17 Ciri Postur & Macam-Macam Bentuk Tubuh Wanita Ideal

Bentuk Tubuh Wanita yang Ideal

Kita bisa melihat macam-macam bentuk tubuh wanita di sekitar kita. Dari lingkungan keluarga hingga lingkungan sekitar. Namun percayalah, tak peduli apa pun body wanita yang ada di diri Anda, Anda tetaplah cantik.

Bentuk tubuh bukanlah ukuran kecantikan seseorang. Sebab cantik tak hanya dilihat dari luar. Tapi lebih dari itu, kecantikan juga keluar dari dalam diri seseorang.

Namun demikian, sebagai wanita yang peduli dan mau merawat diri, memiliki postur tubuh ideal wanita adalah sebuah idaman. Tak heran bila banyak yang melakukan olahraga untuk mendapatkan bentuk body goal wanita yang sesuai dengan impian.

Nah, sebelum memulai olahraga untuk mendapatkan bentuk badan ideal, Anda harus tahu dan mengenali dulu postur badan Anda saat ini. Sehingga jauh lebih mudah mengatur golnya.

Mengenali postur tubuh Anda juga memudahkan Anda dalam memilih model baju yang pas, lho. Apa saja macam dan jenis bentuk tubuh pada wanita dan apa saja ciri-ciri tubuh ideal wanita itu?

Dalam artikel ini kami akan membahasnya secara lebih detail disertai dengan gambar bentuk tubuh wanita ideal.

Macam-macam bentuk tubuh wanita ideal dan ciri-ciri tubuh ideal wanita

  Macam-macam bentuk tubuh wanita

1. Persegi panjang / lurus

Bentuk tubuh ini dikenal dengan nama body supermodel, lurus, rectangular, atau ruler body. Ciri-ciri body goals ini adalah berpostur lurus. Selain itu, bentuk pinggangnya tidak terlalu kentara dan tidak terlalu terlihat melengkung.

Jika ukuran lingkar perut, dada, pundak, dan pinggang Anda cenderung sama. Itu artinya Anda adalah salah satu pemilik bentuk tubuh persegi panjang atau lurus.

Gaun adalah pakaian yang cocok dikenakan pada bentuk tubuh lurus. Agar terlihat ramping Anda bisa memakai ikat pinggang.

2. Bentuk tubuh apel

Macam-macam bentuk tubuh wanita berikutnya adalah bentuk apel.

Bentuk tubuh ini ditandai dengan payudara yang lebih besar dibanding pinggul. Bahu terlihat bundar dan pinggang tidak jelas. Sementara kaki dan lengan terlihat lebih ramping, pinggul berukuran lebih kecil.

Ketika Anda bertambah berat badan, maka biasanya yang lebih cepat besar ukurannya adalah tubuh bagian atas.

Pakaian yang cocok digunakan salah satunya adalah gaun A-line dengan pilihan bahan yang lembut.

3. Bentuk tubuh pir / segitiga

Ciri-ciri tubuh ideal wanita bentuk pir adalah lingkar dada kecil, pinggul terlihat berlekuk dan besar. Postur tubuh ideal wanita ini dikenal juga dengan bentuk tubuh segitiga.

Jika Anda memiliki bentuk tubuh ini, sebaiknya hindari gaun atau rok balon dan rok ketat.

4. Postur tubuh ideal wanita: jam pasir

Salah satu bentuk tubuh ideal idaman semua wanita adalah jam pasir. Ini merupakan postur tubuh wanita yang terbilang seimbang.

Ditandai dengan area bokong dan lingkar payudara yang terlihat presisi dan seimbang. Kemudian bagian lingkar pinggang terdefinisi dengan baik alias ramping.

Sementara itu, bagian bahu memiliki sudut yang lembut, terlihat seperti membulat. Bagian ini memiliki posisi yang terlihat sejajar dengan area bokong. Bagian kaki dan lengan juga terlihat sangat proporsional dengan bagian tubuh lainnya.

Jika Anda memiliki ciri bentuk tubuh di atas, maka bisa dipastikan Anda memiliki tubuh jam pasir. Nah, untuk urusan pemilihan pakaian sebaiknya hindari gaun yang longgar dan tak berbentuk. Hindari juga perhiasan yang mencolok.

5. Tipe tubuh wanita berbentuk oval

Bentuk Tubuh Wanita Ideal

Jika Anda memiliki payudara yang ukurannya lebih besar dibanding bagian tubuh lainnya, pinggul sempit, dan terlihat penuh di bagian tengah. Maka itu tandanya bentuk tubuh Anda adalah oval.

Bentuk tubuh ini juga dikenal dengan body wanita yang lonjong. Ciri lainnya adalah pinggang tidak terlalu jelas dan menjadi bagian terluas dari tubuh. Bagian kaki ramping sedangkan bokongnya rata.

