Cara Makan & Manfaat Flaxseed Oil untuk Kesehatan Kecantikan

Share

Sudah sejak lama manusia memanfaatkan flaxseed oil untuk beragam masalah kesehatan dan kecantikan. Kini minyak biji rami lebih mudah didapatkan karena sudah diolah oleh para produsen.

Minyak biji rami ini dibuat dari biji rami asli. Minyak ini bisa digunakan untuk membuat kue dan memasak makanan lain secara praktis dan mudah.

Berikut adalah highlight manfaat flaxseed oil yang bisa Anda rasakan:

  1. Mengurangi masalah kulit
  2. Mengurangi kolesterol
  3. Mengurangi peradangan

Meski banyak manfaatnya, minyak ini juga memiliki kemungkinan risiko, lho! Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini!

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai manfaat biji rami, kita kenalan dulu dengan minyak ini dan kandungannya ya?

Apa itu flaxseed oil?

Flaxseed oil adalah minyak yang diekstrak dari biji rami matang yang telah diolah oleh pabrik. Nama lain dari minyak biji rami ini adalah linseed oil.

Saat ini, minyak biji rami tersedia dalam kemasan kapsul dan cair. Kandungannya adalah ALA atau alpha linolenic acid, salah satu jenis asam lemak omega-3.

Saat Anda mengonsumsi ALA, tubuh akan mengubahnya menjadi asam lemak lain dalam jumlah kecil. Termasuk asam eicosapentaenoic dan asam docosahexaenoic. Asam lemak omega-3 ini sangat bagus untuk kesehatan mental dan fisik seseorang.

Kemudian biji rami juga mengandung magnesium, serat, dan vitamin B. Tetapi minyak biji rami tidak. Dari sini kita tahu bahwa kandungan biji rami tak sama dengan minyaknya.

Ini dia 10 manfaat flaxseed oil

Beberapa khasiat linseed oil adalah:

1. Mengurangi kolesterol

Sama dengan manfaat bijinya, minyak biji rami juga membantu mengontrol kadar kolesterol. ALA yang sudah disebutkan di atas bisa menurunkan kolesterol jahat LDL.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian pada 15 orang dewasa, di mana orang ini mengonsumsi minyak biji rami atau minyak jagung saat makan malam.

Kolesterol para obyek penelitian diukur sebelum dan 12 minggu sesudah mengonsumsi minyak biji rami tersebut.

Hasilnya, orang yang mengonsumsi minyak jagung tidak mengalami penurunan kolesterol. Sementara yang mengonsumsi linseed oil mengalami penurunan LDL.

2. Khasiat flaxseed oil untuk memerangi kanker

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan kucing ditemukan bahwa khasiat flaxseed oil bisa memerangi kanker tertentu. Salah satunya adalah tumor paru-paru.

Dalam penelitian lain juga ditemukan kemampuan minyak biji rami untuk menekan pertumbuhan sel tumor payudara. Dan bahkan mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Perlu anda tahu, bahwa air alkali juga bisa untuk memerangi kanker karena sifat pH airnya.

3. Mengobati dermatitis atopik

Khasiat flaxseed oil berikutnya adalah bisa dipakai untuk mengatasi masalah dermatitis atopik. Yaitu sejenis penyakit kulit eksim. Dimana kondisi jangka panjangnya bisa menyebabkan kulit gatal dan merah.

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus dengan dermatitis menunjukkan bahwa minyak biji rami bisa menurunkan gejala dermatitis setelah dikonsumsi selama 3 minggu. Gejala-gejala seperti pembengkakan, gatal, dan kemerahan berkurang secara signifikan.

Ini merupakan salah satu bukti manfaat flaxseed oil untuk kecantikan kulit.

4. Mengurangi risiko diabetes

Sebuah tinjauan sistematis di tahun 2015 yang melibatkan 25 orang pre diabetes. Yakni terdiri dari wanita yang monopause dan pria dengan kelebihan berat badan. Kemudian dibagi menjadi 2 kelompok.

Kelompok pertama mengonsumsi 13 gram biji rami setiap hari selama 12 minggu. Kelompok kedua mengonsumsi 26 gram biji rami setiap hari selama 12 minggu.

Setelah 12 minggu, mereka yang makan biji rami 13 gram per hari mengalami penurunan kadar gula dalam darah. Sedangkan mereka yang makan biji rami dalam dosis tinggi tidak mengalami perubahan.

Penelitian dengan sampel yang lebih besar dan komprehensif diperlukan karena para peneliti belum menemukan jawaban mengapa mereka yang mengonsumsi biji rami lebih banyak tidak mengalami perubahan apa-apa.

