8 Tutorial Pakai Eyeliner & Cara Menghias Mata Sesuai Bentuknya

Share

Salah satu cara untuk bisa tampil maksimal dengan eyeliner adalah dengan memilih model eyeliner yang sesuai dengan bentuk mata.

Dalam ulasan tentang tutorial pakai eyeliner kali ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara menghias mata dan cara memakai eyeliner cair sesuai bentuk mata dengan tepat sehingga penampilan bisa cetar.

Jika masih pemula dan belum terbiasa pakai cair, Anda bisa berlatih menggunakan pensil mata dulu.

Sebagaimana kita tahu, setiap pulasan eyeliner menghasilkan penampilan yang berbeda. Saat ini, tren eyeliner yang sedang booming adalah cat-eyes dan winged. Keduanya merupakan model yang cukup populer dan mudah diaplikasikan.

Tak hanya itu, dua model eyeliner tersebut juga sangat cocok dipakai dalam berbagai acara. Khususnya untuk acara-acara santai atau daily routine.

Bagaimana model eyeliner mata dibuat dan dipulaskan di kelopak mata Anda?

Kami akan bahas satu per satu disertai beberapa tips dalam artikel ini.

Model dan tutorial pakai eyeliner sesuai bentuk mata

Apa bentuk mata Anda? Dan bagaimana eyeliner yang pas? Silakan simak ulasan dan gambar eyeliner berikut:

1. Model eyeliner untuk mata turun

Mata turun atau down-turned eyes biasanya membuat tampilan wajah seseorang menjadi terlihat sayu dan sendu.

Agar terlihat segar, seorang wanita dengan mata turun perlu usaha yang cukup besar, yaitu dengan memberikan efek lifting. Anda bisa membuat model eyeliner segitiga di bagian ujung.

Dengan model segitiga di ujung, mata akan terlihat lebih diangkat. Sehingga tak terlalu terlihat sayu serta bisa membuat kelopak mata tersamarkan.

2. Mata bertudung / hooded eyes

Mata bertudung memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Mata terlihat lebih kecil karena kelopak mata yang membuat tampilannya tenggelam.

Berbeda dengan mata turun, pemilik mata bertudung tak perlu usaha yang keras untuk mendapatkan penampilan yang maksimal.

Anda hanya perlu membuat model cat eye pada sudut mata. Caranya adalah dengan memulaskan eyeliner dari sudut mata ke arah luar. Pulaskan secara tipis, itu sudah cukup. Dan gambarkan se-dekat mungkin dengan garis mata.

Agar makin terlihat dramatis, buat juga garis tipis pakai eyeliner di bagian bawah mata. Tujuannya adalah agar mata menjadi terlihat cantik dan lebar.

Anda juga bisa memanfaatkan trik highlighter berwarna cerah di bagian sudut mata sehingga tutorial pakai eyeliner ini makin menarik dan sempurna.

3. Bentuk eyeliner untuk mata menonjol

Pernahkah Anda melihat orang dengan mata menonjol? Atau Anda sendiri memiliki mata menonjol?

Apapun kondisinya, kita tetap harus mensyukuri atas apa yang diberikan Tuhan. Termasuk salah satunya adalah bentuk mata menonjol.

Salah satu cara bersyukur atas hal tersebut adalah dengan menerima apa adanya. Dan untuk membuat tampilan mata yang indah, Anda bisa menyiasatinya dengan memakai eyeliner secara tepat.

Bagaimana caranya?

Tutorial pakai eyeliner pada jenis mata menonjol adalah dengan memakai eyeliner secara tebal. Hindari memakai eyeliner yang tipis. Ambil shade warna gelap dan pulaskan di bagian mata untuk membuat efek smoked-eye.

Eyeliner ini akan menyeimbangkan mata yang terlihat menonjol. Hasilnya, tampilan mata terlihat pas dan cantik.

4. Bentuk eyeliner untuk mata naik

Yang dimaksud dengan mata naik adalah naik di bagian ujung mata. Jadi, antara lengkungan mata dengan ujungnya terlihat tidak lurus.

Model eyeliner yang direkomendasikan untuk mata naik adalah winged eyeliner. Model ini akan mempercantik lengkung mata.

Jika Anda ingin mencoba cat eyes, boleh saja. Tapi harus hati-hati. Karena jika salah sedikit saja bisa membuat tampilan mata menjadi buruk.

Nah, jika mata Anda termasuk naik dengan ukuran yang kecil, pastikan untuk menyapukan eyeliner ke kelopak mata secara tipis dan perlahan. Jangan lupa untuk menyambungkannya dengan kelopak mata bawah.

5. Mono eyelids – eyeliner mata sipit

Di Indonesia, mono eyelids dikenal juga dengan mata sipit. Bagaimana cara menghias mata sipit dengan eyeliner?

Jika Anda memiliki mata jenis ini maka model eyeliner yang paling direkomendasikan adalah cat eyes eyeliner.

Dengan model ini, mata akan tampil lebih dramatis, cantik, dan memesona.

Akan sangat bagus jika eyeliner dipulaskan secara tebal dan pendek. Dibuat tebal dengan tujuan agar saat Anda membuka mata, eyeliner tidak akan tertutup dan masih terlihat garisnya.

Selanjutnya dibuat pendek agar tampilan menjadi lebih istimewa. Jadi, tidak perlu dibuat memanjang ke bagian luar mata ya? Karena bisa memberikan kesan lebih sipit pada mata Anda.

Anda disarankan menambahkan eyeshadow di bagian bawah mata. Khususnya pada bagian 2/3 agar tampilan mata makin maksimal.

6. Cara menghias mata dalam

Ciri yang paling terlihat dari mata dalam adalah tulang alis yang terlihat menonjol. Hal ini menjadi sebab mata terlihat masuk ke dalam atau tenggelam.

Berbeda dengan mata menonjol yang terlihat cembung, mata dalam terlihat cekung.

Maka dari itu, agar mata tak terlihat makin cekung, Anda perlu membuat eyeliner tipis di bagian atas mata. Kalau tebal, justru akan membuat garis mata makin jelas. Seperti bayang-bayang, mata akan terlihat lebih dalam.

Kemudian agar seimbang, pulaskan eyeliner berbentuk wings yang panjang dan tebal di ujung mata bagian luar. Inilah yang akan membuat sebuah ilusi mata yang ekspresif dan seolah bisa menenggelamkan.

Agar tampilan mata makin bagus, tambahkan riasan eyeshadow di bagian bawah mata. Mainkan sesuai kreasi dan kebutuhan mata Anda.

Baca juga cara memperlebat alis dengan minyak zaitun.

7. Almond eyes – Close set

Almond eyes dianggap sebagai mata ideal. Bentuk mata ini seperti bentuk wajah oval yang mudah dirias karena cocok dengan segala hal.

Meski banyak variasinya, almond eyes ini menyerupai upturned. Salah satu variasi almond eyes adalah close set.

Kalau Anda punya jenis mata yang ideal ini, Anda bisa pakai model eye liner apa saja dengan gaya yang variatif. Salah satu pilihan caranya adalah dengan membuat garis tipis dari bagian dalam mata hingga sepertiga bagian mata.

Lanjutkan dengan membuat garis tebal hingga bagian terluar mata Anda.

Cara menghias mata dan tips lainnya adalah tidak menggunakan eyeliner berwarna gelap pada bagian sudut mata dalam atau yang paling dekat dengan mata. Sebaliknya, pilihlah eyeliner warna silver atau putih. Atau gunakan eyeshadow sebagai highlighter di bagian inner corner mata. Agar bagian tersebut ada isinya.

Selanjutnya, secara umum winged eyeliner adalah salah satu model yang paling favorit untuk si mata almond. Sebab winged eyeliner akan membuat lengkungan mata menjadi lebih indah. Anda bisa menyapukan eyeliner ke arah atas untuk mendapatkan tampilan ini.

8. Mata bulat – cara memakai eyeliner untuk mata besar

Macam-macam mata selanjutnya adalah mata bulat. Mata bulat memiliki ciri yang lebar dan besar. Saat membuka mata si mata bulat akan terlihat memiliki bagian mata putih lebih banyak.

Cara memakai eyeliner untuk mata besar adalah dengan menerapkan model winged eyeliner. Namun, bagian sayapnya harus dibuat lebih lurus dan panjang. Dibandingkan dengan winged eyeliner untuk almond eyes yang digambarkan mengarah ke atas.

Ternyata ada banyak sekali tutorial pakai eyeliner ya? Semuanya ditujukan agar tampilan jadi sempurna karena model eyeliner sudah sesuai dengan bentuk mata.

Rekomendasi frame kacamata menurut bentuk wajah.

Cara memakai eyeliner cair sesuai bentuk mata

Macam-macam eyeliner yang dijelaskan di atas sudah sesuai dengan bentuk mata tiap orang. Sedangkan ada banyak sekali jenis eyeliner, dari pensil, gel, hingga cair. Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara memakai eyeliner cair sesuai bentuk mata supaya tidak belepotan. Rangkuman cara di bawah ini adalah jawabannya:

  1. Kocok dahulu botol eyeliner agar formulanya bisa tercampur secara halus dan bagus.
  2. Pegang kuas dengan rata dan tenang, jangan tegang apalagi beranggapan bahwa membuat kuas tetap lurus adalah yang terbaik. Justru jika kuasnya selalu lurus, hasil eyelinernya tidak rapi dan berantakan.
  3. Tarik bagian ujung mata.
  4. Mulai pakai eyeliner dari bagian tengah dan buat garis memanjang yang lokasinya terdekat dengan garis mata atas.
  5. Sempurnakan dari bagian sudut dalam mata.
  6. Rapikan eyeliner dan bentuk sesuai dengan model yang pas dengan mata Anda. Apakah pakai cat-eye atau yang lain.
  7. Cara menghias mata selanjutnya adalah dengan melentikkan bulu mata supaya eyeliner kelihatan cetar.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus Anda hindari saat melakukan cara memakai eyeliner cair sesuai bentuk mata:

  1. Ada gap atau jarak antara garis eyeliner yang Anda buat dengan garis mata bagian atas.
  2. Eyelinernya terlalu kerendahan.
  3. Lupa tidak menunggu eyeliner kering.
  4. Terlalu tebal karena keseringan mengoreksi kerapiannya.

Itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat memakai eyeliner cair. Jadi saat mengenakan eyeliner, harus yakin ya? supaya pulasannya bisa rapi dan lengkungannya pas dengan mata.

Dari tentang cara menghias mata dan tutorial pakai eyeliner ini Anda tak hanya tahu tentang bentuk eyeliner apa saja yang cocok. Tetapi juga alat makeup, macam-macam eyeliner, jenis eyeliner, dan gambar eyeliner seperti apa saja yang harus disiapkan agar tampilan Anda maksimal.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.