Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Yuk Cari Tahu Adab Berpuasa Biar Makin Sip Puasanya

Diperbarui terakhir: 20 Juni, 2015


Adab berpuasa baik saat Ramadhan maupun tidak (puasa sunnah, nadzar, atau yang lainnya) memang perlu diketahui. Guna menyempurnakan ibadah puasa yang kita jalankan tentunya. Secara sederhana, kami akan memaparkan beberapa adab saat puasa buat Anda semua. Silakan disimak ya?

Ini nih adab berpuasa yang perlu Anda ketahui

Yuk Cari Tahu Adab Berpuasa Biar Makin Sip Puasanya 2

Pada dasarnya, berpuasa itu menahan diri dari makan, minum, dan hawa nafsu bukan? Ini adab-adabnya supaya bisa lebih memahami makna puasa.

Menjaga pandangan

Banyak sekali perkara yang haram untuk dilihat. Jadi, selama kita memiliki mata dan dikarunai nikmat untuk melihat, sebaiknya kita menjaga pandangan dari perkara yang haram itu. Supaya pahala puasa kita bisa baik dan tidak rusak.

Menjaga lisan dan perkataan

Banyak sekali godaan yang datang saat berpuasa, salah satunya adalah ajakan untuk ghibah baik secara sengaja maupun tidak. Agar puasanya makin baik, adab puasa kedua adalah dengan menjaga lisan (perkataan) dari hal-hal buruk seperti ghibah atau menggunjingkan orang. Tidak hanya itu, menjaga lisan juga bisa dilakukan dengan tidak melakukan sumpah palsu, berbohong, menghasud orang lain, mengadu domba, dan yang lainnya. Mengenai hal ini, ada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Hakim yang menjelaskan bahwa puasa tidak hanya menahan makan dan minum saja. Namun juga menahan dari perkataan keji dan tidak ada gunanya.

Menjaga telinga

Selain penglihatan dan lisan, telinga sebagai alat untuk mendengar juga harus dijaga. Dalam hal ini, sebaiknya dijaga dari mendengarkan hal-hal yang haram. Sebaliknya, untuk menambah pahala ibadah berpuasa, sebaiknya kita mendengarkan hal-hal yang baik seperti mendengarkan tartil qur’an, sholawat, ceramah agama, dan yang lainnya.

Yuk Cari Tahu Adab Berpuasa Biar Makin Sip Puasanya 1

Menjaga semua anggota tubuh

Tak hanya panca indera, anggota tubuh juga perlu dilakukan, lho? Dalam hal ini, tidak hanya soal menjaga anggota tubuh saat berpuasa saja, melainkan saat berbuka dan sahur juga. Misalnya dengan tidak mengonsumsi makanan haram saat sedang sahur dan berbuka. Hal ini menjadi salah satu aktivitas untuk menjaga anggota tubuh berupa perut dari barang haram, bukan? Mengenai hal ini, ada hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang menjelaskan bahwa berapa banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan apa-apa selain rasa lapar saja.

Sementara itu, perumpamaan untuk orang yang makan halal saat berpuasa dan makan haram saat sedang berbuka diibaratkan seperti pembangunan sebuah gedung yang bisa menghancurkan kota. Jadi, mari kita jaga semua anggota tubuh kita dari perkara maksiat saat puasa di siang hari dan malam hari ya?

Adab saat berbuka

Yang menjadi perhatian saat kita sedang berbuka puasa adalah apa yang kita makan. Ya, biasanya kita cenderung makan berlebihan sampai kekenyangan, atau memilih makanan yang mahal. Namun, ini bukan adab baik saat puasa lho? Sangat disarankan untuk makan sekedarnya ketika kita sedang berbuka, jangan sampai berlebihan dan kekenyangan. Karena merujuk pada hadits nabi sebaiknya seorang muslim berhenti makan sebelum kenyang.

Rasanya tidak sulit kok melakukan adab berpuasa di atas kalau kita mau, jadi, mau coba?