8 Tips Cara Memilih Bulu Mata Palsu Natural Sesuai Bentuk Mata

Share

Salah satu cara memilih bulu mata palsu adalah menyesuaikannya dengan bentuk mata. Dengan penyesuaian ini, akan jauh lebih mudah menemukan bulu mata palsu untuk mata sipit, mata almon, dan bentuk mata lainnya.

Menyesuaikan macam-macam bulu mata palsu dengan bentuk mata juga menjadi salah satu cara memilih bulu mata palsu natural. Tampilan wajah menjadi lebih cantik secara alami. Kesan seimbang di wajah juga makin terasa jika Anda bisa menemukan bulu mata palsu secara tepat.

Masalahnya, tidak banyak wanita yang tahu jenis atau bentuk matanya sehingga sulit sekali untuk menemukan bulu mata yang pas.

Di sini, kami akan mencoba memberikan beberapa gambar dan ciri mata berikut bulu matanya sehingga bisa membantu Anda dalam menentukan bentuk bulu mata yang pas.

Baca ini yuk! 8 cara memilih bulu mata palsu natural: dari mata sipit sampai close set eyes

Agar makin cantik, simak tips memilih bulu mata palsu berdasarkan bentuk mata yang kami ulas di bawah ini:

1. Bulu mata palsu untuk mata sipit dan monolid

Jika Anda memiliki mata sipit atau memiliki kelopak mata segaris (monolid), maka pakailah bulu mata yang helaiannya panjang. Atau Anda juga bisa memilih bulu mata yang tumpukannya berlapis.

Kedua jenis bulu mata palsu ini bisa membuat tampilan mata Anda terlihat lebih terbuka, cantik, dan bulu mata terlihat lebih tebal.

Namun, berhati-hatilah dalam memilih ketebalan bulu mata. Jangan langsung yang sangat tebal karena salah pilih bisa membuat tampilan mata menjadi kurang pas.

Tak hanya memilih bulu mata palsu untuk mata sipit dan monolids yang pas, Anda juga harus pandai dalam memakai riasan mata seperti eyeshadow dan eyeliner. Karena salah riasan bisa jadi akan berakibat fatal.

2. Hooded eyes

Apa itu hooded eyes? Bentuk mata hooded eyes ini bisa Anda lihat pada Jennifer Lawrence dan Nicole Kidman.

Yaitu satu bentuk mata yang punya kelopak mata. Akan tetapi saat si empunya membuka mata, kelopak mata ini tak bisa jelas terlihat. Hal ini karena hooded eyes memiliki tulang alis yang menonjol.

Memilih bulu mata untuk hooded eyes itu gampang-gampang susah. Sebab jika kita salah memilih bisa membuat mata terlihat lebih turun dan kecil.

Untuk membuat mata terlihat terbuka secara imbang, pakailah bulu mata palsu yang panjang tepat di atas pupil. Atau dengan kata lain, pakailah bulu mata yang mempunyai helaian panjang, rapat, dan tebal dengan bagian tengah mata sebagai start-nya.

Yuk disimak cara memakai pensil alis tanpa mencukur alis.

3. Upturned – eyes

Tips memilih bulu mata palsu natural berikutnya adalah untuk bentuk mata upturned eyes. Bentuk mata ini ditandai dengan sudut luar mata yang terlihat lebih tinggi dibanding sudut dalam mata. Artis yang memiliki jenis mata ini adalah Taylor Swift.

Model bulu mata palsu yang tepat adalah bulu mata yang melebar di bagian sudut luar. Kalau pakai eyeliner, pilihan yang cocok adalah cat-eye. Anda tentu sering mehat Taylor swift cantik dengan bentuk gambar eyeliner ini ya?

4. Model bulu mata palsu untuk protuding eyes

Protuding eyes adalah bentuk mata yang terlihat menonjol atau cembung dengan indah. Contoh protuding eyes dimiliki oleh Olivia Palermo.

Jika Anda memiliki jenis mata ini, pakailah gambar bulu mata yang memberikan kesan dramatis. Boleh yang helaiannya panjang dengan ketebalan yang pas. Akan sangat indah jika bagian ujung atau sudut luar mata tampak lebih panjang dan lentik.

5. Deep Set Eyes

Cara memilih bulu mata palsu natural untuk deep set eyes cukup mudah. Pemilik mata ini dikaruniai dengan mata yang terlihat anggun. Anda harus menonjolkan mata bulat dan besar yang Anda miliki.

