPF yang hasil akhirnya matte. Gunakan produk ini di siang hari yang memang rentan lebih berminyak dibanding malam.

Anda juga bisa mengoleskan krim tangan sebelum tidur, lho! Kalaupun teksturnya terasa lengket, tak akan mengganggu aktivitas Anda karena langsung tidur. Jadi, selama Anda tidur krim tangan tetap akan menutrisi kulit dengan baik.

Jika cara ini masih juga mengganggu, tutup tangan menggunakan sarung tangan saat Anda tidur sampai krim tersebut terserap kulit dan Anda tertidur.

Ketika bangun di pagi hari, Anda bisa mengaplikasikan hand lotion di bagian tangan yang paling kering.

Memakai krim tangan secara rutin

Sebagaimana disebut di atas, kulit tangan layaknya kulit wajah yang bisa menua. Dengan merawat tangan, berarti Anda juga menghindarkan efek penuaan pada kulit.

Kulit juga akan jauh lebih segar, elastis, kenyal, dan sehat dengan perawatan secara rutin.

Itulah beberapa manfaat hand cream untuk perawatan kulit tangan yang intensif dan sesuai dengan kondisi kulit. Anda bisa membeli krim tangan recommended yang bisa mengatasi masalah kulit Anda dengan lebih intens. Terlebih buat Anda yang punya riwayat kulit tangan kering dan pecah-pecah.

Jika ingin merasakan kegunaan hand cream secara efektif, imbangi dengan pola hidup sehat dan perbanyak minum air.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.