9 Manfaat Moringa & Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Kelor

Share

Daun kelor merupakan salah satu bagian dari tanaman yang cukup mudah dijumpai di Indonesia, yaitu kelor atau limaran atau moringa. Jika Anda masih belum tahu yang mana daun kelor, Anda bisa melihat gambar daun kelor dalam artikel ini.

Manfaat moringa ini sangat banyak. Bahkan, Anda bisa mencoba cara memutihkan wajah dengan daun kelor Tidak percaya? Simak ulasan berikut.

Pohon kelor biasanya tidak dibudidayakan secara sengaja. Namun, karena memang tempat hidupnya di daerah tropis, kelor masih bisa ditemukan di Indonesia dengan mudah. Dan memang pohonnya cukup tahan terhadap cuaca.

Kelor yang juga disebut merunggai dan memiliki nama ilmiah Moringa oleifera. Tanaman ini termasuk tanaman seribu manfaat. Sebab tak hanya daunnya yang bisa dimanfaatkan. Hampir semua bagian dari tanaman ini memiliki manfaat yang baik untuk manusia.

Bijinya bisa dibuat minyak, buahnya bisa dipakai untuk sayuran, dan bunganya dipakai untuk kesehatan. Terakhir manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan lah yang paling terkenal.

Tak heran bila dewasa ini banyak sekali produk kecantikan yang mengenalkan daun moringa sebagai salah satu bahan utama. Ekstraksi dari daun ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk perawatan kulit.

Penasaran kan? Siapa tahu kita bisa menggunakan daun kelor secara langsung dan merasakan manfaatnya agar bisa melakukan perawatan secara murah bahkan gratis.

Ini 9 manfaat daun kelor untuk wajah dan kecantikan kulit

Meski sudah banyak yang tahu soal daun moringa, masih ada juga yang belum jelas tentang tanaman ini. Berikut adalah gambar daun kelor dan manfaat daun kelor untuk kecantikan. Siapa tahu ternyata ada di sekitar Anda dan selama ini dibiarkan karena tidak tahu manfaatnya.

1. Sebagai agen anti-aging

Umur boleh bertambah, tapi wajah tetap harus kencang seperti saat muda. Itulah yang diidamkan oleh banyak wanita.

Kerutan-kerutan di wajah yang merupakan tanda penuaan pun harus segera dihilangkan. Dan daun kelor punya manfaat ajaib tersebut.

Hal ini karena daun moringa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dengan kandungan ini, saat Anda membuat masker daun kelor, maka bisa dengan efektif membuat kulit lebih kencang.

Dengan kulit yang kencang, tanda-tanda penuaan seperti:

  1. Kulit kusam
  2. Kerutan
  3. Kulit tak sehat

Bisa dihindari dengan lebih mudah.

Maka dari itu, dari sekarang Anda bisa memakai masker daun kelor secara rutin.

2. Pencerah kulit

Sekarang, banyak sekali brand yang menyertakan limaran sebagai salah satu bahan untuk membuat produk pembersih. Hal ini terkait dengan khasiat daun kelor untuk wajah, menghindarkan wajah dari kekusaman, dan mencerahkannya.

Anda bisa membuat masker sebagai salah satu cara memutihkan wajah dengan daun kelor.

3. Proses detoksifikasi

Di atas adalah gambar daun kelor kering yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah.

Kecantikan wajah tentu akan makin terpancar dengan bantuan kecantikan dari dalam. Untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan cantik, kita juga perlu memberikan vitamin untuk tubuh. Dan kelor memiliki manfaat tersebut.

Secara umum, daun kelor bisa dipakai untuk mengikat racun dan ion negatif yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian, kelor akan membantu proses detoksifikasi dan menjadikan tubuh lebih bugar dan sehat.

Dengan tubuh yang bugar, wajah yang cantik dan segar juga bisa didapatkan.

4. Manfaat daun kelor untuk kecantikan kulit wajah lebih segar

Jika Anda adalah wanita yang lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan berada di panas-panasan, maka sesuatu yang dapat menyegarkan wajah adalah item yang sangat penting.

Untuk itu, Anda bisa membuat spray dari bahan daun kelor.

Semprot wajah ini bisa dipakai di mana saja saat Anda butuh kesegaran. Sebab daun kelor merupakan salah satu sumber kesegaran alami.

5. Mengecilkan pori-pori

Tentu tak ada wanita yang mau memiliki pori-pori yang besar karena cukup mengganggu pemandangan.

Sewaktu pakai makeup memang bisa ditutup, tapi bagaimana jika sedang tidak pakai makeup?

Apalagi pori-pori besar juga rentan dimasuki debu atau sisa riasan. Kemudian akan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat bila dibiarkan.

Nah, manfaat daun kelor untuk wajah selanjutnya adalah untuk merapatkan pori-pori. Membuatnya menutup sehingga tidak akan dimasuki benda asing dari luar.

Hasilnya, kulit akan terhindar dari kusam dan tumbuhnya jerawat.

6. Melembabkan bibir

Tinggal di daerah yang dingin? Atau memang sudah punya kulit kering? Punya bibir kering yang sering pecah-pecah sampai berdarah?

Jangan khawatir, jika ada daun kelor Anda bisa membuat pasta yang bisa dioleskan di bibir. Tujuannya adalah untuk melembabkan bibir.

Penggunaan langsung pada bibir juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus memberikan warna pada bibir Anda.

Selain lembab, hasil yang bisa didapatkan dari perawatan menggunakan daun kelor ini adalah terhindar dari bibir yang berwarna kehitaman. Termasuk bagian tepi bibir.

