10 Tahapan dan Urutan Skincare Korea Terbaik di Indonesia

Share

Perawatan kecantikan ala Korea atau pemakaian skincare Korea kini tengah naik daun. Hal ini terbukti dari keberadaan salon atau klinik kecantikan dengan konsep Korea. Juga beberapa produk impor Korea yang diperjualbelikan dengan bebas di sini.

Seperti yang kita tahu, di Korea, operasi plastik adalah satu hal yang wajar. Hampir semua artis K-Pop dan drama Korea yang pernah kita nikmati karyanya melakukan treatment ini untuk menunjang penampilan mereka.

Namun tetap saja, operasi plastik ini harus didukung dengan perawatan kulit yang pas. Supaya hasilnya bisa bertahan lama dan selalu terlihat sempurna.

Kalau mau coba cantik ala Korea, Anda bahkan harus melewati 10 tahapan urutan skincare Korea. Wow! Apa saja langkahnya? Simak dalam ulasan di bawah ini ya?

Yuk coba step by step 10 urutan skincare Korea untuk hasil riasan yang cantik maksimal

Berikut adalah 10 step skincare korea yang harus dilakukan kalau ingin wajah glowing dewy ala Korea. Cocok untuk remaja maupun mahmud.

1. Tahapan skincare Korea pre-cleanse (make up remover dan oil cleanser)

Tahapan skincare Korea pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah dari make up atau sisa riasan dan kotoran yang tertinggal di wajah.

Orang Korea biasanya menggunakan makeup remover berbasis minyak untuk membersihkan wajahnya. Produk cleanser berbasis minyak dikenal ampuh membersihkan sisa makeup, bahkan yang waterproof sekalipun.

Cara memakai oil cleanser untuk kulit sangat mudah, yaitu:

  1. Anda cukup memijatkan minyak langsung ke seluruh bagian wajah dan leher.
  2. Percikkan atau semprotkan air hangat.
  3. Pijat kembali wajah secara perlahan.
  4. Bilas wajah dan leher hingga bersih.

2. Cleanse (water based cleanser)

Orang Korea selalu membersihkan wajahnya dengan tahapan yang double. Jika sebelumnya mereka membersihkan wajah dengan cleanser dengan basis minyak, maka langkah skin care Korea selanjutnya adalah dengan cleanser berbasis air.

Dalam urutan skincare Korea ini, Anda membutuhkan salah satu sabun cuci muka yang termasuk dalam 10 skin care terbaik di Indonesia atau memakai facial foam kesayangan Anda sendiri. Lalu lakukan tahapan berikut:

  1. Ambil sabun cuci muka, taruh ditangan dan kasih sedikit air.
  2. Gosok-gosok hingga berbusa.
  3. Aplikasikan ke wajah hingga merata.
  4. Pijat-pijat secara perlahan dengan arah yang benar dan gerakan memutar.
  5. Lakukan pemijatan wajah ini selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.
  6. Bilas hingga bersih.

Tahapan ini akan membuat Anda merasa wajah tak hanya bersih, tapi juga segar.

3. Eksfoliasi pakai produk eksfoliator

Setelah wajah dibersihkan menggunakan pembersih berbasis minyak dan air, kini saatnya melakukan eksfoliasi. Langkah ini berfungsi atau berguna untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati. Sehingga bisa dipastikan kulit yang akan diberi nutrisi nanti adalah kulit yang sehat.

Pengangkatan sel kulit mati ini juga bertujuan untuk membuat wajah tampak lebih cerah dan membuat perawatan kulit berikutnya menjadi lebih efektif. Kulit pun jadi lebih sehat terawat dengan tekstur yang lembut.

Untuk proses eksfoliasi, baiknya dilakukan dua kali dalam satu minggu. Jangan terlalu sering.

Urutan skincare Korea yang ketiga ini amat penting dilakukan oleh Anda yang sering memakai makeup tebal dan berat dalam kesehariannya.

Jika Anda mau membeli eksfoliator kulit yang kini sudah banyak tersedia di pasaran. Pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan jenis dan keadaan kulit ya? Kenali juga bahan dan cara pemakaiannya dengan baik. Agar tidak terjadi iritasi di kulit Anda.

4. Memakai toner

Toner memiliki manfaat baik untuk kulit, salah satunya adalah menjaga derajat keasaman atau pH kulit. Nah, konon dengan pH yang seimbang, maka kulit akan terbebas dari jerawat.

Selain itu, dengan melakukan toning, kulit juga akan lebih siap untuk menerima tahapan skincare Korea selanjutnya.

Cara melakukan toning ada dua, yakni:

  1. Tuangkan toner ke tangan lalu aplikasikan ke wajah dengan cara ditepuk-tepuk atau ditekan-tekan.
  2. Anda juga bisa menggunakan toner dengan memakai bantuan kapas. Yakni dengan menuangkan face toner ke kapas terlebih dulu.

5. Pakai essence wajah

Salah satu rahasia dalam skin care korea adalah essence. Tahapan ini bermanfaat untuk melembabkan kulit. Tekstur essence ini lebih ringan jika dibandingkan dengan serum namun lebih kental bentuknya.

Meski kental essence tak seberat moisturizer atau pelembab, lho!

Manfaat lain dari essence adalah untuk membantu pertukaran sel, menyembuhkan, dan meng-hidrasi kulit.

Cara menggunakannya hampir sama dengan toner. Yaitu dengan cara menuang essence sedikit saja ke tangan. Lalu diusapkan secara merata ke wajah sambil ditepuk-tepuk sampai meresap ke kulit.

6. Perawatan / treatment

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih treatment / perawatan yang sesuai dengan masalah kulit Anda. Misalnya memilih produk untuk pori-pori besar, kulit kusam, jerawat, keriput / kerutan wajah, atau bahkan masalah pigmentasi pada kulit.

Jenis produk yang digunakan di tahap ini misalnya serum atau ampul. Anda bisa mengaplikasikannya dengan cara sederhana seperti essence.

Namun Anda hanya perlu memakainya tipis-tipis saja. Sebab jika kebanyakan justru bisa menyebabkan masalah lain, breakout misalnya.

7. Memakai masker/sheet mask

Masker ala korea/Sheet mask makin digandrungi di masyarakat lho sejak 10 step skin care Korea dikenalkan. Jenis masker ini dinilai praktis dan memberikan nutrisi baik pada kulit. Dengan memakai masker, kulit juga jauh lebih siap menerima tahapan langkah skincare Korea selanjutnya.

Apalagi sheet mask hadir dengan varian yang sangat lengkap, jadi bisa disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit masing-masing orang.

Pemakaian produk ini dalam urutan skincare Korea sangat praktis, yakni:

  1. Tempelkan lembaran masker ke wajah secara langsung.
  2. Diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga 20 menit.
  3. Lepas maskernya.

Masker ala Korea ini bisa dipakai satu sampai dua kali dalam satu minggu. Produk ini juga diklaim aman untuk dipakai tiap hari, lho!

Kalau suka herbal, bisa dicoba masker spirulina untuk wajah ini ya guys.

8. Pakai krim mata/eye cream

Kulit di sekitar mata merupakan kulit yang teksturnya sangat halus dan tipis. Bagian mata sangat rentan terlihat berkerut saat tidak mendapatkan perawatan ekstra.

Maka dari itu, orang Korea menggunakan krim khusus untuk mata guna menjaga kecantikannya.

Dengan eye cream, kulit di sekitar mata akan lebih terlindungi dan tehidrasi dengan baik. Beda dengan bagian kulit wajah lainnya, perawatan pada bagian mata tidak boleh dilakukan dengan cara menggosok, melainkan ditekan-tekan biasa pakai jari.

Aplikasikan atau pakailah secara merata pada tulang mata. Dan hindari area waterline.

9. Pelembab (krim siang dan malam)

Untuk terlihat glowing dan dewy, yang paling bisa dilakukan adalah dengan memakai pelembab. Maka sebaiknya Anda mencari pelembab yang cocok untuk wajah.

Pelembab wajah hadir dengan tekstur yang beragam, di antaranya adalah krim, lotion, atau gel.

Meski beda tekstur, sesuai namanya, produk pelembab memiliki fungsi untuk melembabkan. Gunakan pelembab wajah di pagi dan malam hari secara rutin pada wajah dan leher.

Cara glowing lainnya bisa didapatkan dengan luluran juga lho!

10. Sunscreen sebagai item terakhir 10 langkah skincare korea

Langkah terakhir dalam 10 langkah skincare korea adalah dengan mengusapkan sunscreen wajah untuk kulit Anda.

Fungsi sunscreen sangat penting untuk kulit. Dua di antara manfaatnya dalam urutan skincare Korea adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari supaya tidak gosong dan menghindari atau mencegah kanker kulit.

Anda harus memakai sunscreen di pagi hari sebelum keluar rumah. Dan dipakai ulang dalam beberapa jam. Sebab saat di ruangan pun paparan sinar matahari tetap bisa masuk.

Base makeup ber-SPF juga bisa jadi alternatif dari sunscreen, lho!

Itulah 10 langkah skincare korea yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba perawatan wajah ala Korea dan rasakan hasilnya.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.