Cara Membuat Lulur Pemutih Badan Buatan Sendiri dari Beras

Share

Mau coba bikin lulur pemutih badan buatan sendiri tapi tak tahu caranya? Simak artikel ini sampai habis karena kami akan membahasnya secara detail.

Secara khusus, kita akan menggunakan bahan yang paling mudah didapatkan. Yaitu bahan yang merupakan makanan pokok orang Indonesia, beras.

Tertarik mencoba?

Simak ulasannya sampai selesai!

Manfaat dan cara membuat lulur pemutih badan buatan sendiri dari beras alami dan tradisional

Sebagaimana kita tahu, luluran menjadi salah satu aktivitas yang dipilih oleh para Putri Raja di masa lalu untuk tampil dengan kulit yang putih dan sehat.

Perawatan kulit yang mereka lakukan kini juga menjadi pilihan wanita modern. Bedanya, kalau dulu lulur dibuat sendiri, kini bisa didapatkan dengan mudah lewat produk-produk yang tersedia luas di pasaran.

Namun demikian, tak ada salahnya mencoba cara membuat lulur beras alami sendiri, lho!

Kami akan mengulas cara membuat lulur alami dalam artikel ini. Namun sebelum itu, kita kenali dulu manfaat lulur beras untuk kulit ya?

Manfaat lulur beras alami

Berikut adalah beberapa khasiat lulur dari beras yang bisa Anda manfaatkan:

1. Mencerahkan kulit secara alami

Sudah bukan rahasia lagi kalau beras memiliki manfaat yang baik untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Tak heran bila banyak body lotion atau bahkan sabun yang menggunakan bahan alami ini sebagai bahan dasar.

Anda bisa mencoba cara membuat lulur tradisional dari beras untuk mendapatkan manfaat kulit glowing dengan luluran. Lakukan secara rutin agar hasilnya bisa terlihat maksimal. Luluran beras ini bisa dilakukan minimal dua kali dalam seminggu, lho!

Jika sudah rutin dipakai, biasanya kulit kusam dan gelap akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Karena alami, Anda bisa memakai lulur ini di sekitar lipatan tangan, kaki, ketiak, lipatan lutut, bawah lutut, bahkan area kewanitaan.

2. Menghaluskan kulit

Oleskan lulur pemutih badan buatan sendiri dengan bahan dasar beras. Maka bukan hanya kulit cerah yang Anda dapatkan, tetapi juga kulit yang halus.

Perawatan ala putri keraton ini bisa dilakukan dengan cara mengoleskan lulur ke sekujur tubuh. Lalu dengan tekat kuat mau melakukannya secara rutin. Konsisten dan komitmen merupakan kunci keberhasilan dari treatment tradisional ini.

Sebab jika dilakukan secara rutin, kulit halus bisa didapatkan dan sel kulit mati yang setiap hari menumpuk akan dengan mudah dihilangkan.

3. Melindungi kulit

Paparan sinar matahari bisa membuat kulit terlihat kusam dan gelap. Kulit yang terpapar sinar matahari terlalu lama juga bisa menimbulkan rasa kulit terbakar.

Oleh sebab itu, sebagai wanita yang ingin memiliki kulit cerah dan merona alami, paparan sinar matahari harus dicegah dan ditemukan solusinya.

Kulit harus rajin dirawat supaya terhindar dari kusam dan gelap meski sering terpapar sinar matahari.

Anda bisa menggunakan lulur beras langsung ke seluruh tubuh atau di sekitar kulit yang mengalami efek terbakar dan terpapar sinar matahari secara berlebihan. Anda juga bisa mengaplikasikannya secara khusus pada area kulit yang lembab.

Tujuannya adalah untuk memutihkan dan melindungi kulit setiap saat.

Lakukan pemijatan ringan saat sedang mengaplikasikan dan tunggu 10 menit setelah selesai luluran.

Jika sudah, silakan bilas sampai bersih dan lihat hasilnya.

4. Menyamarkan keriput dan garis halus

Manfaat lain yang bisa didapatkan setelah mempraktikkan cara membuat lulur tradisional dari beras adalah kulit yang terjaga kelembapannya. Sehingga bisa terhindar dari kulit kering.

