Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Ringkasan Materi Susunan Tata Surya untuk IPA Kelas 6 SD

Diperbarui terakhir: 22 Oktober, 2015


Ringkasan Materi Susunan Tata Surya untuk IPA Kelas 6 SD – Kami akan meringkas beberapa materi pada bab Tata Surya yang dibahas di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan kelas 6 SD/MI. Kemudian dalam artikel berikutnya akan disajikan pula contoh soal berikut pembahasan singkatnya. Jadi, simak baik-baik materinya biar bisa jawab soalnya ya?

Ringkasan Materi Susunan Tata Surya: Matahari, Planet, dan Benda Langit Lainnya

Ringkasan Materi Susunan Tata Surya untuk IPA Kelas 6 SD

Tata surya merupakan kumpulan dari matahari, planet, dan benda langit lainnya. Kemudian, lintasan peredaran matahari, planet, dan benda langit lainnya berbentuk elips. Dan berikut ini adalah ulasan rinci dari sistem tata surya;

Pertama, matahari

Matahari merupakan pusat tata surya. Planet-planet dalam tata surya bergerak dan mengelilingi matahari. Hal ini karena matahari memiliki gaya gravitasi yang paling besar.

Kedua, planet dalam tata surya

Planet memiliki garis edar saat mengelilingi matahari, sebutannya adalah orbit. Sementara bidang yang dilaluinya dinamakan bidang edar. Dan berdasarkan letak planet dari garis edar bumi, terdapat dua kelompok utama planet dalam tata surya, yakni planet dalam dan planet luar.

Planet dalam merupakan planet-planet yang berada di dalam garis edar bumi saat mengelilingi matahari (berada antara bumi dan matahari), yakni merkurius dan venus. Sementara planet luar merupakan planet-planet yang berada di luar garis edar bumi ketika mengelilingi matahari (selain merkurius dan venus), yakni Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

Untuk menghafal urutan planet dalam ringkasan materi susunan tata surya, biasanya saya menggunakan singkatan ini;

Mervebumars yang sangat ulung nan pandai

Artinya;

  • Mervebumars (Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars)
  • Yang untuk Yupiter/Jupiter
  • Sangat untuk Saturnus
  • Ulung untuk Uranus
  • Nan untuk Neptunus
  • Pandai untuk Pluto

Anda bisa menggunakan singkatan yang memudahkan Anda atau menggunakan singkatan di atas jika mau. Penjelasan detail tentang masing-masing planet akan diulas dalam materi berikutnya disini Menghafal Urutan Nama Planet dan Penjelasannya.

Khusus untuk Pluto, pada tahun 2006 sudah dicabut sebagai planet dalam sistem tata surya oleh International Astronomical Union atau yang biasa disingkat IAU. Namun demikian, pada tahun 2015 terjadi perdebatan lagi karena ada ahli astronomi yang mengatakan kalau Pluto masih layak untuk disebut sebagai planet. Terlepas dari perdebatan ini, informasi tentang nama dan urutan planet di atas hanya sebatas info untuk Anda ketahui sebagai ringkasan materi susunan tata surya. Sebab ilmu pengetahuan memang terus berkembang. Apakah nantinya Pluto akan kembali sebagai planet atau tidak, mari kita tunggu saja. Jika pun tidak, berarti neptunuslah yang menjadi planet paling jauh dari Matahari dan Pluto ikut dalam pembahasan benda langit lainnya yang akan dijelaskan di bawah.

Ketiga, benda langit lainnya

Ada beberapa benda langit yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah asteroid, meteoroid, satelit, dan komet. Penjelasan rinci untuk masing-masing benda langit dalam ringkasan materi susunan tata surya tersaji di bawah ini;

Satelit

Merupakan benda langit yang mengelilingi planet. Berikut adalah jumlah satelit masing-masing planet.

  • Merkurius tidak memiliki satelit
  • Venus tidak memiliki satelit
  • Bumi memiliki 1 satelit, yakni bulan
  • Mars memiliki 2 satelit
  • Jupiter memiliki 16 satelit
  • Saturnus memiliki 17 satelit
  • Uranus memiliki 12 satelit
  • Neptunus memiliki 8 satelit
  • Pluto memiliki 5 satelit

Komet

Komet merupakan benda langit yang terbentuk dari debu dan gas yang diselimuti oleh es. Komet ini ikut mengelilingi matahari namun tidak mengikuti orbit planet. Orbit dari komet lonjong dan panjang. Komet biasanya juga disebut bintang berekor. Sementara komet dalam Bahasa Yunani memiliki arti berambut panjang. Salah satu komet yang muncul 76 tahun sekali adalah Komet Halley.

Asteroida

Asteroida merupakan benda langit yang berukuran kecil-kecil dan mengelilingi matahari. Mayoritas asteroida ini berada di antara orbit planet Mars dan Jupiter.

Meteoroid

Meteoroid yang masuk ke atmosfer disebut meteor. Sementara meteoroid sendiri merupakan bebatuan luar angkasa yang mengandung besi dan dia bergerak bebas di angkasa.

Itulah ringkasan materi susunan tata surya untuk IPA kelas 6 SD. Soal dan materi rincinya akan kami ulas di artikel selanjutnya di hindayani.com.