Jika seorang wanita dengan bentuk oval ini mengalami kenaikan berat badan, maka yang pertama kali terlihat besar adalah bagian perutnya.

Wanita dengan bentuk tubuh ini tidak cocok menggunakan baju jins atau celana yang ujungnya runcing. Sebaliknya, bentuk tubuh oval cocok dengan baju kaos V neck, kemeja U neck. Menggunakan rok dan jaket bisa memperamping bagian tengah tubuh.

Baja juga 8 Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Cara Membuatnya.

6. Body wanita berbentuk berlian

Ciri-ciri postur tubuh wanita satu ini adalah pinggul yang melebar, lebar payudara yang sempit dan sejajar dengan bahu. Seperti bentuk badan wanita oval, tubuh berlian juga memiliki bagian tengah tubuh yang terkesan penuh.

Sedangkan lengannya ramping dan indah. Sementara bagian kaki terbentuk dengan baik dan merupakan yang terindah.

Jika mengalami kenaikan berat badan, perut dan pingganglah yang paling terlihat pertama kali.

Untuk tubuh berlian, pakaian yang sebaiknya dihindari adalah celana panjang atau rok pensil. Celana-celana yang ujungnya runcing.

7. Bentuk tubuh jam pasir atas – top hourglass

Ciri-ciri bentuk tubuh wanita ideal top hourglass ini mirip dengan jam pasir biasa. Bedanya terletak pada bagian pinggang. Di mana bentuk pinggang terbaik dibandingkan dengan bentuk pinggang lain adalah bentuk pinggang top hourglass.

Bagian bahu terlihat sedikit membulat. Sementara bagian bokongnya lebih besar dibandingkan bagian pinggul.

Bentuk tubuh ini terlihat sangat proporsional dan kakinya sangat bagus bentuknya.

Pakaian yang tidak disarankan adalah kemeja kotak-kotak, jaket atau pakaian yang longgar, dll.

8. Bentuk tubuh kurus

Ciri-ciri tipe tubuh wanita ini adalah panggul dan bahu yang sejajar. Struktur tulangnya kecil, kaki, dan tangan terlihat ramping. Rahang sangat tegas dan jelas. Sementara bagian bokongnya rata.

Yang paling enak dari bentuk tubuh ini adalah, saat melakukan diet sehat menurunkan berat badan, bentuk tubuh kurus bisa langsung turun BB dalam sekejap. Tapi susah naik berat badan.

Pemilik bentuk badan wanita ini cocok sekali mengenakan rok balon, celana yang meruncing, daun flowy, dll.

Hindari memakai celana jins warna gelap, celana panjang, baju atau gaun dengan atasan kurus.

9. Postur tubuh wanita yang atletik

Bentuk tubuh atletik mengisi daftar selanjutnya dalam macam-macam bentuk tubuh wanita. Bentuk tubuh ini sering disebut sebagai bentuk tubuh yang paling seksi, lho!

Yang menarik dari bentuk tubuh ini adalah kencang dengan lekuk tubuh yang bagus. Meski bahu dan pahanya berotot, betisnya tetap terlihat kencang.

Sementara bagian bahu terlihat tegap. Dan lehernya jenjang. Agar mudah membedakannya dengan bentuk tubuh lainnya, ciri khusus dari bentuk tubuh ini terlihat di bagian lengan yang kencang tampak seperti berotot pada porsinya.

10. Bentuk tubuh segitiga terbalik kecil

Bentuk tubuh ini juga disebut dengan bentuk badan wanita terompet kecil. Tipe tubuh wanita ini dicirikan dengan bahu yang luas, kaki yang ramping, dan pinggul yang kecil.

Anda tahu Naomi Campbell? Seperti itulah gambaran bentuk tubuh satu ini.

Bagian pinggang bentuk tubuh ini memang tidak begitu jelas. Tapi jika dilihat secara keseluruhan pada bagian atas, bentuk tubuh ini sangat memukau.

11. Bentuk badan wanita lolipop

Postur Tubuh Wanita Bentuk Lolipop

Angelina jolie adalah contoh pemilik bentuk tubuh wanita ideal ini. Ditandai dengan bagian dada yang penuh, kaki jenjang, pinggul ramping, dan bahu luas.

12. Bentuk tubuh sendok pada perempuan

Seperti apa sih bentuk tubuh ini, namanya unik sekali. Bentuk badan wanita yang satu ini memang benar ada. Cirinya adalah pinggul lebar. Saking bagus dan idealnya, pemilik bentuk tubuh ini memiliki siluet mirip angka 8.

Ketika bertambah berat badan, bagian yang paling terlihat besar adalah perut, lengan, dan paha.

Dari macam-macam bentuk tubuh wanita di atas kita bisa melihat bahwa semua bentuk tubuh punya positif dan negatifnya masing-masing. Terus mensyukuri apa yang diberikan oleh Tuhan dan menjaganya dengan baik adalah cara yang baik.

Hindayani, S.Si.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *