Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

8 Makanan Sehat Pengganti Kopi untuk Begadang

Diperbarui terakhir: 28 Oktober, 2014


8 Makanan Sehat Pengganti Kopi untuk Begadangbegadang di malam hari menjadi keharusan bagi sebagian orang, khususnya mereka yang bekerja di malam hari. Entah sebagai penjaga toko, penjaga gedung, maupun satpam yang harus menjaga lokasi kompleks perumahan. Jika Anda amati, mungkin kopi, TV, dan catur adalah teman mereka setiap harinya. Ketiga hal tersebut disinyalir dapat membuat seorang akan bertahan melek sampai pagi untuk menjalankan tugasnya. Dari tiga hal yang saya sebutkan tadi, ada salah satu minuman yang paling favorit untuk begadang, yakni kopi. Sayangnya, studi sudah membuktikan bahwa konsumsi berlebih minuman ini akan berimbas langsung ke kesehatan, khususnya jantung. Lantas, bagaimana baiknya? Agar Anda tetap melek dan melaksanakan tugas sedang kesehatan tubuh juga tetap terjaga? Jawaban atas kerisauan Anda ini kami rangkum dalam 8 makanan sehat pengganti kopi saat Anda begadang seperti kami lansir dari Magforwomen berikut ini. Simak.

8 makanan sehat penganti kopi untuk begadang

Makanan Sehat Pengganti Kopi untuk Begadang

Agar tidak mudah ngantuk, Anda bisa memilih salah satu atau lebih dari makanan berikut ini;

Pertama, air dingin

Satu barang yang paling murah, mudah dan sehat untuk Anda di malam hari adalah air putih. Pilihlah air putih dingin dan konsumsilah setiap 30 menit sekali. Hal ini akan membuat Anda merasa segar dan akan sering ke kamar kecil untuk buang air kecil.

Kedua, biji-bijian

Seluruh biji-bijian bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti kopi. Biji-bijian seperti gandum dan sereal mengandung kadar gula rendah dan tingkat vitamin B kompleks yang tinggi sehingga akan merangsang otak agar selalu terjaga. Makanlah biji-bijian ketika rasa kantuk Anda mulai menyerang lagi.

Ketiga, keju

Kandungan tiamin dalam keju sangatlah banyak. Tiamin memiliki fungsi untuk membuat Anda selalu bersemangat, bugar, dan tetap waspada. Anda bisa mengombinasikan keju dengan roti gandum untuk membangunkan mata Anda yang sudah mulai mengantuk di malam hari.

Keempat, kismis

Seperti halnya keju, kismis pun mengandung tiamin dalam jumlah yang banyak. Tiamin dari kismis akan membantu mengalirkan hormon ke otak sehingga dia tetap bangun. Anda bisa menjadikan kismis sebagai camilan saat lembur di kantor.

Kelima, apel

Makanan sehat pengganti kopi untuk begadang selanjutnya adalah apel. Ambillah apel merah yang segar dan dingin dari kulkas Anda. Kandungan besi dari apel merah ini akan membantu produksi oksigen dalam tubuh Anda. Ketika oksigen dalam tubuh sudah tercukupi, maka rangsangan ke otak juga akan semakin baik.

Baca juga : 6 Manfaat Bangun Pagi yang Harus Anda Tahu, Wajib Baca!

Keenam, tomat

Buah merah segar ini juga berkhasiat untuk membangunkan mata Anda dari rasa kantuk. Vitamin C dari tomat akan mencegah Anda dari rasa kantuk sehingga Anda akan tetap terjaga.

Kacang hijau

Pilihlah kacang-kacangan yang mengandung vitamin B12. Konsumsi ini akan memberikan manfaat baik untuk sistem saraf Anda. Kunyahlah kacang selama Anda bekerja sepanjang malam. Tetap sehat dan bugar.

Kenari

Terakhir, kacang kenari kaya akan asam lemak omega-3. Dorongan energi dari asam lemak ini akan membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam.

Itulah informasi tentang 8 makanan sehat pengganti kopi untuk begadang yang bisa Anda konsumsi. Sehat dan tetap bugar sepanjang malam. Semoga bermanfaat.

hindayani.com

Leave a Reply