Carilah bulu mata yang ekstra panjang, melengkung atau lentik, dan tampak menjauh dari mata Anda. Salah satu artis pemilik mata anggun ini adalah Natalie Portman.

6. Almond eyes – Bulu mata palsu untuk mata almon

Apakah Anda penggemar Beyonce? Jika iya, maka pasti Anda bisa mengenali dengan mudah bentuk mata almon.

Bentuk mata almon ini layaknya bentuk wajah oval. Bisa cocok-cocok saja dengan sebagian besar bentuk mata palsu. Jadi, menemukan bulu mata yang pas juga tidak sulit. Justru sangat mudah.

Tonjolkan riasan dan tampilan mata Anda dengan bentuk mata yang penuh, bervolume, dan panjang secara merata. Bahkan, Anda bisa menggunakan bulu mata anti-badai ala Syahrini, lho!

7. Round eyes – bulu mata palsu untuk mata bulat

Jika Anda dapat melihat sebagian besar iris mata Anda, maka bentuk mata Anda adalah bulat. Jika demikian pilihan bulu mata yang tepat adalah bulu mata yang lentik banget. Tujuannya adalah untuk mengangkat dan menaikkan lengkungan kelopak mata atas.

Kemudian, jangan pakai bulu mata yang rapat dan sangat tebal sebab bisa membuat mata terlihat lebih kecil dan tampak rata.

Contoh artis yang memiliki bentuk mata bulat adalah Katy Perry dan Nicole Richie.

8. Close set eyes – Mata yang berdekatan

Contoh artis yang memiliki close set eyes ini adalah Kristen Stewart. Ditandai dengan jarak antar dua sudut mata terlihat pendek atau matanya berdekatan.

Bulu mata yang pas untuk close set eyes ini adalah bulu mata yang menonjolkan pada bagian sudut luar. Tonjolkan bagian tersebut dengan memanjangkan dan mengangkatnya ke bagian luar. Sementara untuk sudut mata bagian dalam, biarkan tipis.

Anda tidak disarankan untuk memilih bulu mata yang ketebalannya sama dari ujung sampai ke ujung lainnya. Pilihlah bulu mata yang tipis bagian dalam kemudian menebal secara bertahap hingga bagian sudut luar mata.

Tips memilih bulu mata palsu dengan cara menentukan bentuk mata secara tepat

Apakah Anda merasa kesulitan menentukan bentuk mata Anda? Jika iya, berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan bentuk mata yang pas.

  1. Bercerminlah dan lihat secara baik-baik dan full pada mata Anda.
  2. Lihat dengan cermat apakah Anda bisa melihat iris secara sempurna atau ada bagian yang tertutup.
  3. Lihat ke bagian kelopak mata, apakah ada lipatan atau tidak di sana. Jika mata Anda tidak memiliki lipatan (hanya segaris), artinya Anda memiliki satu kelopak (monolid). Kalau ada kelopak dobel atau bertumpuk, maka namanya adalah double eyelids. Orang Indonesia kebanyakan memiliki bentuk mata bulat dengan double eyelids. Sementara orang Korea kebanyakan monolid.
  4. Bayangkan ada garis horizontal yang membagi secara sama antara mata bagian atas dan bawah. Jika sudut mata Anda berada di bawah garis horizontal tersebut, maka Anda memiliki downturned eyes Sebaliknya, jika sudut mata Anda terletak di atas garis tersebut, maka Anda memiliki upturned eyes.
  5. Selanjutnya, lihat kembali di bagian kelopak mata. Buka mata Anda lebar. Jika kelopak mata Anda tersembunyi berarti mata Anda bertudung / hooded eyes.
  6. Untuk menentukan apakah mata Anda bulat atau almon, lihatlah pada bagian putih mata Anda. Di bagian putih tersebut ada selaput pelangi. Jika Anda bisa melihat bagian putih di sekeliling selaput pelangi tersebut, maka Anda memiliki mata bulat. Jika tidak ada maka mata Anda adalah bentuk mata almon.

Nah kalau sudah selesai memilih, yuk disimak cara memakai bulu mata palsu sendiri.

Demikianlah cara memilih bulu mata palsu natural untuk mata sipit, mata almond, bulat, menonjol, dan yang lainnya. Anda bisa menentukan bentuk mata yang pas dengan melihat secara detail mata Anda di cermin.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.