Tutorial Membentuk dan Cara Merapikan Alis Tanpa Mencukur

Share

Sebagai wanita muslimah, mencukur alis adalah salah satu hal yang perlu kita hindari. Tak heran bila beberapa perempuan yang sedang dirias untuk akad dan resepsi akan memberikan permintaan khusus pada MUA agar tetap bisa membentuk alis tanpa perlu mencukurnya terlebih dulu.

Cara merapikan alis tanpa mencukur memang sudah cukup banyak diterapkan oleh para wanita di era sekarang. Dorongan untuk tampil sesuai syariat menjadi salah satu alasannya.

Alasan lainnya adalah agar alis bisa tetap terlihat natural dengan rambut aslinya tanpa perlu dicukur. Masih jelas terlihat rambut atau serabut alis asli yang natural dan indah. Maka dari itu, tugas kita adalah melakukan cara membentuk alis tanpa dicukur terlebih dulu.

Sayangnya, banyak wanita yang kesulitan untuk melakukan cara ini. Oke jika untuk penampilan sehari-hari kita agak acuh dengan kerapian alis dan membiarkannya natural. Cukup ditambah warna saja menggunakan pensil alis.

Tapi bagaimana jika kita dapat undangan pernikahan? Atau acara lainnya.

Tentu saja kita harus berlatih secara bertahap untuk bisa membuat alis yang cetar dan pas dengan wajah dan karakter kita.

Di sini, kami akan coba memberikan tips bagaimana supaya kita tetap bisa melakukan cara membentuk alis dengan pensil alis tanpa mencukur namun hasilnya bisa indah dan rapi.

Tips tutorial alis tanpa cukur & cara membentuk alis dengan pensil alis tanpa mencukur

Sebelum mulai membahas tutorialnya, mari kita simak tips dan langkah persiapan dalam cara memakai pensil alis tanpa mencukur alis di bawah ini terlebih dulu:

Apa bentuk wajah Anda?

Sebelum memulai fokus pada bagian alis, kenali dulu bentuk wajah Anda. Apakah persegi, oval, bulat, atau lonjong? Mengenali bentuk wajah sangat penting karena bisa dipakai untuk menentukan bentuk alis yang tepat dan pas sesuai bentuk wajah.

Sehingga bisa mendapatkan hasil akhir alis yang proporsional antara wajah dan alis.

Temukan dulu bentuk alis sesuai bentuk wajah Anda secara tepat

Ada beberapa bentuk wajah, di antaranya adalah oval, persegi, hati, atau bulat. Berikut adalah ringkasan tutorial alis tanpa cukur disesuaikan dengan bentuk wajahnya:

  1. Untuk wajah berbentuk persegi yang konon memiliki rahang tegas. Alis yang cocok adalah yang agak membulat secara lembut. Jadi ada lengkungannya. Jangan melakukan cara bikin alis tanpa cukur yang terlalu lancip karena justru mempertegas sudut di wajah Anda.
  2. Untuk wajah berbentuk bulat. Sebaiknya jangan melakukan cara melukis alis tanpa dicukur yang bulat juga. Berilah sudut atau buatlah alis yang agar miring. Alis ini akan memberikan kesan imbang di wajah Anda yang bulat.

Hindari membuat alis bulat pada wajah bulat karena ini akan membuat wajah terlihat makin bundar.

  1. Jika Anda memiliki wajah berbentuk hati maka hindari membuat alis yang sangat tebal. Meskipun akhir-akhir ini alis tebal memang lagi trend. Jangan paksakan diri untuk mengikuti trend karena itu tidak begitu terlihat baik di wajah Anda. Kontrollah ketebalan alis yang Anda buat dalam cara bikin alis tanpa cukur.
  2. Jika Anda memiliki bentuk wajah oval maka bersyukurlah karena bentuk wajah ini merupakan bentuk yang ideal yang cukup banyak cocoknya dengan bentuk alis. Salah satu yang paling bagus adalah alis klasik yang seimbang.
  3. Jika Anda memiliki bentuk wajah lonjong maka yang bagus adalah bentuk alis flat. Dengan bentuk alis yang datar, wajah akan terlihat lebih proporsional dan garis wajah akan memendek.

Itulah 5 bentuk wajah dan beberapa pilihan bentuk alis yang tepat. Masih banyak lho bentuk wajah lainnya. Anda bisa mulai melihat gambar wajah dan alis yang sesuai terlebih dulu.

