6 Cara Membentuk Model Alis Sesuai Bentuk Wajah Cantik Natural

Share

Mayoritas wanita yang senang berias mengeluhkan cara bikin model alis. Merasa kesulitan saat membuat atau sudah jadi tapi terlihat aneh dan tak pantas saat bercermin.

Nah, salah satu cara untuk bisa mendapatkan bentuk alis yang tepat adalah dengan memperhatikan model alis sesuai bentuk wajah Anda. Menyesuaikan bentuk alis dengan bentuk wajah bisa membentuk atau membuat bingkai wajah dengan baik.

Dengan penyesuaian yang tepat, keseimbangan antara wajah, alis, dan bagian wajah lainnya akan menjadi pas dan wajah terlihat lebih baik.

Namun, sebelum bisa membuat bentuk alis sesuai dengan wajah Anda, sebaiknya tahu dulu bagaimana tutorial bikin alis yang benar dengan hasil yang memuaskan.

Untuk itu, dalam ulasan ini kami akan membahas model alis sesuai wajah. Juga memberikan tutorial cara bikin alis buat para pemula.

Ini 6 model alis sesuai bentuk wajah

Berikut adalah tutorial bikin alis mata sesuai bentuk wajah oval, bulat, lonjong, kotak, dan hati:

1. Model alis untuk wajah bulat

Wajah bulat terlihat dari dagunya yang lengkung dan lembut. Bentuk wajah ini memiliki tulang pipi yang lebar dengan wajah yang lebar juga.

Aturan sederhana dalam membuat model alis untuk wajah bulat adalah jangan buat alis bulat pada wajah yang bulat. Kalau tidak, hasilnya justru makin jadi bulat.

Agar bisa membuat tampilan wajah seimbang dan pas dengan membuat alis melengkung secara lembut. Tambahkan ketinggian pada lengkungan pada bentuk alis untuk wajah bulat yang Anda gambar.

Kemudian panjangkanlah secara ekstra pada bagian ekornya supaya didapatkan ilusi wajah yang lebih panjang pula.

Alis high arch adalah bentuk yang paling cocok untuk wajah bulat. Anda bisa melihat cara memakai pensil alis untuk wajah bulat di bagian akhir ulasan ini.

Lihat juga memilih kacamata sesuai bentuk wajah.

2. Bentuk alis untuk muka oval

Wajah oval memiliki dahi yang tidak lebih lebar dari dagunya. Dagu pemilik wajah oval terlihat lembut dengan sedikit lengkungan ke sisi wajah.

Bentuk alis untuk wajah oval sebenarnya cukup banyak. Orang dengan wajah ini sangat fleksibel dalam memilih bentuk alis.

Tipsnya adalah dengan tidak membuat alis terlalu tajam. Jaga supaya alis Anda tetap lembut dan mengesankan karakteristik dan mencerminkan pribadi Anda.

Salah satu model alis yang sesuai bentuk wajah oval adalah soft angled.

3. Bentuk alis sesuai wajah kotak

Wajah kotak ditandai dengan sudut yang tegas dan kuat. Sisi wajah cukup lurus dengan garis rahang.

Bentuk alis sesuai wajah kotak adalah dengan cara bikin alis yang melengkung ke bagian atas dan memanjang. Anda boleh saja membuat bentuk alis yang datar sehingga wajah kotak akan makin dapat ditekan.

Sebaliknya lengkung alis yang bentuknya bulat tidak akan menunjang penampilan si wajah kotak.

4. Bentuk alis untuk wajah panjang atau lonjong

Karakteristik dari bentuk wajah ini mirip dengan wajah kotak, yaitu tegas dan kuat. Yang membedakan adalah panjangnya saja. Bentuk ini memiliki panjang yang lebih panjang dibanding lebarnya.

Dahi, rahang, dan pipi memiliki lebar yang sama dengan dagu yang lengkung dan mengecil.

Bentuk alis yang sesuai bentuk wajah panjang ini adalah dengan memberikan tambahan alis memanjang pada ujung alis. Juga tetap mempertahankan ilusi dahi yang lebih luas. Buatlah sudut untuk menunjang karakteristik pribadi Anda.

Anda juga bisa membuat alis flat atau datar.

5. Bentuk alis untuk wajah berbentuk hati

Ciri dari wajah hati adalah dagu yang kecil dan meruncing. Sementara bagian dahi terlihat luas.

Untuk menyeimbangkan proporsi wajah, Anda bisa melakukan cara bikin alis yang bisa memperkecil bagian dahi dan membuat dagu jadi kurang tajam.

Yaitu dengan cara membuat garis yang lembut dengan sedikit lekukan. Alis dibuat pendek dan dekat. Tujuannya adalah untuk membuat perhatian langsung ke tengah wajah.

6. Bentuk alis untuk wajah berbentuk seperti buah pear

Bentuk buah pear ini dikenal juga dengan wajah segitiga. Dicirikan dengan rahang yang meruncing ke bagian garis rambut.

Tutorial bikin alis yang tepat adalah dengan membuat alis yang cukup panjang melengkung. Dan hindari menggambar alis berbentuk rata dan pendek.

Tutorial bikin alis dan cara membentuk alis sesuai bentuk wajah

Ada banyak alat yang bisa dipakai untuk membuat model alis sesuai bentuk wajah, di antaranya adalah pensil alis, eyebrow kit, eyebrow powder, dan lain-lain. Untuk pemula, sebaiknya gunakan pensil alis dulu. Selanjutnya Anda bisa mengikuti cara bikin alis sesuai bentuk wajah di bawah ini:

  1. Sebelum memulai bikin alis, pastikan untuk membersihkan area wajah Anda khususnya bagian alis. Jika sudah bermakeup, maka pastikan urutan makeup sudah benar.
  2. Buatlah garis imajiner dari sudut luar hidung ke sudut dalam mata. Beri titik kecil (titik A) menggunakan pensil pada garis imajiner tersebut. Pastikan ia melintasi tulang alis.
  3. Mulai dari sudut luar hidung ke sudut dalam mata. Beri titik kecil (titik B) yang melintasi tulang alis.
  4. Dari sudut luar hidung ke tepi luar pupil, buat titik kecil di garis imajiner (titik C), posisinya sedikit di atas titik A dan melintasi tulang alis. Titik C ini merupakan titik lengkung teratas alis.
  5. Dari tempat titik A, B, dan C. Buatlah 3 titik kecil sebagai pedoman. Gambarlah menggunakan pensil alis.
  6. Pakailah pensil alis untuk menghubungkan titik-titik yang sudah Anda buat. Buatlah garis tebal antara titik A sampai titik C. Kemudian buatlah garis tipis untuk menghubungkan titik C dengan B.
  7. Gambarlah sebuah sapuan yang tipis dan berbulu supaya terlihat alami.
  8. Setelah membuat garis alis, jangan lupa pakai kuas atau sikat yang biasanya ada di ujung pensil. Gunakan kuas ini untuk menciptakan efek goresan kecil yang menyerupai rambut. Sehingga Anda akan mendapatkan alis yang realistis, nyata, dan alami.

Cara bikin alis di atas merupakan tutorial bikin alis yang sangat dasar. Biasanya akan menghasilkan tampilan alis yang alami dan cocok untuk natural look.

Kalau Anda ingin bikin alis dengan bentuk yang berbeda sesuai dengan bentuk dari wajah Anda, maka perlu latihan beberapa kali dengan tutorial di atas. Dengan beberapa kali latihan, pemula pun bisa bikin alis layaknya profesional.

Simak juga microblading alis / sulam alis natural.

Tips dan cara memakai pensil alis untuk wajah bulat, oval, kotak, lonjong, pear, hati

Setelah tahu cara membentuk alis sesuai bentuk wajah, sekarang Anda bisa membuat gambar alis yang sempurna pakai pensil dengan mengikuti tips di bawah ini:

  1. Pilih warna yang paling alami dan sesuai dengan warna rambut.
  2. Perhatikan jarak antara dua alis, kaitkan dengan bentuk hidung Anda.
  3. Dua alis Anda merupakan saudara, jadi tak harus kembar. Jangan khawatir jika tak simetris.
  4. Tak semua alis cantik harus tebal. Ketebalan bisa disesuaikan dengan karakter, riasan, dan bentuk dari wajah.
  5. Selalu gambar garis bawah alis agar bisa menonjolkan desain secara lengkap.
  6. Pakailah korektor untuk membuat efek cahaya di sekitar alis.

Simak juga langkah menebalkan alis dengan minyak zaitun.

Demikian informasi tentang bagaimana cara membentuk model alis sesuai bentuk wajah agar riasan alis tampak cantik dan natural. Mau coba sekarang?

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.