5. Mengurangi peradangan

Dalam sebuah meta analisis, biji rami dan turunannya mampu menurunkan protein C-reaktif yang bersirkulasi. Sebuah kondisi yang menandakan peradangan terjadi. Hasil ini dapat dilihat pada obesitas yang dialami oleh orang dewasa.

6. Mengurangi kerutan di wajah

Manfaat flaxseed oil untuk kecantikan salah satunya adalah untuk mengurangi kerutan di wajah. Juga mengurangi tanda-tanda penuaan.

Antioksidan dalam minyak biji rami sangat terkosentrasi. Inilah yang membantu kulit untuk menangkal radikal bebas dan sinar UV.

Memakai minyak biji rami bisa membuat kulit lebih cerah dan menghaluskan kerutan-kerutan halus di wajah.

7. Melembabkan dan mencegah kulit kering

Kulit kering, bersisik, kusam, dan ada nodanya bisa jadi karena kekurangan omega-3. Nah, asam lemak esensial dalam omega 3 bisa memberikan manfaat lembab dan mencegah kulit kering.

Sudah banyak orang yang merasakan manfaat flaxseed oil ini untuk mengatasi masalah kulit. Terlebih jika anda juga menggunakan BB Cushion sesuai jenis kulit anda, maka hasilnya bisa lebih tepat maksimal.

8. Mengurangi jerawat dan masalah kulit lain

Kondisi kulit kronis seperti jerawat, rosacea, dermatitis, eksim, dan psoriasis juga dapat dihilangkan dengan minyak biji rami.

Asam lemak dalam minyak ini bertindak sebagai penyeimbang minyak di kulit, mengurangi peradangan, dan membantu dalam perbaikan kulit.

9. Konstipasi dan diare

Penelitian terhadap binatang akhir-akhir ini memperlihatkan bahwa manfaat flaxseed oil terkait dengan konstipasi dan diare. Yakni bertindak sebagai pencahar saat seseorang mengalami konstipasi. Sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

Studi lain dilakukan pada 50 penderita sembelit yang diminta mengonsumsi linseed, mineral oil, atau minyak zaitun. Hasilnya, setelah 4 minggu orang yang meminum minyak flaxseed menunjukkan frekuensi gerakan usus yang kemudian meningkatkan konsistensi feses, seperti pada minyak mineral dan zaitun.

Namun demikian, diperlukan banyak penelitian untuk membuktikan keampuhan minyak flaxseed untuk diare dan konstipasi ini.

10. Kesehatan jantung

Sebuah studi dilakukan untuk membandingkan sun flower dan minyak biji rami. Keduanya kaya akan omega 3.

Dicatatkan hasil dari studi ini adalah bahwa minyak biji rami dapat menurunkan tekanan darah lebih kecil dibandingkan dengan minyak sun flower.

Sebagaimana diketahui, hipertensi merupakan kondisi yang cukup mengancam kesehatan jantung. Karena dengan tekanan darah yang tinggi maka tekanan pada jantung juga lebih besar. Inilah yang kemudian membuat jantung dipaksa bekerja dengan lebih keras.

Dengan mengonsumsi minyak biji rami, seseorang bisa merasakan khasiat flaxseed oil.

Minyak biji rami bisa meningkatkan kelenturan arteri yang baik sekali untuk jantung. Sementara asam lemak omega tiga dalam minyak ini bisa meningkatkan omega 3 di dalam darah.

Efek samping / risiko

Khasiat flax seed oil memang banyak. Tapi, ada efek sampingnya jika tidak digunakan dengan benar. Penggunaan benar untuk biji rami adalah dengan mengonsumsinya dalam jumlah terbatas. Jangan terlalu berlebihan.

Efek samping minor yang ditimbulkan tergantung pada dosis dan jumlah yang dikonsumsi. Di antaranya adalah:

  1. Kembung
  2. Diare
  3. Bergas

Cara makan flaxseed

Ada beragam cara makan flaxseed, lho. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Diminum dalam bentuk suplemen.
  2. Flaxseed bisa dicampurkan ke minuman seperti air putih atau minuman favorit lainnya.
  3. Ditaruh ke dalam sereal untuk sarapan.
  4. Ditambahkan ke dalam yogurt.
  5. Dicampurkan ke dalam adonan roti atau mufin.
  6. Ditambahkan dalam smoothie.
  7. Dipanggang bersama roti tawar
  8. Dipakai dalam pembuatan cookies
  9. Ditambahkan ke salad (sebagai topping)
  10. Bisa ditambahkan dalam resep masakan Anda sesuai selera dan kreativitas.

Flaxseed oil ini tidak tahan terhadap cuaca panas. Jadi, jika Anda membelinya maka sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan teduh agar manfaat flaxseed oil yang Anda beli tetap terjaga.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.