8 Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Share

Masker spirulina bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda yang memiliki masalah kulit. Masker ini berasal dari bahan alami spirulina yang memiliki banyak khasiat. Di antara manfaat masker spirulina untuk wajah yaitu untuk menghilangkan flek hitam. Mau tahu yang lainnya?

Spirulina adalah sejenis ganggang berwarna hijau kebiruan dan agak gelap yang tumbuh di sekitar permukaan danau. Sudah sejak lama spirulina dipakai sebagai bahan untuk membuat suplemen, minuman kesehatan, dan produk kecantikan.

Sekarang, Anda bisa dengan mudah menemukan spirulina yang sudah diolah oleh pabrik dengan mudah di pasaran.

Kandungan spirulina sangat bagus sehingga memberikan manfaat spirulina untuk wajah dan tubuh. Berikut adalah di antara kandungan tersebut:

  1. Tinggi akan protein, sekitar 60-70% dari berat total spirulina.
  2. GLA gamma linolenic acid.
  3. Vitamin B, vitamin C, vitamin A, vitamin D, dan E
  4. Kalium, kromium, tembaga, magnesium, mangan, fosfor, selenium, natrium, dan seng
  5. Klorofil, dll.

Agar lebih jelas tentang kandungan dan khasiat masker spirulina, berikut kami bahas detailnya satu per satu.

Ini dia 8 khasiat manfaat masker spirulina untuk wajah yang cantik jelita

1. Menghilangkan flek hitam di wajah

Ada banyak alasan kenapa seseorang punya flek di wajah. Salah satunya adalah bekas jerawat. Keberadaan flek hitam ini kadang membuat stres. Berganti-ganti skincare pun dilakukan demi menghilangkan flek bandel di wajah.

Nah, jika sampai sekarang Anda masih mencari solusi untuk menghilangkan flek, cobalah spirulina. Dengan menggunakan masker ini, flek hitam di wajah berangsur-angsur akan memudar dan hilang. Tentu dengan pemakaian rutin ya?

2. Khasiat masker spirulina untuk menghilangkan jerawat

Selain debu dan sisa makeup, jerawat juga bisa disebabkan karena kulit sensitif terhadap skin care. Kadang ada kulit yang tidak cocok menggunakan perawatan wajah tertentu. Solusinya, gunakanlah masker bubuk spirulina yang alami dan aman untuk kulit.

Kandungan masker ini sangat efektif untuk mengurangi peradangan dan memudarkan jerawat.

Ada juga lulur kunyit untuk wajah yang bermanfaat untuk jerawat membandel.

3. Menghaluskan dan meratakan kulit

Kulit kasar karena terlalu kering adalah masalah wajar bagi wanita di saat cuaca sedang dingin. Bagi wanita yang tinggal di daerah pegunungan, kulit kering adalah sesuatu yang ibaratnya sudah jadi makanan sehari-hari.

Akan sangat mengganggu jika kulit itu dibiarkan hingga akhirnya makin parah, bersisik, dan kasar.

Nah, manfaat masker spirulina untuk wajah selanjutnya adalah untuk memberikan kelembapan pada kulit. Kemudian secara berangsur-angsur bisa membuat kulit yang kasar jadi lebih halus karena tidak kering lagi.

Agar bisa mencegah terjadinya kulit terkelupas karena kering, Anda juga disarankan untuk mencukupi cairan tubuh dengan cara minum air minimal 2 liter sehari.

Ini akan membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam dan merawat kulit Anda.

4. Manfaat spirulina untuk wajah sebagai pelembab

Kalau ingin kulitmu sehat, tak mudah berkeriput, tidak cepat tua, dan tetap kenyal. Maka satu yang harus Anda pastikan adalah bahwa kulit wajah Anda terjaga kelembapannya.

Anda bisa saja menggunakan krim perawatan siang dan malam sesuai jenis kulit yang memiliki kandungan pelembab. Tapi ada kalanya juga Anda harus mencoba khasiat masker spirulina sesekali.

Masker ini akan memberikan efek lembap di kulit. Selain bisa melembapkan, kegunaan spirulina masker lainnya adalah bisa membantu mengurangi efek penuaan dini di wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memakai masker ini sebanyak 1 – 2 kali dalam satu minggu.

5. Menghambat dan mencegah penuaan dini

Wanita mana sih yang tidak ingin terlihat tetap muda meski usia semakin bertambah? Tidak ada. Cantik luar dan dalam merupakan dambaan buat tiap perempuan.

Salah satu tantangannya adalah penuaan dini. Dan solusinya adalah dengan merasakan kegunaan masker spirulina.