Sedangkan kita tahu bahwa kulit yang kering rentan sekali dengan keriput dan garis halus. Dengan kelembapan kulit yang terjaga, kulit yang keriput dan garis halus yang tadinya ada bisa tersamarkan secara bertahap.

Lakukan perawatan pakai cara membuat lulur beras secara rutin. Minimal dua kali seminggu. Kemudian lakukan pemijatan saat Anda luluran. Diamkan selama 15 menit. Lalu dibilas hingga bersih.

5. Melembapkan kulit

Jika Anda punya masalah kulit kasar, lulur beras yang punya kandungan alami melembapkan ini juga bisa mengatasinya, lho! Gunakan lulur beras secara rutin untuk mendapatkan kulit yang sehat, terjaga, dan lebih lembap.

6. Mengangkat sel kulit mati dan kotoran di kulit

Agar kulit kita sehat dan siap menerima perawatan kulit secara maksimal. Salah satu caranya adalah dengan memastikan sel kulit mati dan kotoran yang ada di kulit benar-benar terangkat. Atau dengan kata lain, kulit kita bersih.

Salah satu cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan memakai lulur beras. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih, cerah, dan terlihat lebih ceria alami.

Cara membuat lulur dari beras alami

Berikut adalah dua cara membuat lulur alami dari beras yang bisa Anda coba. Tapi sebelum itu, sebaiknya beras yang Anda gunakan adalah beras organik ya? Supaya hasilnya lebih optimal.

1. Lulur beras murni

Berikut adalah cara membuat lulur dari beras alami:

  1. Cuci beras Anda hingga bersih
  2. Rendam beras di dalam air bersih. Biarkan selama empat jam.
  3. Tiriskan beras yang sudah direndam, biasanya ukuran beras akan lebih besar karena sudah menyerap air.
  4. Siapkan wadah dan penumbuk. Taruh beras ke dalamnya dan tumbuklah beras hingga halus dan terbentuk pasta lulur.
  5. Anda bisa langsung memakai lulur yang sudah siap digunakan di sekujur tubuh. Atau bisa di bagian-bagian tertentu yang Anda kehendaki saja. Misalnya punggung, siku, lutut, area kewanitaan, leher, lipatan-lipatan, dan lain-lain.
  6. Saat mengaplikasikan lulur, lakukan pemijatan ringan selama kurang lebih 15 menit.
  7. Jika sudah terserap sempurna dengan cara didiamkan. Anda bisa membilas lulurnya.
  8. Untuk hasil yang maksimal, luluran bisa dilakukan secara rutin minimal dua kali dalam seminggu, tiga kali lebih baik.

2. Lulur beras + susu

Lulur pemutih badan buatan sendiri juga bisa dibuat dengan cara bikin lulur tradisional dari beras dengan susu. Lulur yang kedua ini bisa juga diaplikasikan sebagai masker untuk wajah lho.

Bagaimana caranya? Berikut langkahnya:

  1. Siapkan beras dan tumbuk hingga jadi bubuk beras.
  2. Jika sudah terbentuk bubuk lembut, masukkan bubuk beras tersebut ke dalam wadah. Siram dengan susu sedikit demi sedikit.
  3. Campurkan susu dengan beras secara perlahan sambil memperhatikan tekstur dari lulur yang sedang Anda buat.
  4. Pastikan bahwa teksturnya pas hingga menyerupai pasta masker atau lulur pemutih badan buatan sendiri.
  5. Aplikasikan di badan atau wajah dan leher dengan gerakan memutar.
  6. Pastikan bahwa semua bagian sudah kena lulurnya dan bisa didiamkan selama 10 hingga 15 menit.
  7. Ulangi proses luluran sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu.

Itulah beberapa manfaat lulur beras dan cara bikin lulur dari beras yang alami dan tradisional. Cara ini hanya tinggal cara kalau tidak dipraktekkan dan dilakukan secara rutin.

Konsistensi merupakan aturan untuk semua hal, tak hanya untuk luluran. Butuh semangat dan tidak mudah menyerah.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.