7. Manfaat daun kelor untuk jerawat

Selain mengandung antioksidan, kelor juga memiliki kandungan anti bakteria dalam jumlah yang sedikit. Keduanya secara bersama bisa membantu menghilangkan jerawat.

Atau secara umum mengatasi masalah jerawat yang membandel di wajah. Kelor juga bisa membantu mengecilkan jerawat yang baru mulai tumbuh sekaligus mencegah timbulnya jerawat dengan mengontrol minyak yang ada di wajah.

Selanjutnya kelor juga membersihkan pori-pori dan memperkecilnya sebagaimana yang ditulis di atas.

Anda bisa menggunakan masker daun kelor seperti gambar daun kelor di atas secara teratur agar hasilnya lebih efektif.

8. Antioksidan yang tinggi

Daun kelor mengandung setidaknya 30 antioksidan yang secara langsung membuat kulit menjadi sehat. Benda ini juga mudah diserap oleh kulit sehingga kulit pun bisa mendapatkan manfaat antioksidannya dengan cepat.

9. Mengandung sulfur

Tahukah Anda jika daun kelor mengandung sulfur atau belerang? Perlu diketahui bahwa di setiap sel tubuh terdapat mineral yang merupakan bahan utama terbentuknya kolagen dan keratin.

Keratin adalah zat kaku yang fungsinya adalah untuk memberikan kekuatan dan efek kaku pada kulit. Kolagen adalah zat elastis yang fungsinya adalah untuk memberikan efek lentur dan lembut pada kulit.

Keratin dan kolagen merupakan 2 zat yang menjadi pembentuk mayoritas jaringan kulit manusia. Maka dari itu, sulfur sangat penting untuk menjaga elastisitas dan memberi kekuatan pada kulit Anda.

Dari sini, apakah Anda tertarik untuk mencoba masker daun kelor agar bisa mendapatkan manfaat daun kelor bagi kecantikan kulit?

Manfaat moringa untuk kesehatan

Selain bisa berfungsi untuk kesehatan kulit, kelor juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kesehatan tubuh secara umum.

Salah satu manfaat kesehatan yang paling terlihat adalah kandungan zat besi dari daun kelor yang sangat banyak. Bahkan 3 kali lipat dari daun bayam.

Moringa juga mengandung asam amino lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, mengatur, dan memperbaiki sel-sel.

Daun kelor juga bisa meningkatkan energi tubuh dengan cara yang alami. Hasil energi yang didapatkan juga dapat bertahan lama. Tak hanya sebentar lalu hilang.

Di samping itu, kelor juga dikaitkan sebagai anti inflamasi, bisa meredakan peradangan. Mengatasi masalah luka (borok), menyembuhkan tumor, mengontrol tekanan darah, mengatasi masalah mata (misal: katarak) dan mengurangi radang sendi juga merupakan manfaat daun kelor bagi kesehatan.

Cara memutihkan wajah dengan daun kelor

Sebagaimana yang tertulis di atas bahwa salah satu manfaat daun kelor adalah untuk mencerahkan wajah. Untuk itu, Anda bisa mencoba cara memutihkan wajah dengan daun kelor berikut ini:

Pakai daun kelor saja

Cara mencerahkan wajah dengan daun kelor ini sangat sederhana. Berikut bahan, alat, dan langkah dalam cara membuat masker daun kelor yang simpel:

  1. Siapkan beberapa lembar daun kelor
  2. Tumbuk daun tersebut sampai halus
  3. Balurkan masker kelor ke wajah secara merata dan biarkan meresap ke kulit selama kurang lebih 20 menit.
  4. Bilas wajah dengan air bersih dan rasakan bedanya setelah pakai masker moringa ini.

Perawatan di atas bisa Anda lakukan dua sampai tiga kali dalam satu minggu secara aman.

Tambahkan minyak zaitun dan beras

Untuk memperkaya fungsi dan manfaat daun kelor bagi kecantikan wajah Anda, coba cara memutihkan wajah dengan daun kelor berikut ini:

  1. Siapkan beberapa lembar daun kelor kemudian tumbuk sampai halus.
  2. Dalam wadah terpisah, siapkan beras dan tumbuk.
  3. masukkan hasil tumbukan beras ke dalam wadah kelor yang sudah halus.
  4. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun lalu aduk sampai tercampur rata.
  5. Jika sudah terbentuk pasta masker, pakailah pada wajah Anda.
  6. Tunggu sampai masker kering sambil bersantai.
  7. Bilas wajah pakai air yang bersih.
  8. Kemudian keringkan dengan handuk.
  9. Ditepuk-tepuk saja, jangan diusap ya?

Anda bisa melakukan perawatan menggunakan masker daun kelor, beras, dan minyak zaitun ini satu kali dalam seminggu.

Cara membuat masker daun kelor dengan cara direbus

Pernahkah Anda merebus daun kelor? Ternyata air rebusan daun kelor bisa dipakai di wajah sebagai masker untuk memutihkan dan mencerahkan secara alami, lho. Berikut langkahnya:

  1. Siapkan daun kelor dan rebus dengan air secukupnya.
  2. Pada saat merebus, perhatikan air rebusannya. Jika kandungan daun kelor sudah larut dalam air selama proses merebus, matikan api kemudian dinginkan.
  3. Pakai air daun kelor yang sudah dingin pada wajah Anda.
  4. Diamkan beberapa saat agar kandungan kelor dan manfaat baiknya terserap oleh kulit.
  5. Bilas menggunakan air bersih.

Itulah cara memutihkan wajah dengan daun kelor yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Mau yang sederhana atau dengan tambahan bahan lain? Semua kembali ke Anda. Yang pasti sesuaikan dengan masalah kulit dan harus telaten.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.