Manfaat masker spirulina untuk wajah ini berasal dari kandungan protein dan mineral yang secara langsung dapat menghambat tanda penuaan dini. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal ya?

6. Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah

Tampil cantik dengan kulit wajah putih dan cerah masih menjadi dambaan bagi wanita Indonesia. Tak heran jika krim kecantikan yang fungsinya memutihkan sangat laris di pasaran.

Bagi wanita Indonesia yang memiliki kulit asli sawo matang, kulit putih dan bercahaya adalah suatu impian dan harus dicapai.

Kandungan kompleks dalam masker ganggang ini bisa membantu Anda mendapatkan kulit yang bercahaya. Khususnya vitamin E yang tak hanya menjaga kekenyalan kulit, tetapi juga mencerahkannya.

7. Kegunaan masker spirulina untuk mendorong pergantian sel

Manfaat spirulina untuk wajah sangat erat kaitannya dengan proses revitalisasi dan regenerasi sel yang sangat bagus. Jadi, setelah sel kulit mati diangkat, sel kulit baru pun datang untuk membuat kulit makin segar.

8. Mengurangi lingkaran hitam bawah mata

Mata panda merupakan masalah yang kelihatannya biasa saja tapi ternyata cukup serius. Agar tak punya mata panda seseorang harus istirahat dengan cukup. Yang mana ini merupakan hal yang sulit didapatkan bagi orang yang sibuk.

Solusinya adalah merawat daerah mata, bisa dengan krim mata atau pakai spirulina masker ini.

Cara membuat masker spirulina

Cara membuat masker spirulina ini bisa dicoba oleh semua wanita dengan semua jenis kulit. Sebab masker ini cocok untuk kulit kering, berminyak, sensitif, bahkan yang berjerawat sekalipun.

Manfaat spirulina masker untuk kulit berjerawat, kering, dan masalah kulit lainnya bisa dimanfaatkan dengan menyiapkan bahan di bawah ini:

1 sdt bubuk spirulina, ½ sdt perasan lidah buaya, 1 sdt madu.

Cara membuat maskernya adalah:

  1. Campurkan bubuk ganggang, lidah buaya, dan madu dalam satu wadah.
  2. Aduk menggunakan sendok pengaduk sampai benar-benar tercampur rata dan menjadi pasta.
  3. Jika dirasa kekentalannya sudah pas untuk diaplikasikan sebagai masker, segera dipakai. Jika belum bisa diaduk sampai tercampur rata atau tambahkan apa bahan yang kurang.

Sebelum menggunakan masker ini, usahakan untuk membersihkan terlebih dulu wajah Anda. Oleskan masker ke wajah secara menyeluruh. Hindari bagian mata, bibir, dan lubang hidung.

Anda bisa mengaplikasikan masker ini dengan kuas ataupun langsung pakai tangan. Diamkan masker selama kurang lebih 15 sampai 20 menit atau sampai kering.

Jika sudah, bilaslah menggunakan air hangat.

Langkah selanjutnya, Anda bisa menggunakan pelembab seperti krim atau serum wajah.

Perlu Anda tahu bahwa kita tak hanya bisa merasakan manfaat spirulina untuk wajah saja, melainkan bisa dipakai juga untuk mengatasi masalah pertumbuhan rambut.

Cara membuat hair mask-nya hampir sama dengan cara membuat masker spirulina untuk wajah ini. Cuma bedanya disesuaikan dengan masalah rambut.

Harga dan manfaat spirulina untuk pertumbuhan rambut

Hal ini dikaitkan dengan protein yang ada dalam ganggang hijau kebiruan ini, yang bisa mengurangi rambut rontok dan mengatasi masalah rambut tipis.

Dengan kata lain, manfaat spirulina untuk wajah, tubuh, dan rambut sekaligus akan membuat wanita makin cantik dan tampil dengan pesona yang maksimal.

Ganggang ini kini tersedia dalam bubuk dan kapsul. Anda bisa membeli produk ini di Indonesia dengan mudah. Harganya sangat bervariasi. Tapi secara umum dibanderol dengan harga 50 ribu rupiah per 50 gram.

Dan memang untuk membuat masker spirulina, yang Anda butuhkan adalah bubuk spirulina. Anda bisa membeli bubuk ini secara online, lho. Tapi pastikan Anda percaya bahwa produk yang Anda beli berkualitas ya agar manfaat masker spirulina untuk wajah yang Anda dapatkan lebih maksimal, tidak meragukan, dan tidak mengecewakan.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.