9 Manfaat Kunyit untuk Wajah dan Lulur Kunyit Buatan Sendiri

Manfaat Kunyit untuk Wajah dan Lulur Kunyit Buatan Sendiri

Manfaat kunyit untuk wajah dan badan sudah dikenal sejak lama. Sampai kini pun pemakaian masker dan lulur dengan bahan kunyit menjadi pilihan banyak wanita di Indonesia.

Apalagi sekarang makin banyak produk kecantikan yang menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya. Tak perlu ribet, kita sudah bisa merasakan manfaat alami dari herbal satu ini.

Kunyit dikenal memiliki kandungan yang baik untuk kecantikan kulit dan kesehatan. Beberapa manfaat berikut adalah contohnya:

  1. Mencerahkan kulit
  2. Mengatasi batuk
  3. Mengurangi lingkar hitam
  4. Baik untuk pencernaan, dll.

Kunyit sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman kunyit menjadi salah satu tanaman yang mudah tumbuh dan tidak gampang mati. Anda bisa membudidayakannya tanpa ribet. Tak perlu merawatnya dengan intens, tanaman kunyit tetap kuat dan tumbuh dengan suburnya.

Kalaupun tidak punya pohonnya, Anda bisa beli di tukang sayur langganan. Harganya juga tergolong stabil murah. Dibandingkan dengan lengkuas, jahe, dan kencur. Kunyitlah yang paling murah.

Karena ketersediaannya yang melimpah, sepertinya menarik kalau kita membuat masker dan lulur sendiri di rumah. Berani coba lulur kunyit buatan sendiri? Tak ribet dan pasti murahnya!

Manfaat kunyit untuk wajah, kulit, dan kecantikan

Bubuk Kunyit untuk Kulit

Berikut adalah beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan wajah dan badan (kulit secara keseluruhan):

Anda bisa merasakannya dengan meluangkan waktu sebentar untuk membuat masker atau lulur badan berbahan dasar kunyit.

1. Cara memutihkan kulit dengan kunyit agar cerah alami

Kegunaan kunyit untuk mencerahkan wajah bisa didapatkan karena adanya kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Selain bisa mencerahkan kulit, lulur badan atau masker wajah ini juga bisa memperbaiki kulit dan meremajakan kulit yang kusam sehingga terlihat lebih cerah.

Mau coba cara memutihkan kulit dengan kunyit?

Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan perasan lemon lalu balurkan ke bagian kulit yang ingin diputihkan. Misalnya wajah, lipatan siku, atau bagian lipatan lainnya.

Bubuk kunyit sudah tersedia dan bisa dibeli dengan mudah. Anda bisa membuat masker atau lulur pakai bubuk kunyit ini. Lebih praktis.

Selain kunyit, daun kelor juga bisa dipakai untuk memutihkan wajah lho.

2. Mengurangi lingkaran hitam

Kurang tidur, lelah bekerja, dan sering bekerja di depan laptop / gadget dalam waktu yang lama bisa memicu mata bengkak dan muncul lingkaran hitam di bawah mata. Ini mengganggu penampilan dan harus segera diatasi.

Menggunakan skin care bisa menjadi salah satu solusi, tapi sesekali Anda juga bisa mencoba menggunakan manfaat kunyit untuk mencerahkan dan mengurangi lingkaran hitam mata.

Sebagai antiinflamasi dan pemutih, manfaat kunyit untuk meratakan warna kulit sudah terbukti. Selain itu, herbal ini juga bisa mengurangi pembengkakan di area mata, merangsang sirkulasi darah, dan menyamarkan warna gelap di bawah mata.

3. Memutihkan gigi

Khasiat kunyit untuk gigi

Memang tidak ada hubungannya dengan lulur atau masker kunyit. Tapi informasi mengenai manfaat kunyit untuk memutihkan gigi ini patut untuk ditulis.

Sebab dengan gigi yang putih maka wajah pun akan terlihat makin menarik. Sebaliknya, secantik apa pun wajah kalau giginya tidak terawat tidak akan terlihat cantik sempurna.

Selain dapat membuat gigi menjadi putih, kegunaan kunyit lainnya adalah membantu mengurangi sakit gigi dan gingivitis.

Anda bisa membuat pasta gigi alami bebas fluoride yang secara khusus memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan dan menangkal bakteri.

Cara membuat pasta gigi dari bubuk kunyit adalah:

  • Campurkan 2 sdm soda kue dengan setengah sendok makan minyak kelapa, serta 4 sdm bubuk kunyit.
  • Campurkan hingga rata dan terbentuk pasta.
  • Gosok gigi menggunakan campuran ini selama 3 menit kemudian bilas.