Alat yang digunakan dalam cara bentuk alis tanpa cukur

Sekarang, makin banyak jenis alat yang bisa digunakan dalam cara membentuk alis tanpa dicukur. Mulai dari sisir alis / sikat alis (spoolie), pensil alis, eyebrow kit, eyebrow powder, gel, dan lain-lain.

Ada beberapa alat yang perlu Anda siapkan jika ingin merapikan alis tanpa mencukurnya:

Temukan produk alis favorit dalam membentuk alis tanpa mencukur

Untuk menggambar alis secara baik, apa yang paling bisa Anda andalkan? Produk apa yang biasa dan nyaman Anda gunakan?

Ada brow gel, brow pen, pensil alis, brow powder, hingga brow pomade. Pilih salah satu yang paling Anda sukai dan sesuai dengan diri Anda.

Pemilihan warna juga harus tepat. Kalau bisa sesuaikan warnanya dengan warna rambut Anda. Jangan terlalu kontras.

Siapkan spoolie

Cara merapikan alis tanpa mencukur adalah dengan mengandalkan spoolie. Menyisir, menyikat, dan memudarkan atau meratakan warna alis bisa dilakukan dengan menggunakan spoolie, lho!

Concealer

Jika Anda tidak menggunakan eyebrow kit yang biasanya di dalam paketnya ada highlight, maka Anda perlu menyiapkan concealer.

Browcara (Brow Mascara)

Produk ini bisa membuat cara melukis alis tanpa dicukur menjadi kian sempurna, lho. Tapi jangan lupa sesuaikan warnanya agar membentuk alis tanpa mencukur yang Anda lakukan makin cetar dan cantik.

Baca juga cara memakai bulu mata palsu sendiri.

Tutorial cara memakai pensil alis tanpa mencukur / cara merapikan alis tanpa mencukur

Berikut adalah langkah tutorial alis tanpa cukur, ikuti step by step:

  1. Sikatlah alis menggunakan spoolie ke arah ke atas. Kemudian Anda bisa merapikan alis.
  2. Bentuklah alis sesuai bentuk yang Anda inginkan dan sesuai dengan bentuk wajah Anda. Seperti yang sudah kami paparkan di atas.
  3. Gunakan produk favorit Anda yang memang sudah biasa Anda gunakan.
  4. Jangan lupa untuk memutuskan di mana Anda akan meletakkan titik puncak alis, pangkal, dan bagaimana Anda menggambar bagian ujungnya. Pastikan sudah sesuai dengan bentuk wajah ya?
  5. Setelah menggunakan pensil alis, lihat kembali ketebalan dan warna dari alis Anda. Apakah sudah pas atau belum. Koreksi dengan baik.
  6. Jika ternyata alis terlihat terlalu tebal, warnanya terlalu gelap atau ada evaluasi lain. Gunakan spoolie untuk memudarkan dan meratakan warna. Membuat alis terlihat lebih natural.
  7. Jika alis sudah jadi, aplikasikan concealer pada bagian atas dan bawah alis. Kemudian tepuk-tepuk hingga rata.
  8. Balurkan bedak di atas concealer untuk meratakan warna kulit Anda.
  9. Done!

Cara membuat alis tanpa mencukur di atas tergolong sederhana, kok. Jadi, Anda pasti bisa mengikutinya.

Inti dari cara membuat alis tanpa mencukur adalah pada alat spoolie. Yakni cara membuat alis tanpa dicukur yang menghasilkan alis alami. Menonjolkan rambut alis sendiri dengan cara merapikannya terlebih dulu.

Kemudian baru menebalkan alis dan membuat alis yang indah dan merapikannya lagi dengan sikat alis. Agar makin sempurna dan bagian atas bawah alis tampak bersih seolah habis dicukur, Anda tinggal pakai concealer.

Peralatan dalam cara bentuk alis tanpa cukur ini makin banyak dan variatif. Bahkan sudah ada alat cetakan alis yang akan mempermudah Anda untuk membuat alis secara nyaman dan tak menghabiskan waktu.

Dengan bentuk alis yang sesuai bentuk wajah dan proporsional. Kemudian warna alis yang cocok dengan katakter dan rambut Anda. Anda pun bisa tampil dengan riasan natural yang tetap cetar saat datang di kondangan pernikahan atau acara lain.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.