4. Khasiat kunyit dan madu untuk merawat kulit

Wanita suka sekali merawat kulit, bahkan mau menghabiskan jutaan rupiah untuk mendapatkan kulit yang bagus, sehat, terawat. Nah, sesekali Anda perlu mencoba manfaat kunyit untuk wajah dengan cara membuat masker atau lulur kunyit.

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri membuat kunyit dapat bekerja dengan aktif pada masalah eksim dan psoriasis.

Dalam sebuah studi disebutkan bahwa kunyit sangat membantu dalam penyembuhan pasien psoriasis. Salah satu jenis penyakit yang sulit diobati.

Kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati masalah kulit kemerahan dan rosacea.

Anda bisa membuat khasiat kunyit dan madu dalam bentuk masker kemudian mengoleskannya ke wajah dan badan yang ada masalah kulitnya. Kemudian diamkan dan bilas.

5. Mengatasi jerawat

Manfaat kunyit untuk wajah dan badan

Bingung bagaimana cara mengatasi jerawat? Gunakan saja masker dan lulur kunyit buatan sendiri untuk wajah dan badan.

Manfaat kunyit untuk wajah dan badan ini berkaitan dengan kandungan kunyit berupa antiseptik alami untuk mencegah bakteri menyebar. Dan juga sebagai antiinflamasi sehingga bisa mencegah pembengkakan dan menghilangkan kemerahan.

Jika Anda ingin membuat masker kunyit untuk jerawat, gunakanlah bubuk kunyit dan cuka apel.

Sementara untuk menghilangkan bintik-bintiknya, Anda bisa memanfaatkan bubuk kunyit dengan madu. Khasiat kunyit dan madu ini bisa dirasakan secara aman karena bahannya alami dan tidak mengikis kelembapan kulit.

6. Hiperpigmentasi

Masalah hiperpigmentasi juga bisa diatasi dengan kunyit lho. Kandungan yang ada dalam kunyit ditengarai bisa menghapuskan masalah bintik dan noda di wajah dan badan. Anda bisa memakai lulur badan atau masker wajah secara rutin untuk merasakan manfaat ini.

7. Mengatasi penuaan dini

Menjadi tua itu memang kodrat. Tapi kalau bisa tetap terlihat kencang dan awet muda meski umur bertambah, siapa yang menolak. Iya kan? Itulah yang diinginkan wanita di dunia.

Anda bisa mendapatkan semuanya dengan rajin luluran dengan lulur kunyit buatan sendiri. Campurkan bubuk kunyit dengan susu cair. Kemudian aduk sampai rata hingga terbentuk pasta.

Pijatkan pasta pada area mata, wajah, atau bagian badan yang ingin dikencangkan atau agar menjadi lebih halus. Terhindar dari kerutan, misal daerah lengan.

Jika dilakukan secara rutin, kerutan dan tanda penuaan dini lain akan berkurang dan memudar. Kegunaan kunyit pun bisa dirasakan bertahap secara optimal.

8. Lulur kunyit buatan sendiri untuk tumit kering dan pecah-pecah

Badan yang sehat dimulai dari tampilan yang sehat pula. Kalau kulit sudah terlihat pecah dan kering, jelas ini mengganggu.

Tapi kalau dipikir, tumit kering dan pecah-pecah itu masalah banyak orang kok. Tak hanya satu dua orang. Apalagi kalau lagi musim dingin. Iya, kan?

Nah, salah satu solusi untuk menghilangkan kulit pecah-pecah adalah dengan membuat lulur dari bubuk kunyit dicampur dengan santan hangat.

Anda bisa mencampurkan dua bahan ini hingga terlarut sempurna. Jika sudah, Anda bisa mengaplikasikannya di kaki, khususnya di bagian tumit.

Anda juga bisa mengaplikasikannya pada bagian kulit lain yang mengalami masalah kering dan pecah-pecah. Misal tangan setelah terkena panasnya detergen, atau spot lain.

Aplikasikan lulur kunyit buatan sendiri sambil memijat secara perlahan agar kunyit bisa meresap sempurna. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih baik. Tumit dan kulit halus kembali.

9. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit yang mati dan dibiarkan akan membuat kulit jadi kusam. Baik itu di wajah maupun badan. Anda bisa menggunakan masker dan merasakan manfaat kunyit untuk kecantikan wajah dan tubuh guna mengangkat sel kulit mati.

Hasilnya, sel kulit mati di permukaan kulit akan terangkat, kulit kusam pun hilang. Berganti kulit baru yang lebih cerah dan bercahaya.

Anda bisa membuat masker kunyit home made dengan mencampurkan tepung beras, susu bubuk, air mawar, dan kunyit bubuk. Campur sampai tercampur rata kemudian balurkan ke kulit Anda secara menyeluruh sambil dipijat.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk wajah dan badan dengan memanfaatkan lulur kunyit buatan sendiri dan masker dari bahan yang sederhana.

Hindayani, S.Si.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *