Materi Susunan Tata Surya: Pengertian, Teori, Urutan, Gambar

Gambar Tata Surya - Materi, Pengertian, Teori, Urutan Susunan tata surya

Dalam kesempatan kali ini, Kak Hinda akan mengulas tentang materi tata surya secara detail mencakup susunan tata surya, pengertiannya, teori pembentukan, urutannya mulai dari bintang planet satelit komet asteroid meteor dan pembahasan galaksi. Materi ini tidak hanya untuk jenjang pendidikan dasar anak SD tapi juga untuk pendidikan menengah SMP dan SMA.

Materi alam semesta dan tata surya ini memang biasanya dibahas di kelas 6 SD, Kelas 7 dan 9 SMP. Perbedaan materi tata surya kelas 6 dan materi tata surya kelas 9 terletak pada detail pembahasan. Di mana materi ajar kelas 6 jauh lebih sederhana dan umum. Sementara di kelas 9, tata surya dibahas secara lebih detail.

Langsung saja, kita akan bahas satu per satu dalam artikel ini ya!

Tampilkan Daftar Isi

Daftar Isi


Pengertian Tata Surya

Tata surya adalah kumpulan dari matahari, planet, dan benda langit lainnya. Tata surya juga bisa dikatakan sebagai tempat di mana planet-planet dan benda langit berada sambil terus mengelilingi matahari[1]. Lintasan peredaran matahari dan planet-planet tersebut membentuk sebuah elips.


Planet-planet yang saat ini kita kenal adalah: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

Sebelumnya, ada Pluto yang tergabung sebagai planet kesembilan di tata surya kita. Sekarang, menurut NASA, Pluto dikategorikan sebagai planet kerdil.

Agar lebih jelas mengenai pengertian tata surya, simak ulasan tentang alam semesta dan tata surya ini secara menyeluruh ya?

Materi ini akan lebih mudah dipahami jika ada alat peraga tata surya. Tapi Kak Hinda akan coba memberikan gambaran sejelas mungkin melalui ulasan berikut.

Teori Pembentukan Tata Surya

Teori pembentukan tata surya yang secara umum dipercayai oleh mayoritas ilmuwan adalah bahwa tata surya terbentuk ketika debu dan awan gas di ruang angkasa terganggu. Kemungkinan oleh supernova atau ledakan bintang terdekat.

Ledakan inilah yang membuat gelombang di ruang angkasa, yang kemudian menekan debu dan awan gas. Tekanan tersebut membuat awan gas mulai runtuh. Sementara di saat yang bersamaan gravitasi menarik debu dan awan gas sehingga terbentuklah Nebula Matahari.

Nah, awan-awan yang runtuh berputar sangat cepat sehingga suhunya menjadi panas dan padat di bagian tengahnya. Lalu terbentuklah cakram dari debu dan gas yang cukup panas di bagian tengah dan dingin di bagian pinggir. Lalu cakram ini menarik partikel-partikel di sekitarnya hingga terbentuk gumpalan.

Gumpalan-gumpalan yang semakin besar inilah yang kemudian membentuk planet dan bulan[2].

Agar lebih jelas tentang proses pembentukan tata surya, berikut ini adalah teori asal-usul tata surya yang berkembang hingga sekarang:

1. Teori bintang kembar

Teori ini dikemukakan oleh Ray Littleton pada tahun 1937 sampai 1941.

Menurut scientis yang memiliki nama lengkap Raymond Arthur Littleton ini, tata surya kita awalnya adalah dua bintang kembar, kemudian datanglah bintang lain dan menabrak salah satu dari bintang kembar tersebut.

Akibatnya, banyak pecahan yang mengambang di angkasa dan membentuk planet-planet seperti Jupiter dan Saturnus karena tidak dapat mengembun sendiri dan akibat ketidakstabilan rotasi.

Planet-planet tersebut kemudian mengorbit pada bintang yang masih utuh, salah satunya seperti bintang yang kita kenal yaitu matahari.

Teori serupa sebenarnya juga sudah pernah dikemukakan oleh Henry Russel pada tahun 1935, namun ditolak banyak ilmuwan karena Russel tidak memberikan perhitungan detail mengenai konsepnya. Selain dikenal sebagai teori bintang kembar, teori pembentukan tata surya ini juga dikenal sebagai lyttleton’s scenario[3] dan teori bintang ganda.

2. Teori kabut Kant-Laplace – Teori Nebula

Teori kabut Kant-Laplace ini dikenal juga dengan teori nebula. Ini merupakan salah satu teori yang cukup banyak diterima oleh para ilmuwan.

Teori ini diungkapkan oleh beberapa ilmuwan.

  • Pertama, tahun 1734 diungkapkan oleh Emanuel Swedenborg.
  • Kedua, tahun 1755 berdasarkan teori Swedenborg, Immanuel Kant mengembangkannya dengan gagasan yang lebih luas tentang teori ini.
  • Ketiga, tahun 1796, Pierre-Simon Laplace secara independen juga mengemukakan teori yang sama.

Secara singkat, teori pembentukan tata surya menurut Kant adalah sebagai berikut[4]:

Tata surya terbentuk dari kabut dan gas yang ada di angkasa. Di mana kabut dan gas ini berputar secara lambat hingga membentuk sebuah cakram yang datar yang ada inti massanya.

Nah, inti massa yang letaknya di tengah memiliki suhu yang sangat tinggi dan bercahaya. Bentuk ini kita kenal dengan matahari.

Sedangkan bagian pinggir dari inti massa mengalami proses pendinginan. Yang pada kelanjutannya berubah menjadi planet-planet. Planet-planet ini kemudian mengorbit ke matahari.

3. Teori pasang surut

Teori pasang surut ini dikenal juga dengan nama tidal theory. Teori ini dikemukakan oleh James Jeans pada tahun 1917 yang secara ringkas mengungkapkan teori pembentukan planet sebagai berikut[24]:

Di tata surya sudah ada matahari, lalu datanglah bintang lain. Bintang ini mendekat ke matahari. Nah, bintang besar ini menarik gelombang pasang gas yang ada di matahari sehingga menempel di bagian bintang besar tersebut.

Selanjutnya terjadilah proses tarik menarik gelombang antara bintang besar dan matahari. Saking kencangnya sampai gelombang ini putus.

Sebagian gas pecah menjadi partikel-partikel yang kemudian menjadi planet. Lalu sebagian lain gas tersebut masuk lagi ke matahari.

Teori pembentukan tata surya ini dijuluki teori pasang surut karena:

  • Pasang: karena pada saat gelombang panas dilepas oleh matahari ke bintang, kejadiannya mirip peristiwa pasang.
  • Surut: karena pada saat sebagian gelombang panas kembali ke matahari mirip dengan kejadian surut.

4. Teori proto planet

Dikemukaan oleh W.H. McCrea pertama kali tahun 1960, lalu 1963, dan 1978 dengan nama teori protoplanet yang isinya adalah[25]:

Matahari dan planet-planet secara individual bersatu dari dalam awan yang sama. Yang mana planet-planet kecil kemudian ditarik oleh gravitasi matahari yang jauh lebih besar.

Teori proto planet ini memiliki beberapa masalah karena menjelaskan bahwa planet mengorbit ke matahari dengan arah yang sama. Yang jika ditangkap secara individu terlihat tidak mungkin.

5. Teori awan debu atau awan kabut

Teori awan debu atau awan kabut ini disebut juga dengan the dust – cloud theory. Teori ini dikenalkan oleh Carl von weizsaecker. Kemudian disempurnakan oleh Gerard Peter Kuiper pada tahun 1950.

Inti dari teori awan debu adalah bahwa tata surya terbentuk dari sejumlah awan gas yang jumlahnya sangat banyak.

Kemudian gumpalan awan gas tersebut mengalami penyusutan dan pemampatan. Kemudian menarik partikel debu yang ada di sekitarnya hingga terbentuklah bola. Selanjutnya, bola-bola tersebut memilin sehingga terbentuk semacam cakram.

Bagian tengah piringan cakram ini bergerak lambat yang mengakibatkan panas dan tekanannya meningkat karena adanya proses saling tekan antar partikel. Nah, bagian tengah inilah yang kita kenal dengan matahari yang bisa bercahaya.

Sementara bagian pinggiran cakram bergerak dengan cepat hingga saling dan mental dan terbentuklah gumpalan-gumpalan yang lebih kecil. Gumpalan-gumpalan kecil ini kemudian kita kenal dengan sebutan planet, meteoroid, asteroid, satelit, komet, dan benda langit kecil lainnya.

6. Teori planetesimal

Adalah Thomas Chamberlin dan Forest R Moulton yang mengenalkan teori planetesimal ini pada tahun 1905.

Dalam teori ini dikemukakan bahwa matahari sudah ada pada awalnya. Lalu ada bintang yang melintas dan mendekat sehingga menyebabkan partikel matahari tertarik keluar ke arah bintang yang baru datang.

Selanjutnya bintang tersebut pergi. Pada saat yang bersamaan partikel yang sudah terlanjur tertarik ke bintang mengambang di angkasa dan pada kelanjutannya membentuk planet. Sementara sebagian partikel lain masih bisa kembali ke matahari.

Urutan Anggota / Susunan Tata Surya

Ringkasan Materi Susunan Tata Surya untuk IPA Kelas 6 SD

Berikut ini adalah beberapa urutan anggota atau susunan tata surya kita mulai dari bintang, planet, satelit, komet, asteroid, meteor dan meteoroid. Kak Hinda juga akan sekalian menuliskan ringkasan karakteristik tata surya disini ya!

Bintang

Gambar Perbandingan Ukuran Bintang

Macam-macam tata surya yang perlu kita pelajari pertama kali adalah bintang. Kita akan belajar tentang pengertian bintang dan nama-nama bintang sebagai salah satu anggota tata surya. Simak!

Pengertian bintang

Secara umum, pengertian bintang adalah benda langit atau objek astronomi yang bisa memancarkan cahaya. Terdapat dua kategori bintang, yakni bintang nyata dan bintang semu. Apa pengertian bintang nyata dan bintang semu?

  1. Bintang nyata adalah bintang yang bisa memancarkan cahayanya sendiri
  2. Bintang semu adalah bintang yang memantulkan cahaya yang diterima dari bintang nyata sehingga tampak bercahaya. Bintang semu ini tidak bisa menghasilkan cahaya sendiri.

Meskipun ada dua kategori sebagaimana tertulis di atas. Namun secara umum sebutan bintang disematkan kepada obyek-obyek langit yang bisa memancarkan cahayanya sendiri.

Matahari merupakan salah satu contoh bintang nyata yang paling dekat dengan Bumi.

Nama-nama bintang di tata surya

Nama-nama bintang di tata surya kita ada banyak sekali. Berikut kak Hinda buat tabel daftar nama-nama bintang di tata surya. Mulai dari Matahari sampai yang terbesar yang diketahui saat ini yaitu UY Scuti. Tabel berikut berisi 64 baris dengan 6 baris perbandingan ukuran orbit, jadi total bintang di tabel berikut adalah 58 bintang.

Tabel Nama Bintang di Tata Surya

No.Nama BintangJari-jari
(km)
Diameter
(km)
Berapa
Kalinya
Matahari?
Volume
(x10^18 km)
Muat
Berapa
Matahari?
1Matahari695.7001.391.40011,411
2VV Cephei B9.044.10018.088.200133.099,982.197
3Arcturus17.670.78035.341.5602523.122,2716.387
4Polaris26.088.75052.177.5003874.408,6152.734
5Aldebaran30.701.24161.402.48244121.263,8085.941
6Orbit Merkurius45.916.20091.832.40066405.659,07287.496
7Canopus49.394.70098.789.40071505.015,18357.911
8Rigel A54.890.730109.781.46079693.043,34491.169
9Peony Star64.004.400128.008.800921.098.734,77778.688
10S Doradus69.570.000139.140.0001001.411.007,711.000.000
11Epsilon Aurigae A99.485.100198.970.2001434.126.078,632.924.207
12Orbit Venus107.137.800214.275.6001545.153.372,673.652.264
13Deneb141.227.100282.454.20020311.803.682,018.365.427
14Orbit Bumi149.575.500299.151.00021514.023.123,779.938.375
15Eta Carinae A173.925.000347.850.00025022.046.995,5015.625.000
16Alpha Herculis197.578.800395.157.60028432.320.971,6022.906.304
17Orbit Mars206.622.900413.245.80029736.965.683,0526.198.073
18La Superba213.579.900427.159.80030740.826.722,2228.934.443
19Mira A230.972.400461.944.80033251.634.935,4736.594.368
20The Pistol Star236.538.000473.076.00034055.458.247,1239.304.000
21R Doradus257.409.000514.818.00037071.471.773,6450.653.000
22CW Leonis271.323.000542.646.00039083.699.566,4859.319.000
23R Leporis278.280.000556.560.00040090.304.493,5864.000.000
24Rho Cassiopeiae278.280.000556.560.00040090.304.493,5864.000.000
25CE Tauri408.375.900816.751.800587285.393.246,11202.262.003
26TV Geminorum431.334.000862.668.000620336.282.646,02238.328.000
27Antares A473.076.000946.152.000680443.665.976,95314.432.000
28XX Persei493.947.000987.894.000710505.015.181,27357.911.000
29KK Persei503.686.8001.007.373.600724535.482.258,06379.503.424
30RU Virginis514.818.0001.029.636.000740571.774.189,15405.224.000
31R Cygni518.296.5001.036.593.000745583.442.693,80413.493.625
32GP Cassiopeiae522.470.7001.044.941.400751597.653.130,26423.564.751
33YZ Persei527.340.6001.054.681.200758614.521.390,23435.519.512
34S Cephei528.732.0001.057.464.000760619.398.521,45438.976.000
35AV Persei535.689.0001.071.378.000770644.171.583,86456.533.000
36RS Persei535.689.0001.071.378.000770644.171.583,86456.533.000
37SU Persei542.646.0001.085.292.000780669.596.531,82474.552.000
38BO Carinae549.603.0001.099.206.000790695.681.831,40493.039.000
39BU Persei553.081.5001.106.163.000795708.974.758,68502.459.875
40BI Cygni591.345.0001.182.690.000850866.535.111,23614.125.000
41Betelgeuse617.085.9001.234.171.800887984.691.631,37697.864.103
42IX Carinae640.044.0001.280.088.0009201.098.734.773,37778.688.000
43S Cassiopeiae647.001.0001.294.002.0009301.134.953.930,33804.357.000
44NR Vulpeculae681.786.0001.363.572.0009801.328.029.170,62941.192.000
45RW Cephei682.481.7001.364.963.4009811.332.098.715,82944.076.141
46KW Sagittarii701.961.3001.403.922.6001.0091.449.448.823,891.027.243.729
47U Lacertae711.005.4001.422.010.8001.0221.506.198.028,771.067.462.648
48CK Carinae737.442.0001.474.884.0001.0601.680.532.761,311.191.016.000
49Orbit Jupiter740.224.8001.480.449.6001.0641.699.629.542,871.204.550.144
50RT Carinae758.313.0001.516.626.0001.0901.827.295.906,471.295.029.000
51VX Sagittarii779.184.0001.558.368.0001.1201.982.364.243,031.404.928.000
52MY Cephei788.923.8001.577.847.6001.1342.057.636.007,191.458.274.104
53BC Cygni793.098.0001.586.196.0001.1402.090.470.009,911.481.544.000
54EV Carinae812.577.6001.625.155.2001.1682.248.318.923,411.593.413.632
55NML Cygni823.013.1001.646.026.2001.1832.336.058.000,381.655.595.487
56PZ Cassiopeiae827.883.0001.655.766.0001.1902.377.772.345,221.685.159.000
57S Persei843.188.4001.686.376.8001.2122.512.101.871,031.780.360.128
58Mu Cephei876.582.0001.753.164.0001.2602.822.545.963,222.000.376.000
59VV Cephei A973.980.0001.947.960.0001.4003.871.805.162,172.744.000.000
60AH Scorpii981.632.7001.963.265.4001.4113.963.788.093,162.809.189.531
61KY Cygni987.894.0001.975.788.0001.4204.040.121.450,142.863.288.000
62VY Canis Majoris987.894.0001.975.788.0001.4204.040.121.450,142.863.288.000
63UY Scuti1.188.255.6002.376.511.2001.7087.030.609.660,124.982.686.912
64Orbit Saturnus1.349.658.0002.699.316.0001.94010.302.309.133,457.301.384.000

Tabel nama bintang di atas, kak hinda susun dari berbagai sumber dari website nasa dan juga jurnal bereputasi yang menyediakan data ukuran jari-jarinya saja. Lalu kak hinda hitung dan olah untuk mendapatkan data berapa diameter dan volumenya, lalu dibandingkan dengan ukuran matahari dan ukuran orbit planet. Diameter didapat dari menghitung jari-jari kali dua. Volume di hitung dengan rumus volume bola dengan asumsi bahwa planetnya berbentuk bola.

Yang menarik adalah fakta bintang terbesar yang diketahui saat ini yaitu UY Scuti yang memiliki jari-jari hampir sama dengan jarak dari matahari ke planet saturnus. Ingat ya, jarak dari matahari ke saturnus, bukan jari-jari planet saturnus.

Jika kita anggap bahwa UY Scuti seperti kantong berbentuk bola dengan ruang kosong, maka di dalamnya mampu menampung hampir 5 Milyar buah matahari, tepatnya sebanding dengan 4.982.686.912 buah matahari.

Selain itu, nama-nama bintang di tata surya yang Kak Hinda tulis di atas hanya sebagian kecilnya saja.

Menurut astro.wisc.edu[5], ada 312 nama-nama bintang di tata surya kita yang sudah di identifikasi. Bintang pertama yang berawalan A adalah Acamar, dan bintang terakhir yang berawalan huruf Z adalah Zuben Elschemali.

Namun yang perlu diingat, tidak ada yang tahu pasti jumlah bintang ada berapa. Sejauh ini, selain yang sudah diketahui, kita hanya bisa menyaksikannya di malam hari. Sampai-sampai ada yang menyebut, jumlah bintang di langit jumlahnya lebih banyak daripada butiran pasir di gurun.

Planet

Planet di tata surya dan Orbitnya

Planet merupakan salah satu materi tata surya kelas 6 SD dalam tematik 9 tentang menjelajah angkasa luar. Materi ini juga menjadi bagian dari materi tata surya kelas 9. Berikut beberapa poin materi tentang anggota tata surya yang dinamai dengan planet:

Pengertian planet

Pengertian planet adalah benda langit yang mengorbit pada sebuah bintang sehingga memiliki gravitasi sendiri. Bintang yang dimaksud adalah matahari dan orbitnya berbentuk elips.

Karakteristik / ciri-ciri planet dalam tata surya

Secara umum, ada dua jenis utama planet menurut zat pembentuk sebagai karakteristik / ciri-ciri planet dalam tata surya. Yaitu planet raksasa gas besar berkepadatan dan planet keBumian atau raksasa darat kecil berbatu.

Yang termasuk dalam planet raksasa gas adalah Neptunus, Uranus, Saturnus, dan Jupiter. Sedangkan yang termasuk dalam planet keBumian adalah Bumi, Venus, Merkurius, dan Mars.

Selain itu, IAU (persatuan astronomi internasional) juga mengakui lima planet kerdil. Di antaranya adalah juno, Pluto, vesta, pallas, dan cerres.

Klasifikasi planet

Sebagaimana pengertian planet yang sudah dipaparkan di atas bahwa planet mengorbit ke matahari. Apa itu orbit?

Orbit adalah garis edar planet saat mengelilingi matahari. Berdasarkan letak planet, terdapat dua klasifikasi planet yang utama, yakni planet dalam dan planet luar tata surya.

  • Planet dalam adalah planet-planet yang berada di dalam sabuk asteroid (letaknya antara orbit Mars dan Jupiter), yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
  • Planet luar tata surya adalah planet-planet yang berada di luar sabuk asteroid, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Agar lebih jelas mengenai 8 planet tersebut, terus simak ulasan tentang planet ini ya?

Urutan nama dan susunan planet tata surya

Berikut adalah susunan planet dalam tata surya kita minus planet Pluto yang sudah diakui sebagai planet kerdil diurutkan dari yang paling dekat dengan matahari:

  1. Merkurius
  2. Venus
  3. Bumi
  4. Mars
  5. Jupiter
  6. Saturnus
  7. Uranus
  8. Neptunus

Sekedar berbagi pengalaman cara menghafal urutan planet tata surya kita adalah dengan menyingkatnya. Kak Hinda menyingkat klasifikasi planet dengan kalimat di bawah ini:

MervebuMars yang sangat ulung nan pandai.

Keterangan:

  • Mer untuk Merkurius
  • Ve untuk Venus
  • Bu untuk Bumi
  • Mars untuk Mars
  • Yang untuk Jupiter
  • Sangat untuk Saturnus
  • Ulung untuk Uranus
  • Nan untuk Neptunus
  • Pandai untuk Pluto

Tapi karena sekarang Pluto sudah masuk sebagai planet kerdil, maka singkatan pandai bisa dihilangkan menjadi:

MervebuMars yang sangat ulung nan (saja).

Jadi tinggal 8 planet saja ya!

Jarak Antar Planet

Tabel jarak antar planet berdasarkan jarak rata-ratanya dari matahari.

Jarak
(juta km)
MatahariMerkuriusVenusBumiMarsJupiterSaturnusUranusNeptunus
Matahari57,9108,2149,6227,9778,61.433,52.872,54.495,1
Merkurius57,950,391,7170,0720,71.375,62.814,64.437,2
Venus108,250,341,4119,7670,41.325,32.764,34.386,9
Bumi149,691,741,478,3629,01.283,92.722,94.345,5
Mars227,9170,0119,778,3550,71.205,62.644,64.267,2
Jupiter778,6720,7670,4629,0550,7654,92.093,93.716,5
Saturnus1.433,51.375,61.325,31.283,91.205,6654,91.439,03.061,6
Uranus2.872,52.814,62.764,32.722,92.644,62.093,91.439,01.622,6
Neptunus4.495,14.437,24.386,94.345,54.267,23.716,53.061,61.622,6

Tabel ini kak hinda buat dengan mengolah data dari nasa[26]. Dengan bekal basis data jarak planet dari matahari, kak hinda mengolahnya untuk mendapatkan jarak antar planet. Yang menjadi catatan, data ini hanya berbasis asumsi jarak rata-rata dari matahari.

Yang perlu diingat, banyak ilmuwan yang masih memakai cara ini.

Yang perlu dipertimbangkan, selalu ada cara dan temuan baru. Seperti yang sedang ramai diperbincangkan saat ini, temuan Tom Stockman, Gabriel Monroe dan Samuel Cordner per 12 Maret 2019[27], yang menyatakan bahwa planet terdekat dengan bumi bukanlah venus (jarak 41,4 juta km) atau Mars (jarak 78,3 juta km), melainkan planet merkurius. Begitu juga planet yang terdekat dengan Neptunus bukanlah Uranus, tetapi merkurius.

Kok bisa?

Metode yang ditemukan oleh Stockman dkk ini cukup unik. Singkatnya begini, kamu punya teman bernama Bagus di sebelah rumah. Tapi kalian jarang ketemu karena Bagus sekolah di SMP Ujung Timur, sedangkan kamu sekolah di SMP Ujung Selatan. Di Sekolah ini kamu lebih sering bertemu teman yang bernama Candra dan Candra ini rumahnya bukan di sebelah rumahmu tapi di ujung gang. Karena kamu lebih sering bertemu Candra dibandingkan bertemu Bagus, maka Jarak dirimu dengan Candra jadi lebih dekat.

Planet yang paling ter…

Delapan planet di atas memiliki julukan masing-masing. Berikut adalah beberapa julukan atau sebutan untuk planet-planet di atas:

  1. Planet terbaru dalam tata surya adalah planet X, disinyalir seukuran Neptunus akan tetapi belum mengubah susunan planet dalam tata surya saat ini yang berjumlah 8 planet[6]. Planet ini ditemukan pada tahun 2015.
  2. Planet terkecil dalam tata surya kita adalah Merkurius dengan diameter sebesar 4.879,4 km atau 0,4 kali dari diameter Bumi.
  3. Planet terbesar dalam tata surya adalah Jupiter dengan diameter sebesar 139.820 km atau sekitar 11,2 kali diameter Bumi.
  4. Planet terdekat dengan Bumi adalah Merkurius.

Ini berdasarkan studi terbaru yang menunjukkan bahwa rata-rata jarak planet Merkurius dan Bumi ketika berada di orbit jauh lebih kecil dibanding jarak rata-rata Venus dan Bumi[7] [27]. Hal ini karena kecepatan masing-masing planet berbeda.

Hasil ini akan berbeda jika dihitung berdasarkan jarak rata-rata planet dari matahari, seperti tabel jarak antar planet di atas. Berdasarkan tabel tersebut, planet terdekat dengan Bumi masih Venus.

  1. Planet terdekat dengan matahari adalah Merkurius dengan jarak 57,91 juta kilometer.
  2. Planet terjauh di tata surya adalah Neptunus dengan jarak 4,49 miliar kilometer dari matahari (dengan hanya mempertimbangkan 8 planet yang sudah diakui oleh ilmuwan)
  3. Planet terjauh dari Bumi adalah Neptunus, dengan jarak 4,34 miliar km dari bumi.
  4. Planet terjauh dari matahari adalah Neptunus.
  5. Planet terdingin di tata surya adalah Neptunus karena suhu rata-ratanya -200oC. Hal ini akibat jarak Nepunus yang terlampau jauh dari matahari.
  6. Planet terpanas di tata surya adalah Venus dengan suhu rata-rata 464oC.
  7. Planet terluar adalah Neptunus. Hal ini didasarkan pada klasifikasi planet dalam tata surya menurut orbit Bumi terhadap matahari.

Pada dasarnya, julukan planet-planet tersebut dapat berubah seiring perkembangan waktu. Sebab angkasa luar selalu diteliti. Bahkan jumlah planet 8 pun bisa bertambah jika memang ada benda langit yang ditemukan memenuhi syarat dan disetujui oleh para ilmuwan.

Satelit

Satelit dan Bulan di Tata Surya

Silakan simak ulasan tentang satelit di bawah ini:

Pengertian satelit

Secara sederhana, pengertian satelit adalah benda langit yang mengelilingi planet. Ada juga yang menjabarkan pengertian satelit sebagai sebuah benda langit atau obyek astronomi yang mengorbit ke benda langit lain dengan revolusi dan rotasi tertentu.

Dengan kata lain, setiap satelit memiliki periode rotasi dan revolusi yang berbeda.

Ciri-ciri satelit

Sesuai dengan pengertian satelit di atas, berikut adalah ciri-ciri satelit dalam tata surya kita:

  1. Satelit berotasi (berputar pada porosnya).
  2. Satelit berevolusi terhadap planetnya masing-masing (beredar mengelilingi planet).
  3. Bersama planet, satelit mengelilingi matahari.

Apakah pembahasan tentang materi satelit hanya sampai disini? Tidak. Silakan lanjut membaca ya!

Jenis, jumlah dan urutan nama satelit planet

Ada dua jenis satelit dalam tata surya, yaitu satelit alami dan satelit buatan. Yang biasanya dikenal sebagai materi dasar adalah satelit alami. Berikut penjelasan keduanya:

Satelit alami

Pengertian satelit alami adalah semua benda atau obyek luar angkasa yang mengorbit atau mengelilingi planet atau benda luar angkasa lainnya yang ukurannya lebih besar dari dirinya secara alami (tidak dibuat oleh manusia).

Berikut adalah daftar satelit alami yang dimiliki oleh delapan planet dalam tata surya di atas:

  1. Jumlah satelit planet Merkurius adalah 0. Planet ini tidak punya satelit.
  2. Planet Venus memiliki 0 satelit atau tidak punya satelit alami.
  3. Jumlah satelit planet Bumi adalah 1 dan nama satelitnya yaitu bulan
  4. Planet Mars memiliki 2 satelit dan bernama phobos dan deimos.
  5. Planet Jupiter memiliki 79 satelit[8], ada yang sudah diberi nama dan ada yang belum. Dan beberapa satelit yang sudah diberi nama adalah metis, andrastea, thebe, amalthea, io, ganymede, callisto, europa, themisto, leda, himalia, pandia, ersa, elara, dll.
  6. Jumlah satelit planet Saturnus adalah 82[9]. Sebanyak 53 satelit sudah diberi nama, sisanya belum dan ada yang masih butuh konfirmasi. Di antara nama satelit Saturnus yang terkenal adalah Titan, enceladus, rhea, lapetus, dione, mimas, tethys.
  7. Jumlah satelit planet Uranus adalah 27 dan nama satelitnya yaitu oberon, titania, umbriel, ariel, miranda, cordelia, ophelia, bianca, juliet, cressida[10], dll.
  8. Jumlah satelit planet Neptunus adalah 14 satelit dan nama satelitnya yaitu Despina, Galatea, Hallmede, Hippocamp, Laomedela, Larissa, Nalad, Nereld, Neso, Proteus, Psmathe, Sao, Thalassa, dan Triton.

Dulu, saat masih menjadi planet dalam tata surya, planet Pluto memiliki 5 satelit, yaitu charon, hydra, kerberos, Nlx, dan Styx. Sekarang Pluto masuk kategori planet katai atau kerdil sehingga materi tentang satelit Pluto tidak begitu dibahas.

Satelit buatan

Pengertian satelit buatan adalah satelit buatan manusia yang mengelilingi Bumi. Ini merupakan salah satu materi kelas 7 SMP. Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1 yang diluncurkan pada tanggal 4 Oktober 1957 oleh Soviet.

Satelit buatan difungsikan untuk berbagai hal, di antaranya adalah komunikasi, cuaca, penelitian, militer, dll. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jenis satelit buatan yang ada di Bumi:

  1. Satelit cuaca yaitu satelit yang diluncurkan dengan fungsi untuk mengamati iklim dan cuaca yang ada di Bumi.
  2. Satelit mata-mata atau pengamat Bumi digunakan demi untuk memata-matai dalam hal kemiliteran.
  3. Satelit navigasi adalah satelit yang menggunakan sinyal radio. Sinyal radio ini disalurkan dengan sebuah penerima yang ada di tanah dengan tujuan untuk menentukan lokasi di permukaan Bumi.
  4. Satelit komunikasi adalah satelit-satelit yang menggunakan radio pada gelombang mikro untuk tujuan telekomunikasi.
  5. Satelit pengamat Bumi adalah satelit yang khusus dibuat dan dipasang untuk mengamati pergerakan Bumi dan orbitnya.
  6. Satelit astronomi / penelitian adalah satelit yang digunakan untuk mengamati galaksi, planet, dan benda-benda di luar angkasa.

Itulah beberapa jenis satelit buatan dan pengertiannya. Ada banyak contoh penggunaan satelit yang bisa kita lihat saat ini. Salah satu contohnya adalah penggunaan GPS.

Komet

Gambar Komet dan Lintasan Komet Halley

Pernahkah Anda mendengar istilah komet? Pernahkah Anda melihatnya secara langsung? Apa itu komet? Semuanya akan dibahas dalam ulasan di bawah ini:

Pengertian komet

Komet merupakan benda langit yang terbentuk dari debu dan gas yang diselimuti oleh es. Komet ikut mengelilingi matahari akan tetapi tidak mengikuti orbit planet.

Komet memiliki orbit yang berbentuk panjang, lonjong, hiperbolis, atau parabolis. Komet disebut juga sebagai bintang berekor. Sementara dalam bahasa Yunani arti komet adalah berambut panjang.

Meski disebut bintang berekor, komet bukanlah bintang. Jika Anda pernah mendengar lintang kemukus dari orang tua, maka inilah julukan komet dari orang Jawa.

Karakteristik / ciri-ciri komet

Seperti yang sudah disinggung dalam pengertian di atas, karakteristik komet adalah:

  1. Komet bukanlah bintang meski disebut bintang berekor.
  2. Komet terlihat memiliki ekor.
  3. Komet mengelilingi matahari.
  4. Orbit komet berbentuk lonjong, panjang, elips, hiperbolis, atau parabolis.
  5. Komet terbentuk dari debu dan gas.
  6. Komet bisa dilihat ketika posisinya jauh dari matahari. Adalah inti komet yang pertama kali akan dilihat.

Itulah beberapa ciri-ciri komet yang merupakan simpulan dari pengertian di atas.

Macam-macam komet

Berikut ini adalah beberapa macam komet yang bisa menambah pengetahuan Anda tentang benda angkasa satu ini:

  1. Komet berekor panjang, contoh: komet halley yang tampak 76 tahun sekali dan komet Kohoutek yang melintas dekat matahari setiap 75.000 tahun sekali.
  2. Komet berekor pendek, contoh: komet encke yang melintas setiap 3,3 tahun sekali mendekat ke matahari.

Biasanya komet dianggap sebagai fenomena alam. Jadi saat akan ada komet yang bisa terlihat dari Bumi, banyak media yang akan memberitahu dan kita semua menyambutnya dengan antusiuas.

Contoh komet dan penemunya

Di atas sudah disinggung beberapa jenis komet dan salah satu contohnya adalah komet halley.

Kenapa dinamakan halley?

Hal ini karena komet ini ditemukan oleh Edmond Halley. Kala itu, Halley mengungkapkan bahwa orbit komet yang muncul pada tahun 1682, 1607, dan 1531 memiliki kesan yang identik. Dia pun menyimpulkan bahwa ketiga komet yang muncul di tahun-tahun tersebut adalah komet yang sama.

Penemuan ini membuatnya bisa meramalkan bahwa pada tahun 1758 komet tersebut akan muncul kembali. Dan ternyata apa yang diperkirakan Halley benar adanya. Komet tersebut muncul lagi pada tahun 1758.

Sayangnya, Edmond Halley sudah meninggal saat ramalannya terbukti. Setelah itu, komet yang muncul 76 tahun sekali ini diberi nama komet halley.

Asteroid

Gambar Asteroid

Tahukah kamu apa itu asteroid? Yuk kita kenalan sama benda luar angkasa satu ini!

Pengertian asteroid

Pengertian asteroid adalah benda langit yang berukuran kecil dan mengelilingi matahari. Mayoritas asteroid ini ada di antara orbit planet Mars dan Jupiter. Sementara asteroid lainnya juga ditemukan dekat dengan Bumi.

Kumpulan asteroid yang banyak antara planet Mars dan Jupiter disebut sabuk asteroid.

Asteroid disebut juga planetoid atau planet minor. Ukuran asteroid lebih kecil dari planet tetapi lebih besar jika dibandingkan dengan meteoroid.

Karakteristik / ciri-ciri asteroid

Sesuai dengan pengertian asteroid di atas, berikut adalah karakteristik asteroid:

  1. Benda langit yang ukurannya kecil. Lebih kecil dari planet kerdil dan lebih besar dari meteoroid.
  2. Mengorbit atau mengelilingi matahari.
  3. Jumlahnya ada ratusan ribu di angkasa, mayoritas ada di antara orbit Mars dan Jupiter.
  4. Ada juga asteroid yang dekat dengan Bumi dengan jumlah yang cukup signifikan.
  5. Disebut juga dengan planet minor atau planetoid.
  6. Memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Itulah beberapa ciri-ciri asteroid yang perlu Anda tahu.

Perbedaan asteroid dan komet

Berikut adalah beberapa perbedaan asteroid dan komet:

  1. Komet memiliki orbit yang lonjong, orbit asteroid seperti orbit planet.
  2. Bentuk komet terlihat lebih beraturan ketimbang asteroid.
  3. Komet dijuluki sebagai bintang berekor sementara asteroid adalah planet minor.
  4. Jumlah asteroid lebih banyak ketimbang komet.

Itulah ringkasan beberapa perbedaan asteroid dan komet.

Contoh asteroid dan penemunya

Jika Anda mau tahu contoh asteroid dan penemunya, simak ulasan di bawah ini:

Ceres (Ex Asteroid)

Asteroid yang pertama kali ditemukan diberi nama Ceres. Penemunya adalah Giusseppe Piazzi pada tahun 1801. Pada awal ditemukan, Ceres dipertimbangkan menjadi sebuah planet baru.

Setelah penemuan Ceres, ada banyak penemuan benda langit berukuran kecil menyerupai bintang atau titik-titik cahaya. Hingga akhirnya muncullah istilah asteroid untuk menyebut benda-benda tersebut. Istilah ini diusulkan oleh Sir William Herschel dan digunakan sampai sekarang.

Sejak 24 Agustus 2006, Ceres masuk dalam kategori planet kerdil sama seperti Pluto. Letaknya ada di sabuk asteroid. Dan massa ceres sendiri meliputi sepertiga dari massa total sabuk asteroid.

16 Psyche

16 Psyche ditemukan pada tanggal 17 Maret 1852 oleh seorang astronom asal Italia bernama Annibale de Gasparis. 16 Psyche memiliki diameter sebesar 226 kilometer dan termasuk dalam asteroid tipe M.

Massa 16 Psyche sekitar 0,01 dari bulan periode orbit 5 tahun Bumi dan panjang harinya adalah 4.196 jam atau sekitar 175 hari Bumi.

101955 Bennu

Asteroid 101955 Bennu ditemukan oleh LINEAR (The Lincoln Near Earth Asteroid Research) pada tahun 1999 tanggal 11 September. Uniknya, asteroid ini diberi nama oleh seorang anak berusia 9 tahun yang memenangkan kontes pemberian nama asteroid. Nama anak itu adalah Michael Puzio.

Bennu mendekat dengan jarak terdekat ke Bumi setiap 6 tahun sekali. Bennu memiliki radius sekitar 0,25 kilometer dengan massa 78 miliar kilogram.

433 Eros

433 Eros merupakan asteroid yang cukup terkenal karena menjadi asteroid pertama yang diorbit oleh pesawat luar angkasa. Adalah pesawat luar angkasa NEAR yang pada 23 Desember 1998 mendekati Eros.

Eros termasuk dalam asteroid tipe S, yaitu asterorid yang paling umum ditemukan pada bagian dalam sabuk asteroid.

243 Ida

243 Ida ditemukan pada 29 September 1884 oleh seorang asal Austria bernama Johann Palisa di observatorium vienna. 243 Ida memiliki bulan yang diberi nama Dactyl, ditemukan pada 17 Februari 1994 oleh Ann Harch dari tim pencitraan Galileo. Pemberian nama 243 Ida dilakukan oleh Moriz von Kuffner.

Meteor dan meteoroid

Gambar Meteor Meteoroid Meteorit

Kak Hinda yakin teman-teman sudah pernah mendengar istilah meteor. Tapi apakah teman-teman tahu artinya?

Pengertian meteor dan meteoroid

Meteor adalah bebatuan luar angkasa yang tertarik gaya gravitasi Bumi dan berhasil masuk ke bagian atmosfer Bumi. Sebutan lain untuk meteor adalah bintang jatuh.

Meteoroid adalah bebatuan kecil mengandung besi yang bergerak bebas di angkasa, ukurannya lebih kecil dibanding asteroid. Saat tertarik oleh Bumi dan berhasil masuk sampai ke permukaan Bumi disebutlah meteorit.

Untuk mengingatnya, lihat perbedaan di bawah ini:

  • Meteoroid adalah Benda langit masih di angkasa / luar Bumi / luar planet dan ukurannya lebih kecil dari asteroid.
  • Meteor adalah Meteoroid yang masuk ke atmosfer Bumi / planet dan terbakar habis di atmosfer. Sering disebut bintang jatuh.
  • Meteorit adalah Meteor yang berhasil masuk dan sampai ke permukaan Bumi / planet.

Ukuran meteoroid sangat kecil, bahkan lebih kecil dari asteroid. Karena meteoroid disinyalir terbentuk dari tabrakan antar asteroid. Pecahannya menjadi meteoroid. Meteoroid juga bisa terbentuk dari komet, lho[11].

Karakteristik / ciri-ciri meteor dan meteoroid

Berikut adalah karakteristik meteor:

  1. Ukurannya lebih kecil dari planet dan asteroid. Mulai dari sebesar jarum hingga beratnya berton-ton.
  2. Disebut juga dengan bintang jatuh.
  3. Hanya bisa sampai pada atmosfer Bumi dan sudah habis terbakar saat berbenturan dengan molekul udara di dalam atmosfer Bumi.
  4. Tidak memiliki orbit.
  5. Umumnya mengandung unsur logam besi dan mineral anorganik lainnya.

Berikut adalah karakteristik meteoroid:

  1. Merupakan batu angkasa yang berukuran kecil, mayoritas seukuran kerikil.
  2. Melayang dengan bebas di angkasa
  3. Bergerak cepat
  4. Lintasannya tidak beraturan
  5. Mengorbit pada matahari tapi tidak tetap/jelas.

Berikut adalah karakteristik meteorit:

  1. Merupakan meteor yang bisa menembus atmosfer dan sampai di permukaan Bumi.
  2. Tersusun atas logam besi dan logam anorganik lainnya.
  3. Bisa menyebabkan munculnya lubang besar (kawah / crater) saat jatuh ke permukaan Bumi.

Perbedaan ciri-ciri komet dan meteor

Berikut ini adalah perbedaan ciri-ciri komet dan meteor

  1. Komet dapat dilihat dari Bumi dalam jangka waktu lama, sementara meteor lebih sering.
  2. Komet dijuluki bintang berekor, meteor disebut juga bintang jatuh. Keduanya bukanlah bintang.
  3. Meteor mengorbit matahari dengan bentuk tak jelas karena meteoroid memiliki gerak yang bebas dan cepat. Sedangkan komet mengorbit matahari dengan bentuk orbit lonjong.

Itulah perbedaan ciri-ciri komet dan meteor yang bisa Kak Hinda ringkas di sini.

Perbedaan meteor dan asteroid

Berikut adalah perbedaan meteor dan asteroid:

  1. Meteor disebut juga bintang jatuh, asteroid disebut juga sebagai planet minor.
  2. Asteroid mengelilingi matahari, meteor mengorbit tapi bentuk orbitnya tak jelas atau tak tetap.
  3. Asteroid diberi sejumlah nama tertentu, meteor tidak.
  4. Asteroid sebagian besar berada di antara orbit Mars dan Jupiter, meteor adalah sebutan untuk meteoroid yang berhasil menembus atmosfer Bumi lalu terbakar.

Itulah beberapa perbedaan meteor dan asteroid.

Contoh meteor dalam tata surya dan penemunya

NASA menyebutkan sejauh ini sudah ada 50.000 meteor yang ditemukan di Bumi. 99,8% berasal dari asteroid, sisanya 0,2% berasal dari serpihan tumbukan asteroid ke planet Mars dan Bulan yang memantul ke Bumi[28].

  1. Meteorit Baringer Kawah Arizona
    • Meteor yang jatuh di kawasan arizona dan membentuk kawah selebar 1km. Padahal ukuran meteornya hanya 50 meter. Diperkirakan jatuh 50.000 tahun yang lalu. Kawah bekas meteor sudah diteliti sejak 1890 dan secara resmi dinyatakan oleh para ilmuwan sebagai kawah meteor pada tahun 1920. Belum ada informasi siapa penemu pertamanya.
  2. Meteorit Chicxulub Crater
    • Meteor ini jatuh di kawasan semenajung Yukatan yang membentuk kawah selebar 300 km. Diperkirakan jatuh 65 juta tahun lalu dan disebut sebagai penyebab kepunahan dinosaurus. Bayangkan, panjang pulau jawa sekitar 1000 km, dan kawah ini jatuh lalu menciptakan kawah selebar 300 km atau hampir 1/3 panjang pulau jawa. Belum ada informasi siapa penemu pertamanya.
  3. Metoer Terbaru, 2013, Russia
    • Meteor terbaru jatuh pada tahun 2013 di kawasan Chelyabinsk, Russia. Ukuran meteornya sebesar rumah dan meledak di atmosfer (23 km diatas permukaan laut) sebelum jatuh ke bumi. Ledakannya mengakibatkan kerusakan seluas 518 km persegi dan 1600 orang terluka akibat ledakan tersebut. Belum ada informasi siapa penemu pertamanya.

Matahari sebagai Pusat Tata Surya

Matahari Sebagai Pusat Tata Surya

Teman-teman tentu sudah tidak asing dengan matahari ya? Tapi apakah teman-teman yakin sudah mengenal matahari dengan baik? Yuk kita kenalan dengan salah satu materi dalam pelajaran IPA kelas 6 tentang tata surya ini!

Pengertian matahari

Pengertian matahari adalah sebuah bintang yang menjadi pusat dalam tata surya kita. Planet-planet dan benda langit lain yang ada di tata surya mengelilingi matahari sehingga disebutlah matahari sebagai pusat tata surya.

Hal ini karena matahari memiliki gaya gravitasi yang paling besar di antara planet dan benda langit lainnya itu.

Unsur pembentuk matahari

Matahari bisa memberikan rasa hangat di pagi hari dan panas di siang hari. Saat dilihat, matahari juga menyilaukan mata. Apa sebenarnya unsur pembentuk matahari?

Pada dasarnya, matahari terdiri dari plasma panas yang sudah bercampur dengan medan magnet. Dan secara kimiawi, berikut ini adalah unsur pembentuk matahari ditulis berdasarkan massanya:

  1. Nikel (0,01 %)
  2. Sulfur (0,05 %)
  3. Magnesium (0,07 %)
  4. Silikon (0,08 %)
  5. Nitrogen (0,1 %)
  6. Besi (0,1 %)
  7. Neon (0,2 %)
  8. Karbon (0,4 %)
  9. Oksigen (0,8 %)
  10. Helium (21,8 %)
  11. Hidrogen (76,4 %)

Dari unsur pembentuk matahari di atas kita tahu bahwa unsur penyusun terbesar dari matahari adalah hidrogen. Semua unsur di atas berwujud gas sebab matahari sangat panas.

Bagian-bagian matahari

Ada 6 bagian matahari yang utama, yaitu inti matahari, zona radiatif, zona konvektif, fotosfer (zona yang terlihat dari luar), kromosfer, dan korona[12].

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing bagian matahari, termasuk medan magnet:

  1. Inti matahari

Merentang sebanyak 20-25% dari pusat matahari. Kepadatannya sekitar 150 kali lipat dari kepadatan air (kepadatan air = 1 g/cm kubik). Suhu pada intinya mencapai 15,7 juta kelvin.

  1. Zona radiatif

Merentang di bawah 0,7 dari radius matahari. Suhu bagian matahari ini adalah 2 sampai 7 juta kelvin. Semakin dekat dengan inti semakin tinggi suhunya.

  1. Zona konvektif

Letaknya sekitar 0,7 dari radius matahari, dihitung dari pusat matahari.

  1. Fotosfer

Inilah permukaan matahari yang tampak dari Bumi. Bagian di mana energi matahari terbebas sepenuhnya dari matahari. Ketebalannya mencapai 500 kilometer. Suhunya sekitar 5.500 celcius. Kita bisa merasakan radiasi di fotosfer sebagai sinar matahari setelah 8 menit ia meninggalkan matahari.

  1. Kromosfer dan korona

Dalam sumber lain, kromosfer dan korona dimasukkan dalam kategori atmosfer matahari bersama dengan zona suhu rendah, heliosfer, dan wilayah transisi. Yang menarik, zona kromosfer, korona, dan wilayah transisi jauh lebih panas dibanding permukaan matahari. Sementara zona suhu rendah yang merupakan bagian terdingin dari matahari memiliki suhu 4100 dan terletak di atas fotosfer.

Salah satu hal unik di matahari adalah medan magnet matahari bisa berbalik arah setiap sebelas tahun, lho. Medan magnet inilah yang menyebabkan variasi angin matahari, semburan matahari, dan aktivitas matahari lain.

Ciri-ciri atau karakteristik matahari

Berikut ini adalah beberapa karakteristik matahari:

  1. Masuk dalam jenis bintang yellow dwarf.
  2. Umurnya sekitar lebih dari 4,5 miliar tahun
  3. Massa matahari adalah sekitar 1,8991 x 1030 km
  4. Kepepatannya adalah 9 x 10-6
  5. Luas permukaannya sekitar 6,0877 x 1012
  6. Radius khalutistiwanya sekitar 6,96342 x 105 km
  7. Diameternya sekitar 1,392684 x 106 km
  8. Volumenya sekitar 1,412 x 1018­
  9. Suhu pusatnya lebih dari 15 juta celcius.
  10. Suhu permukaannya lebih dari 5.000o­ celcius.
  11. Di ekuator matahari berputar sekali setiap 25 hari.
  12. Di kutub matahari berputar pada porosnya sekali setiap 35 hari Bumi.
  13. Tidak punya satelit tetapi dikelilingi oleh planet dan benda langit lainnya.

Demikian karakteristik matahari sebagaimana Kak Hinda rangkum dari situs NASA[12].

Fungsi dan peran/manfaat matahari

Ada banyak sekali fungsi dan peran matahari untuk makhluk yang ada di Bumi, di antaranya adalah:

  1. Membantu proses terjadinya fotosintesis.
  2. Membantu proses pengeringan.
  3. Menerangi Bumi
  4. Sebagai sumber energi
  5. Sebagai pemersatu planet atas perannya sebagai pusat tata surya.

Selain itu, juga terdapat fenomena yang berkaitan seperti gerhana matahari, halo (cincin matahari), dan kulminasi (hari tanpa bayangan).

Planet dalam Tata Surya

Urutan Susunan Planet di Tata Surya Terskala

Di atas sudah disebutkan delapan planet dalam tata surya kita. Kali ini kita akan bahas secara detail satu per satu.

Planet Merkurius

Gambar 1 Planet Merkurius dan Faktanya

Planet Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari. Kalau di atas disinggung panasnya matahari di bagian permukaan lebih dari 5.000 celcius, coba bayangkan seberapa panas Merkurius. Apalagi pada bagian permukaan yang menghadap ke matahari. Pasti panas banget kan?

Pengertian Merkurius

Merkurius adalah planet yang paling kecil sekaligus terdekat dari matahari. ukuran Merkurius hanya sedikit lebih besar dibanding bulan.

Dari Merkurius, matahari tampak 3x lebih besar dari pada penampakan matahari di Bumi. Bisa dibayangkan ya betapa besarnya? Tak hanya itu, cahaya yang mencapai Merkurius juga 7 kali lebih terang dibanding cahaya yang diterima oleh Bumi.

Meski jaraknya adalah yang paling dekat dengan matahari, Merkurius bukanlah planet terpanas di tata surya kita lho. Hal ini karena Merkurius sangat padat.

Sebutan planet Merkurius

Sebagaimana dibahas di atas, sebutan planet Merkurius adalah planet terkecil dalam tata surya dan terdekat dengan matahari. Menurut situs Nasa, Merkurius juga ditulis sebagai planet tercepat.

Ciri-ciri planet Merkurius

Berikut ini adalah ciri-ciri planet Merkurius:

  1. Berwarna abu-abu
  2. Planet yang paling dekat dengan matahari.
  3. Planet terkecil di tata surya, diameternya 4.900 km.
  4. Volume planet Merkurius adalah 6,083 x 10­­10 km kubik.
  5. Massanya sebesar 3,0302 x 1023
  6. Kemiringan sumbu sebesar 2,110
  7. Massa jenis rata-rata sebesar 5,43 gr/cm kubik.
  8. Termasuk dalam salah satu planet keBumian.
  9. Permukaannya penuh kawah dan lembah.
  10. Suhu permukaan di planet Merkurius bisa mencapai 430 derajat celcius yang menghadap matahari, yang membelakangi matahari suhunya sekitar -180 derajat celcius.
  11. Sinar matahari sampai di permukaan planet ini sekitar lebih dari 3,2 menit setelah meninggalkan matahari.
  12. Tidak memiliki satelit.
  13. Tidak memiliki atmosfer atau atmosfernya sangat tipis.
  14. Gravitasi Merkurius sekitar sepertiga gravitasi Bumi.
  15. Terdiri dari 20% silikat dan 70% logam.

Itulah 15 ciri dan karakteristik planet Merkurius.

Rotasi Merkurius

Merkurius melakukan rotasi dengan kala 59 hari Bumi. Kecepatan rotasi Merkurius adalah sekitar 10,892 km/jam. Cukup lambat ya?

Revolusi Merkurius

Karena jaraknya yang dekat dari matahari membuat orbit Merkurius saat mengelilingi matahari juga kecil. Revolusi Merkurius adalah 88 hari Bumi.

Jarak Merkurius dari matahari, planet terdekat dan terjauh

Berikut ini adalah jarak Merkurius dari matahari, planet terdekat dan terjauh:

  1. Jarak Merkurius dari matahari adalah 57,9 juta kilometer.
  2. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus dan mengabaikan kecepatan masing-masing planet, planet terdekat dari Merkurius adalah Venus dengan jarak 50,3 juta kilometer.
  3. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus, planet terjauh dari Merkurius adalah Neptunus. Jaraknya sekitar 4.437,2 juta kilometer.

Planet Venus

Gambar 2 Planet Venus dan Faktanya

Planet Venus adalah planet yang paling panas meskipun bukan planet yang terdekat. Kok bisa?

Pengertian Venus

Venus adalah planet terdekat kedua ke matahari setelah Merkurius. Meski demikian, Venus adalah planet terpanas. Hal ini karena Venus memiliki atmosfer yang sangat tebal yang terdiri dari gas karbondioksida dan gas sulfur. Saking panasnya Venus, timah pun bisa meleleh.

Sebutan planet Venus

Venus dijuluki sebagai bintang kejora. Sebutan planet Venus lainnya adalah bintang fajar karena terkadang tampak dari Bumi di pagi hari. Sementara di situs NASA, planet ini disebut Planetary hot spot.

Ciri-ciri planet Venus

Berikut ini adalah ciri-ciri Venus:

  1. Besarnya hampir sama dengan Bumi dengan diameter sekitar 12.092 km..
  2. Venus merupakan planet terpanas.
  3. Arah rotasi Venus dari timur ke barat atau searah jarum jam.
  4. Matahari di Venus terbit dari barat, terbenam di timur.
  5. Mayoritas terdiri dari vulkanik.
  6. Tidak punya satelit.
  7. Suhunya mencapai 465 derajat celcius.
  8. Berwarna putih kekuningan
  9. Planet yang paling dekat dengan Bumi. Jarak yang paling dekat tercatat 38,2 juta km.
  10. Termasuk dalam planet dalam dan planet keBumian.
  11. Volume Venus adalah 9,38 x 1011 km kubik.
  12. Permukaannya kering, ada bebatuan, dan terdapat gurun.
  13. Ketebalan atmosfernya 92 kali atmosfer Bumi yang menyebabkan Venus jadi planet terpanas.
  14. Mendapat julukan kembaran Bumi karena memang diameternya hampir sama.

Itulah 14 ciri-ciri planet Venus untuk digunakan sebagai bahan belajar.

Rotasi Venus

Sebagaimana disebutkan di atas, periode rotasi Venus adalah 243 hari Bumi.

Revolusi Venus

Periode revolusi Venus adalah 225 hari Bumi. Artinya planet ini memiliki periode revolusi yang lebih pendek dibanding periode rotasinya.

Jarak Venus dari matahari, planet terdekat dan terjauh

Berikut ini adalah jarak Venus dari matahari, planet terdekat dan terjauh:

  1. Jarak Venus dari matahari adalah 108,2 juta kilometer.
  2. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus dan mengabaikan kecepatan masing-masing planet, planet terdekat dari Venus adalah Bumi dengan jarak 41,4 juta kilometer.
  3. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus, planet terjauh dari Venus adalah Neptunus. Jaraknya sekitar 4.386,9 juta kilometer.

Planet Bumi

Gambar 3 Planet Bumi dan faktanya

Sekarang mari kita belajar tentang planet kita sendiri ya? Here we go!

Pengertian Bumi

Bumi adalah planet ketiga dari matahari. Bumi merupakan planet yang bisa ditinggali oleh makhluk hidup. Salah satunya kita, manusia.

Sebutan planet Bumi

Sebutan planet Bumi adalah planet biru. Sebab planet kita ini tampak luar memang berwarna biru yang merupakan warna laut di Bumi.

Karakteristik planet Bumi

Berikut ini adalah karakteristik planet Bumi:

  1. Berwarna dominan biru dan ada putihnya
  2. Merupakan satu-satunya planet yang ditemukan ada makhluk hidupnya
  3. Masuk dalam planet keBumian dan planet dalam. Merupakan yang terbesar dalam planet keBumian.
  4. Diameter Bumi sebesar 12.742 km
  5. Volume Bumi adalah sekitar 1,08 x 1012 km kubik.
  6. Mayoritas permukaan Bumi adalah air.
  7. Selain air, Bumi juga terdiri dari gunung, daratan yang bisa membentuk pulau hingga benua.
  8. Permukaan kutub Bumi diselimuti es.
  9. Rata-rata suhu di Bumi adalah 15 derajat celcius. Suhu minimalnya adalah -89 derajat celcius dan tertingginya adalah 57 derajat celcius.
  10. Memiliki satu satelit yaitu bulan.
  11. Atmosfer Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21 % oksigen, dan sisanya adalah zat lain yang merupakan kombinasi pas untuk bernafas dan hidup.
  12. Atmosfer Bumi melindungi kita dari meteoroid yang masuk ke Bumi. Sebagian besar terbakar di atmosfer sebelum sampai ke permukaan Bumi.

Itulah 12 ciri-ciri planet Bumi. Jangan sampai ada yang terlewat ya?

Rotasi Bumi

Bumi berputar pada porosnya dengan periode 24 jam atau 1 hari.

Revolusi Bumi

Periode revolusi Bumi adalah 365 hari atau satu tahun.

Jarak Bumi dari matahari, planet terdekat dan terjauh

Berikut ini adalah jarak Bumi dari matahari, planet terdekat dan terjauh:

  1. Jarak Bumi dari matahari adalah 149,6 juta kilometer.
  2. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus dan mengabaikan kecepatan masing-masing planet, planet terdekat dari Bumi adalah Venus dengan jarak 41,4 juta kilometer. Tapi planet terdekat dari Bumi jika dihitung secara rata-rata tanpa mengabaikan kecepatan masing-masing planet adalah Merkurius.
  3. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus, planet terjauh dari Bumi adalah Neptunus. Jaraknya sekitar 4.345,5 juta kilometer.

Planet Mars

Gambar 4 Planet Mars dan Faktanya

Pernah mendengar tentang planet merah? Yups, planet merah merupakan julukan yang disematkan pada planet Mars. Kita akan bahas detailnya ya!

Pengertian Mars

Mars merupakan planet keempat jika dihitung dari matahari.

Sebutan planet Mars

Sebutan planet Mars adalah planet merah.

Ciri-ciri planet Mars

Berikut adalah ciri-ciri planet Mars:

  1. Berwarna kemerah-merahan.
  2. Suhu rata-rata di planet Mars adalah -46 derajat celcius.
  3. Lapisan atmosfernya lebih tipis dibandingkan dengan Bumi.
  4. Lapisan atmosfernya disusun oleh nitrogen 3%, karbondioksida 95%, sisanya adalah uap air, oksigen, dan argon.
  5. Memiliki dua satelit yakni phobos dan deimos.
  6. Masuk dalam planet keBumian dan dalam.
  7. Diameter Mars adalah 6.779 km
  8. Volume Mars adalah 1,632 x 1011 kilometer kubik.

Saat ini penelitian terus dilakukan pada planet ini untuk mengetahui kemungkinan Mars untuk dijadikan sebagai tempat tinggal makhluk hidup.

Rotasi Mars

Periode rotasi Mars adalah 24,6 jam berdasarkan hitungan jam di Bumi.

Revolusi Mars

Periode revolusi Mars adalah 687 hari Bumi. Hampir 2 tahun Bumi.

Jarak Mars dari matahari, planet terdekat dan terjauh

Berikut ini adalah jarak Mars dari matahari, planet terdekat dan terjauh:

  1. Jarak Mars dari matahari adalah 227,9 juta kilometer. Jarak terjauhnya 246 juta kilometer dan terdekatnya adalah 206 juta kilometer.
  2. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus dan mengabaikan kecepatan masing-masing planet, planet terdekat dari Mars adalah Bumi dengan jarak 78,3 juta kilometer.
  3. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus, planet terjauh dari Mars adalah Neptunus. Jaraknya sekitar 4.267,2 juta kilometer.

Planet Jupiter

Gambar 5 Planet Jupiter dan Faktanya

Sudah bukan rahasia jika Jupiter merupakan planet yang paling besar di tata surya kita.

Pengertian Jupiter

Jupiter merupakan planet yang menempati urutan kelima dari matahari dalam tata surya kita.

Sebutan planet Jupiter

Sebutan planet Jupiter sudah jelas adalah planet terbesar. Luas Jupiter adalah 61,42 miliar kilometer persegi.

Karakteristik / ciri-ciri planet Jupiter

Berikut ini adalah karakteristik planet Jupiter:

  1. Bagian permukaannya terlihat berlapis-lapis. Warnanya kombinasi antara oranye dan putih.
  2. Diameter Jupiter adalah 139.820 kilometer.
  3. Memiliki satelit sebanyak 79.
  4. Merupakan planet terbesar di tata surya.
  5. Termasuk dalam planet Raksasa Gas.
  6. Memiliki titik merah besar yang tampak di permukaannya.
  7. Diameter Jupiter = 122 kali diameter Bumi.
  8. Suhu di permukaan Jupiter berada di kisaran -108 sampai -158 derajat celcius.
  9. Planet Jupiter tidak ada yang padat layaknya planet gas lainnya.

Itulah beberapa ciri-ciri planet Jupiter.

Rotasi Jupiter

Periode rotasi Jupiter adalah 10 jam.

Revolusi Jupiter

Periode revolusi Jupiter adalah 11,86 tahun Bumi atau sekitar 4.333 hari Bumi.

Jarak Jupiter dari matahari, planet terdekat dan terjauh

Berikut ini adalah jarak Jupiter dari matahari, planet terdekat dan terjauh:

  1. Jarak Jupiter dari matahari adalah 778,6 juta kilometer.
  2. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus dan mengabaikan kecepatan masing-masing planet, planet terdekat dari Jupiter adalah Mars dengan jarak 550,7 juta kilometer.
  3. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus, planet terjauh dari Jupiter adalah Neptunus. Jaraknya sekitar 3.716,5 juta kilometer.

Planet Saturnus

Gambar 6 Planet Saturnus dan Faktanya

Saturnus merupakan planet yang unik dan paling mudah dikenali. Kenapa? Ya, karena Saturnus merupakan planet dalam tata surya yang memiliki cincin. Cincin ini merupakan gumpalan es yang menyelimuti atau mengelilingi atmosfer planet.

Pengertian Saturnus

Planet Saturnus merupakan planet yang menempati urutan keenam dalam tata surya jika dihitung dari matahari.

Sebutan planet Saturnus

Sesuai dengan bentuknya, sebutan planet Saturnus adalah planet bercincin.

Ciri-ciri / karakteristik planet Saturnus

Berikut adalah karakteristik planet Saturnus:

  1. Warnanya kuning pucat.
  2. Memiliki cincin.
  3. Satelit Saturnus sangat banyak, yakni 82.
  4. Diameter Saturnus adalah 116.463 km. Dengan angka ini, Saturnus menduduki kuri planet terbesar kedua di tata surya.
  5. Termasuk dalam kategori planet luar.
  6. Termasuk dalam kategori planet raksasa gas.
  7. Suhunya berkisar di angka -186 dan -136 derajat celcius.
  8. Atmosfernya adalah metana dan gas amonia.

Itulah beberapa karakteristik planet Saturnus.

Rotasi Saturnus

Periode rotasi Saturnus adalah 10,7 jam Bumi.

Revolusi Saturnus

Periode revolusi Saturnus adalah 29,5 tahun Bumi atau sekitar 10.759 hari Bumi.

Jarak Saturnus dari matahari, planet terdekat dan terjauh

Berikut ini adalah jarak Saturnus dari matahari, planet terdekat dan terjauh:

  1. Jarak Saturnus dari matahari adalah 1.433,5 juta kilometer.
  2. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus dan mengabaikan kecepatan masing-masing planet, planet terdekat dari Saturnus adalah Jupiter dengan jarak 654,9 juta kilometer.
  3. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus, planet terjauh dari Saturnus adalah Neptunus. Jaraknya sekitar 3.061,6 juta kilometer.

Planet Uranus

Gambar 7 Planet Uranus dan Faktanya

Mau tahu lebih banyak tentang Uranus? Yuk simak.

Pengertian Uranus

Planet Uranus merupakan planet yang menempati urutan ketujuh dalam tata surya jika dihitung dari matahari.

Sebutan planet Uranus

Sebutan planet Uranus adalah saudara kembar planet Neptunus. Uranus juga kadang disebut petualang misterius.

Ciri-ciri planet Uranus

Berikut ini adalah ciri-ciri planet Uranus:

  1. Berwarna biru muda.
  2. Ada cincin unik yang mengelilingi planet secara vertikal.
  3. Diameternya adalah 50.724 kilometer.
  4. Termasuk dalam kategori planet raksasa gas.
  5. Termasuk dalam kategori planet luar.
  6. Suhu permukaannya antara -194 hingga -271 derajat celcius.
  7. Atmosfer Uranus terdiri dari es, metana, gas hidrogen, dan helium.
  8. Memiliki 27 satelit.

Rotasi Uranus

Periode rotasi Uranus adalah 17 jam Bumi.

Revolusi Uranus

Periode revolusi Uranus adalah 84 tahun Bumi.

Jarak Uranus dari matahari, planet terdekat dan terjauh

Berikut ini adalah jarak Uranus dari matahari, planet terdekat dan terjauh:

  1. Jarak Uranus dari matahari adalah 2.872,5 juta kilometer.
  2. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus dan mengabaikan kecepatan masing-masing planet, planet terdekat dari Uranus adalah Saturnus dengan jarak 1.439,0 juta kilometer.
  3. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus, planet terjauh dari Uranus adalah Merkurius. Jaraknya sekitar 2.814,6 juta kilometer.

Planet Neptunus

Gambar 8 Planet Neptunus dan Faktanya

Nama planet Neptunus diambil dari nama dewa lautan di romawi.

Pengertian Neptunus

Neptunus adalah planet yang menempati urutan kedelapan (terakhir) di tata surya kita jika dihitung dari matahari.

Sebutan planet Neptunus

Sebutan planet Neptunus salah satunya adalah kembaran Uranus. Ada juga yang menyebutnya si pembuat ulah.

Karakteristik planet Neptunus

Berikut ini adalah karakteristik planet Neptunus:

  1. Berwarna biru
  2. Memiliki cincin tipis. Cincin ini tersusun dari partikel es.
  3. Diameternya sekitar 49,244 km.
  4. Termasuk dalam kategori planet luar.
  5. Termasuk dalam kategori planet raksasa gas.
  6. Suhu permukaannya rata-rata -220 derajat celcius
  7. Satelit Neptunus ada 14.

Itulah beberapa ciri-ciri planet Neptunus.

Rotasi Neptunus

Periode rotasi Neptunus adalah 16 jam Bumi.

Revolusi Neptunus

Periode revolusi Neptunus adalah 165 tahun Bumi atau sekitar 60.190 hari Bumi.

Jarak Neptunus dari matahari, planet terdekat dan terjauh

Berikut ini adalah jarak Neptunus dari matahari, planet terdekat dan terjauh:

  1. Jarak Neptunus dari matahari adalah 4.495,1 juta kilometer.
  2. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus dan mengabaikan kecepatan masing-masing planet, planet terdekat dari Neptunus adalah Uranus dengan jarak 1.622,6 juta kilometer.
  3. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus, planet terjauh dari Neptunus adalah Merkurius. Jaraknya sekitar 4.437,2 juta kilometer.

Planet Kerdil

Planet Pluto

Gambar Planet Kerdil Planet Pluto dan Faktanya

Dari situs NASA, terdapat beberapa planet kerdil, yakni Pluto, ceres, makemake, haumea, dan eris. Namun, informasi yang paling banyak adalah Pluto. Sebab sebelumnya Pluto masuk ke dalam jajaran planet dalam tata surya. Sebelumnya Pluto merupakan planet kesembilan.

Pengertian Pluto

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pluto tadinya masuk sebagai planet kesembilan. Akan tetapi sejak tahun 2006 dia masuk dalam kategori planet kerdil. Hal ini karena dia belum bisa mengosongkan daerah di sekitar orbitnya.

Sebutan planet Pluto

Dulunya Pluto memiliki julukan sebagai planet terjauh dari matahari dan planet terkecil.

Ciri-ciri planet Pluto

Berikut ini adalah ciri-ciri planet Pluto yang unik:

  1. Berwarna krem.
  2. Memiliki 5 satelit dan yang terbesar diberi nama charon.
  3. Pluto adalah planet bersalju.
  4. Salju di Pluto berwarna merah.
  5. Ukuran Pluto sekitar 2/3 kali ukuran bulan.
  6. Atmosfernya sangat tipis dan terdiri dari karbon monoksida, nitrogen, dan metana.
  7. Suhu di Pluto sekitar -228 sampai -238 derajat celcius.

Itulah beberapa ciri-ciri Pluto yang cukup unik dan harus Anda tahu.

Rotasi Pluto

Periode rotasi Pluto adalah 153 jam atau sekitar 6 hari Bumi.

Revolusi Pluto

Periode revolusi Pluto adalah 248 tahun Bumi atau sekitar 90.530 hari Bumi.

Jarak Pluto dari matahari, planet terdekat dan terjauh

  1. Jarak Pluto dari matahari adalah 5.906,4 juta kilometer.
  2. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus dan mengabaikan kecepatan masing-masing planet, planet terdekat dari Pluto adalah Neptunus dengan jarak 1.411,3 juta kilometer.
  3. Jika dilihat dalam sebuah garis lurus, planet terjauh dari Pluto adalah Merkurius. Jaraknya sekitar 5.848,5 juta kilometer.

Galaksi

Galaksi Bimasakti Milky Way

Sudah sering menggunakan istilah galaksi? Pernah dengar galaksi bimasakti? Yuk berpetualang ke galaksi!

Pengertian galaksi

Secara sederhana pengertian galaksi adalah kumpulan dari gas, debu, milyaran bintang, dan tata suryanya. Semuanya terangkai atau saling terhubung dengan adanya gravitasi. Matahari merupakan contoh salah satu bintang yang ada di dalam galaksi bima sakti

Karakteristik dan ciri galaksi

Berikut ini adalah karakteristik dan ciri galaksi:

  1. Galaksi memiliki cahaya sendiri.
  2. Jarak antar galaksi sangat jauh.
  3. Kita bisa melihat galaksi lain.
  4. Galaksi memiliki lubang hitam atau black hole.
  5. Satu galaksi memiliki banyak sistem tata surya.

Itulah beberapa ciri dari galaksi.

Bentuk galaksi

Berdasarkan bentuknya, galaksi dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. Galaksi Ellips. Yaitu galaksi yang memiliki bentuk yang terlihat lembut dengan bentuk ovalnya.
  2. Galaxy spiral. Yaitu galaksi yang memiliki bentuk spiral. Contoh: galaksi bimasakti.
  3. Galaksi yang bentuknya tak beraturan. Contoh: galaksi magellan.

Nama dan jenis-jenis galaksi

Berikut adalah nama dan jenis-jenis galaksi yang Kak Hinda rangkum:

  1. Galaksi bimasakti

Galaksi bimasakti merupakan galaksi tempat di mana tata surya kita ada. Kita merupakan bagian dari galaksi bimasakti. Galaksi bimasakti dalam bahasa inggris disebut Milky Way. Diameter galaksi bimasakti adalah 130 ribu tahun cahaya. Dengan angka 1 tahun cahaya setara dengan 9.500 milyar kilometer. Galaksi bimasakti ini terdiri dari 400 miliar bintang, wow!

Masa galaksi bimasakti adalah sekitar 1012 massa matahari. Dan tata surya kita membutuhkan waktu sekitar 2525 – 250 juta tahun untuk menyelesaikan satu kali putaran orbit. Pusat galaksi diberi nama sagitarius A. Yaitu sumber radio astronomi yang padat dan terang. Di pusat galaksi bimasakti ini disinyalir ada sebuah lubang hitam supermasif.

  1. Galaksi magellan

Jarak magellan ke bimasakti adalah sekitar 150-160 ribu tahun cahaya.

  1. Galaksi andromeda

Jarak andromeda ke bimasakti adalah 2,5 juta tahun cahaya. Ini merupakan salah satu galaksi yang besar, yakni dua kali ukuran galaksi bimasakti.

  1. Galaksi black eye

Yakni galaksi yang memiliki awan gelap dan cincin kabut. Galaksi ini ditemukan pada tahun 1781 oleh Charles Messier.

  1. Galaksi jauh

Dari galaksi bimasakti, galaksi jauh berjarak 10 juta tahun cahaya. Yang termasuk dalam galaksi ini adalah galaksi triangulum, silvery, dan whirpool.

  1. Galaksi ursa mayor

Jarak ursa mayor ke bima sakti adalah sekitar 10.000 tahun cahaya. Bentuknya adalah elips dan rapat.

Hingga saat ini para peneliti terus melakukan eksplorasi pada penemuan mereka. Jadi, terus update informasimu biar tahu betapa kerennya Allah menciptakan alam semesta ini.

Perbandingan Ukuran Galaksi

Galaksi Yang Paling dan Ter…

  1. Galaksi terdekat dengan galaksi bimasakti adalah galaksi magellan.
  2. Galaksi terjauh dengan galaksi bimasakti adalah MACS0647-JD (terjauh kedua)
  3. Galaksi terkecil adalah galaksi Segue 2. Galaksi ini punya 1.000 bintang dan sempat mengorbit ke galaksi bimasakti[13].
  4. Galaksi terbesar diberi nama IC 1101. Luasnya bahkan di luar nalar manusia[14]. Lihat gambar diatas sebagai perkiraan perbandingannya dengan Bimaksakti.
  5. Galaksi terbaru adalah Bedin 1 yang berlokasi di cluster NGC 6752[15].
  6. Galaksi tertua di antaranya adalah Tunaca II, Bootes I, Segue 1, Ursa Mayor I yang berusia lebih dari 13 miliar tahun[16].

Aplikasi tata surya

Sebagai alat peraga tata surya, teman-teman bisa menggunakan aplikasi tata surya yang tersedia di google play. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi tata surya:

  1. Solar system
  2. Solar System 3d

Itulah dua aplikasi tata surya yang bisa teman-teman gunakan sebagai alat peraga tata surya dan belajar materi alam semesta dan tata surya secara lebih mendalam.

Dalam aplikasi tersebut juga sudah ada gambar tata surya yang akan memudahkan pemahaman.

Contoh soal UTS IPA kelas 6 SD tentang bab tata surya dan gerhana

Dalam artikel ini kami akan menuliskan contoh soal IPA untuk Ujian Tengah Semester atau UTS pada semester 1 atau ditulis UTS 1. Beberapa soal juga akan disertai dengan pembahasan singkat untuk mempermudah saat dipakai sebagai bahan belajar. Silakan disimak ya?

Soal pilihan ganda

1. Waktu resolusi planet yang paling lama dimiliki oleh planet …
a. Neptunus
b. Jupiter
c. Saturnus
d. Uranus
Jawaban: A – Neptunus

Contoh Soal UTS IPA Kelas 6 SD 2
2. Sebutan lain untuk komet adalah …, dan komet … adalah jenis komet yang muncul setiap 76 tahun sekali.
a. Bintang pagi, Halley
b. Bintang berekor, Halley
c. BINTANG berekor, Encke
d. Bintang merah, Encke

3. Angin darat dan angin laut merupakan salah satu akibat dari terjadinya …
a. Revolusi bulan
b. Revolusi bumi
c. Rotasi bulan
d. Rotasi bumi
Jawaban: D – Rotasi bumi

4. Gumpalan batu atau besi yang bergerak bebas di angkasa disebut …
a. Komet
b. Meteroit
c. Satelit
d. Asteroid

5. Arah rotasi bumi adalah …
a. Selatan ke utara
b. Barat ke timur
c. Timur ke barat
d. Utara ke selatan
Jawaban: bumi berotasi atau berputar pada porosnya dari arah barat ke timur. Jawaban yang benar adalah B.

Soal essay

Silakan jawab pertanyaan-pertanyaan atau contoh soal UTS IPA kelas 6 SD berbentuk isian di bawah ini dengan tepat!

1. Sebutkan akibat dari revolusi bumi!
2. Sebutkan planet yang termasuk planet dalam!
Jawaban: Merkurius dan Venus
3. Planet yang memiliki cincin adalah …

Sengaja kami menjawab hanya pada contoh soal UTS IPA kelas 6 SD yang bernomor genap supaya Anda bisa berlatih menjawab untuk soal nomor ganjil.

Soal dan Pertanyaan yang Sering Muncul

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam ujian, quiz, ulangan harian, maupun saat guru sedang menjelaskan di depan kelas:

Apa yang dimaksud Teori Nebula?

Berikut adalah isi dari teori nebula yang juga disebut sebagai teori Kant-Laplace, sesuai nama penemunya:

Tata surya terbentuk dari kabut dan gas yang ada di angkasa. Di mana kabut dan gas ini berputar secara lambat hingga membentuk sebuah cakram yang datar yang ada inti massanya.

Nah, inti massa yang letaknya di tengah memiliki suhu yang sangat tinggi dan bercahaya. Bentuk ini kita kenal dengan matahari.

Sedangkan bagian pinggir dari inti massa mengalami proses pendinginan. Yang pada kelanjutannya berubah menjadi planet-planet. Planet-planet ini kemudian mengorbit ke matahari.

Mengapa Pluto tidak lagi dianggap sebagai planet?

Karena Pluto dianggap tidak dominan di orbitnya. Pluto tidak bisa mengosongkan daerah orbitnya sendiri[22]. Dia memiliki satelit dengan ukuran yang hampir sama dengan dirinya sendiri, yaitu charon.

Apa yang ada di dalam lubang hitam?

Lubang hitam merupakan bagian ruang waktu di mana gaya gravitasi menarik secara kuat sehingga cahaya pun tidak bisa keluar. Tidak ada yang tahu apa yang ada di dalam black hole karena manusia tidak bisa melihatnya.

Bintang apakah yang paling besar?

Bintang yang paling besar bernama UY Scuti dengan diameter sekitar 2,37 miliar kilometer. Itu berarti 1708 kali lebih besar dari matahari. Lihat perbandingannya di nama-nama bintang di atas.

Apa yang dimaksud dengan fotosfer matahari?

Berdasarkan informasi bagian-bagian matahari, Fotosfer matahari adalah bagian permukaan matahari yang bisa kita lihat dari Bumi. Fotosfer memiliki ketebalan 500 kilometer dengan suhu sekitar 5.500 derajat celcius.

Mengapa matahari disebut sebagai pusat tata surya?

Mengapa matahari menjadi pusat tata surya? Karena massa dan gaya gravitasi matahari sangat besar. Hal ini menyebabkan planet dan benda langit lain dalam tata surya tertarik dan mengelilingi matahari.

Berapa jari-jari planet Merkurius?

Radius atau jari-jari rata-rata planet Merkurius adalah 2.439,7 kilometer.

Apa isi teori heliosentris yang dikemukakan oleh Copernicus?

Jauh sebelum matahari ditetapkan sebagai pusat tata surya, ada teori yang menyebut bahwa Bumilah pusat dari tata surya. Teori tentang Bumi sebagai pusat tata surya ini disebut dengan teori geosentris.

Nah, Copernicus yang memiliki nama lengkap Nicolaus Copernicus merupakan ilmuwan yang mengungkapkan teori heliosentris. Apa itu teori heliosentris?

Teori heliosentris adalah teori yang menyatakan matahari sebagai pusat tata surya. Teori ini dianggap sebagai penemuan yang sangat penting sepanjang masa. Juga merupakan teori yang menjungkirbalikkan teori geosentris yang telah lebih dulu ada.

Apa yang dimaksud dengan teori Dentuman Besar?

Teori dentuman besar dikenal juga dengan istilah The Bing Bang Theory dalam bahasa inggris. Teori ini menyebutkan bahwa alam semesta awalnya terbentuk dari gumpalan gas yang memenuhi ruang jagat raya. Suatu saat ada reaksi di bagian inti gumpalan gas. Kemudian terjadilah ledakan pada gumpalan gas tersebut sehingga sebuah dentuman yang amat besar dan dahsyat pun terjadi.

Selanjutnya dalam suhu dan kepadatan yang sangat tinggi, materi yang ada di alam semesta berdesakan satu sama lain. Tersisalah energi neutron, elektron, dan proton yang bergerak ke seluruh arah.

Akibat dentuman besar tersebut, muncullah gelembung-gelembung alam semesta. Gelembung ini menyebar ke seluruh penjuru dan membentuk planet, meteor, bintang, galaksi, dll. Semua itu terjadi dalam kurun waktu yang panjang.

Teori dentuman besar ini juga dikenal sebagai teori ledakan dahsyat.

Teori apa yang menyatakan bahwa Bumi adalah pusat tata surya?

Teori yang menyatakan bahwa Bumi adalah pusat tata surya disebut dengan teori geosentris. Artinya dalam teori ini, Venus, Mars, dan planet lainnya mengelilingi Bumi atau mengorbit ke Bumi. Bahkan matahari pun mengelilingi Bumi dalam teori ini.

Apa yang dimaksud dengan teori geosentris?

Teori geosentris atau geosentrik atau geosentrisme merupakan teori yang menyatakan bahwa Bumi adalah pusat tata surya. Seluruh benda langit di tata surga kita termasuk matahari bergerak mengelilingi Bumi.

Apa yang dimaksud dengan teori keadaan tetap?

Teori keadaan tetap disebut juga the steady state theory dalam bahasa inggris. Secara sederhana dalam teori ini dikemukakan bahwa alam semesta tidak berawal dan tidak berakhir. Alam semesta akan tetap seperti apa adanya sekarang. Teori ini diungkapkan oleh H. Bondi, F. Hoyle, T. Gold dari Universitas Cambridge pada tahun 1948. Namun, model asal usul alam semesta ini sudah tidak digunakan lagi.

Apa yang dimaksud dengan teori planetesimal?

Teori planetesimal merupakan salah satu teori asal-usul tata surya. Teori ini menjelaskan bahwa matahari sudah ada pada awalnya. Lalu ada bintang yang melintas dan mendekat sehingga menyebabkan partikel matahari tertarik keluar ke arah bintang yang baru datang.

Selanjutnya bintang tersebut pergi. Pada saat yang bersamaan partikel yang sudah terlanjur tertarik ke bintang mengambang di angkasa dan pada kelanjutannya membentuk planet. Sementara sebagian partikel lain masih bisa kembali ke matahari.

Bagaimana bentuk bintang yang sebenarnya?

Sebagian besar bentuk bintang yang sebenarnya adalah seperti matahari, yaitu bulat seperti bola. Yang membuat bintang tidak terlihat seperti bulat dari Bumi adalah karena:

  1. Jaraknya terlalu jauh.
  2. Bintang merupakan benda angkasa yang bisa memancarkan cahaya sendiri.
  3. Saat masuk ke Bumi, bintang harus melalui atmosfer Bumi dulu.
  4. Ketika melewati atmosfer Bumi, cahaya bintang menyebar secara tidak beraturan. Bisa terjadi pembiasan dan pemantulan cahaya.

Apa fungsi dari bintang?

Fungsi dari bintang adalah:

  1. Sebagai penunjuk arah.
  2. Agar langit terlihat indah.
  3. Memancarkan cahaya dan membuat benda langit lain jadi terang dan memantulkan cahaya tersebut.

Apakah bintang memancarkan cahaya sendiri?

Iya, bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya sendiri. Kita juga menyebutnya sebagai bintang nyata.

Apa yang membuat bintang bersinar?

Bintang memiliki gravitasi yang mendorongnya ke bagian dalam. Karena gaya gravitasi inilah inti bintang jadi pekat dan memanas sehingga dua atau lebih atom berukuran kecil bersatu sehingga ukurannya jadi lebih besar (fusi nuklir).

Kondisi fusi nuklir ini menyebabkan atom hidrogen menjadi helium dan menciptakan cahaya, radiasi, dan energi yang ada di inti bintang. Inilah yang terlihat sebagai cahaya atau sinar bintang saat dilihat.

Mengapa Bintang Memiliki Warna yang berbeda-beda?

Bintang memiliki warna yang berbeda-beda karena memiliki panjang gelombang berbeda. Panjang gelombang ini dipengaruhi oleh suhu bintang dan atmosfer bintang.

Semakin tinggi suhu bintang, bintang akan terlihat biru atau putih. Semakin dingin suhu bintang, warnanya akan terlihat merah. Salah satu bintang terdingin terlihat berwarna merah karena memiliki suhu sekitar 3000 derajat celcius.

Sedangkan matahari yang memiliki suhu di atas 5000 derajat celcius terlihat berwarna putih keemasan atau putih kekuningan[17].

Berapa jumlah bintang di langit?

Sampai saat ini jumlah bintang di langit masih terus diteliti. Para peneliti tidak bisa memberikan jawaban eksak karena ada banyak bintang di galaksi. Sedangkan galaksi juga jumlahnya banyak sekali. Kita sendiri berada di galaksi bimasakti dan bintangnya ada sekitar 1011 sampai 1012. Sementara jumlah galaksi juga ada sekitar 1011 sampai 1012. Maka dengan perhitungan kasar, jumlah bintangnya adalah 1022 sampai 1024.

Akan tetapi angka ini hanyalah hitungan kasar. Nilai errornya sangat tinggi sebab tidak semua galaksi punya jumlah bintang yang sama. Itu sama halnya menghitung pasir di pantai, tak semua pasir di pantai jumlahnya sama[18].

Berapa besar ukuran bintang?

Ukuran bintang sangat bervariasi. Ada bintang yang terkecil berdiameter 20 sampai 40 kilometer. Bintang terkecil ini disebut bintang neutron. Sedangkan bintang terbesar adalah UY Scuti yang berdiameter sekitar 2,3 milyar kilometer atau 1708 kali diameter matahari.

Apa yang dimaksud dengan rasi bintang?

Rasi bintang adalah kumpulan beberapa bintang yang terlihat berhubungan dan seperti membentuk konfigurasi yang khusus. Rasi bintang disebut juga sebagai konstelasi.

Berapa berat matahari?

Massa matahari adalah 1,989 x 1030 kilogram.

Berapa ukuran diameter matahari?

Diameter matahari adalah 1,39 juta kilometer

Berapa besar energi matahari?

Matahari mengeluarkan senergi sekitar 384,6 yotta watts atau sekitar 3,846 x1026 watts dalam bentuk cahaya dan radiasi[20].

Energi matahari dihasilkan dari apa?

Energi matahari dihasilkan dari reaksi fusi nuklir yang terjadi di inti matahari. Reaksi ini membuat atom hidrogen berubah menjadi atom helium.

Apa yang menyebabkan matahari bersinar?

Seperti bintang pada umumnya, matahari bersinar karena adanya reaksi fusi nuklir yang terjadi di inti. Yang kemudian mengubah hidrogen menjadi helium dan memancarkan cahaya serta radiasi.

Apa yang menyebabkan matahari itu panas?

Yang menyebabkan matahari panas adalah reaksi fusi nuklir yang terjadi di inti matahari. Sebab energi yang dihasilkan dari reaksi fusi nuklir adalah energi panas dan cahaya.

Mengapa matahari tampak berwarna putih kekuning kuningan jika dilihat dari Bumi?

Salah satu faktor yang menentukan warna bintang adalah suhunya. Semakin dingin suhu bintang, maka warnanya akan merah. Semakin panas suhu bintang semakin putih atau biru warna bintang nya.

Matahari memiliki suhu permukaan sekitar 5.500 derajat celcius. Pada keadaan bintang bersuhu dingin 3.000 derajat celcius saja warnanya merah. Maka matahari dengan suhu ini terlihat memiliki warna putih kekuningan.

Selain suhu matahari, warna pada matahari juga dipengaruhi oleh atmosfer.

Bagaimana susunan planet dalam tata surya berdasarkan jaraknya dari Matahari?

Berikut adalah susunan planet dalam tata surya berdasarkan jaraknya dari matahari dalam 1 garis lurus:

  1. Merkurius
  2. Venus
  3. Bumi
  4. Mars
  5. Jupiter
  6. Saturnus
  7. Uranus
  8. Neptunus

Singkatan urutan planet tata surya dari matahari adalah: mervebuMars yang sangat ulung nan

Planet apakah yang memiliki jarak paling jauh dari matahari?

Planet yang paling jauh dari matahari adalah Neptunus. Jaraknya sekitar 4,49 miliar kilometer.

Apa nama planet bercincin dan Planet apa saja yang memiliki cincin?

Planet bercincin adalah sebutan untuk planet Saturnus. Selain Saturnus, ada Uranus dan Neptunus yang juga memiliki cincin tipis.

Apa saja ciri-ciri planet dalam?

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri planet dalam:

  1. Tidak memiliki cincin.
  2. Jumlah satelitnya sedikit.
  3. Permukaannya padat (kebanyakan planet keBumian).
  4. Terbentuk dari logam dan bebatuan.
  5. Jaraknya lebih dekat dengan matahari.
  6. Berada di antara sabuk asteroid dan matahari.

Apa yang dimaksud dengan planet kerdil?

Planet kerdil atau planet katai adalah benda langit yang tidak memancarkan cahaya sendiri yang mengelilingi matahari, memiliki gravitasi sendiri, bukan merupakan satelit dari planet lain, dan belum mengosongkan daerah di sekitar orbitnya.

Sebuah planet kerdil atau planet kurcacai (dwarf planet) tidak bisa mendominasi area di sekitarnya sendiri.

Apakah planet memancarkan cahayanya sendiri?

Tidak, tapi bisa memantulkan cahaya dari bintang, salah satunya matahari.

Mengapa planet-planet tidak saling bertabrakan saat mengelilingi matahari?

Karena matahari dan planet-planet itu memiliki gaya gravitasi.

Apa bidang edar planet Bumi?

Bidang edar planet Bumi disebut ekliptika. Yaitu bidang yang terbentuk dari lintasan orbit Bumi saat mengelilingi matahari.

Fyi, orbit adalah garis edar planet saat mengelilingi matahari. Orbit Bumi berbentuk elips.

Berapa lama perjalanan dari Bumi ke planet Mars?

Perjalanan dari Bumi ke planet Mars memakan waktu sekitar 150 sampai 300 hari. Tergantung kecepatan peluncurannya, penyelarasan Bumi dan Mars, dan targetnya[21].

Berapakah massa planet Merkurius?

Massa planet Merkurius adalah 3,28 x 1023 kg.

Mengapa Planet Venus disebut sebagai bintang fajar (pagi) dan bintang sore (senja)?

Karena saat pagi dan senja, Venus sering tampak dari Bumi.

Bulan itu terbuat dari apa?

Bulan terdiri dari beberapa lapisan, yakni inti dalam, inti luar (mantel), dan lapisan kerak.

Inti dalam terbuat dari mayoritas besi padat dan sedikit sulfur serta nikel.

Inti luar atau mantelnya mengandung fluida seperti besi cair, mineral olivine, olclinopyrxene, dan orthopyroxene.

Kerak terbuat dari oksigen, silikon, besi, magnesium, aluminium, kalium, hidrogen, uranium, titanium, thorium, dan kalsium[23].

Apa yang membuat bulan bersinar?

Bulan mendapatkan cahaya dari matahari kemudian memantulkannya. Hasil pantulan cahaya inilah yang membuat bulan tampak bercahaya.

Berapa besar ukuran bulan?

Jari-jari rata-rata bulan adalah sekitar 1.737,1 kilometer dengan luas permukaannya adalah 0,074 kali dari luas permukaan Bumi, yaitu 3,793 x 107 kilometer persegi.

Apa yang dimaksud dengan bintang berekor?

Bintang berekor adalah sebutan untuk komet. Komet merupakan benda langit yang terbentuk dari debu dan gas yang diselimuti oleh es.

Apa saja bagian-bagian dari komet?

Bagian-bagian dari komet adalah inti, koma, ekor, dan awan hidrogen.

Kapan komet muncul?

Komet muncul dalam waktu yang beragam, salah satunya komet halley yang muncul setiap 76 tahun sekali.

Mengapa Asteroid disebut juga planet kecil?

Asteroid disebut sebagai planet minor atau planet kecil karena asteroid memiliki ukuran yang lebih kecil dari planet dan lebih besar dari meteoroid.

Mengapa terkadang sering terlihat Hujan Meteor di Langit?

Karena umumnya pada saat itu Bumi sedang mengorbit dekat dengan komet. Orbit Bumi melalui sepihannya sehingga terjadi semacam tabrakan di titik-titik tertentu. Muncullah meteor yang berusaha masuk ke Bumi dan terbakar di atmosfer. Terjadilah hujan meteor.

Ada berapakah galaksi dan Berapa jumlah galaksi di alam semesta?

Jumlah galaksi di alam semesta tak bisa dipastikan. Akan tetapi diperkirakan sekitar 100 miliar galaksi. Jumlah ini bisa meningkat sampai 2 kali lipatnya.

Apa itu lubang cacing di luar angkasa?

Lubang cacing di luar angkasa adalah lubang yang berkaitan secara ruang dan waktu yang bisa menghubungkan dua tempat yang sangat berjauhan di luar angkasa. Secara sederhana lubang cacing atau worm hole juga disebut sebagai jalan pintas melalui waktu dan ruang.

Apa yang dimaksud dengan nebula?

Nebula adalah sebutan untuk kumpulan awan debu dan gas raksasa yang ada di luar angkasa.

Apa yang dimaksud dengan nova?

Nova adalah sebuah peristiwa astronomi yang menyebabkan bintang tiba-tiba menjadi terang. Bahkan terlihat seperti baru lahir. Nova juga disebut sebagai bintang baru.

Apa yang dimaksud dengan supernova?

Supernova adalah sebuah peristiwa astronomi berupa ledakan bintang yang sangat besar.

Bagaimana cara ilmuwan mengetahui ada banyak galaksi di alam semesta?

Para ilmuwan dan astronom terus mengembangkan alat untuk meneliti alam semesta. Salah satunya adalah menggunakan teknologi teleskop yang makin canggih yang diberi nama hubble.

Posisi Galaksi Bima Sakti diapit oleh galaksi …

Posisi galaksi bima sakti diapit oleh galaksi-galaksi magelan yang kecil dan besar serta andromeda.

Apa yang dimaksud tumbukan meteor dan asteroid?

Tumbukan meteor adalah upaya meteor masuk ke Bumi melalui atmosfer. Saat sampai di permukaan Bumi meteor ini dinamakan meteorit. Meteorit yang menabrak permukaan Bumi biasanya menyebabkan munculnya lubang besar seperti kawah.

Tumbukan asteroid terhadap Bumi diperkirakan pernah terjadi dan memusnahkan dinosaurus.

Kenapa manusia tidak punah pada saat hujan meteor?

Karena manusia memiliki kemampuan beradaptasi dan berkembang biak dengan cepat. Tidak seperti dinosaurus yang membutuhkan waktu lama untuk menetas dan berkembang menjadi dewasa.

Manfaat komet ciptaan Allah

Salah satu manfaat komet ciptaan Allah adalah bahwa komet mungkin menjadi satu-satunya benda langit yang memiliki masa dan bahan asli tata surya. Tak seperti Bumi dan bulan yang sudah mengalami aktifitas erosi, gempa, dll yang mengubah strukturnya.

Setiap berapa tahun komet jatuh?

Komet bisa saja jatuh dengan waktu yang bervariasi. Hal ini karena kemunculan komet pun bervariasi. Ada yang puluhan tahun seperti komet halley. Ada juga yang ribuan tahun.

Sebutkan kala komet muncul yang bisa diamati oleh kita!

Kala komet muncul yang bisa diamati oleh kita adalah komet halley yang muncul setiap 76 tahun sekali. Ini merupakan umur rata-rata manusia dapat hidup.

Kalau komet lain yang muncul ribuan bahkan ratusan tahun, kita tidak bisa mengamatinya secara langsung.

Diantara 8 planet manakah yang memiliki satelit dan jelaskan?

Planet yang memiliki satelit adalah Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Penjelasannya:

  1. Bumi memiliki 1 satelit yakni bulan.
  2. Mars memiliki dua satelit dan bernama phobos dan deimos.
  3. Planet Jupiter memiliki 79 satelit[8], ada yang sudah diberi nama dan ada yang belum. Dan beberapa satelit yang sudah diberi nama adalah metis, andrastea, thebe, amalthea, io, ganymede, callisto, europa, themisto, leda, himalia, pandia, ersa, elara, dll.
  4. Jumlah satelit planet Saturnus adalah 82[9]. Sebanyak 53 satelit sudah diberi nama, sisanya belum dan ada yang masih butuh konfirmasi. Di antara nama satelit Saturnus yang terkenal adalah Titan, enceladus, rhea, lapetus, dione, mimas, tethys.
  5. Jumlah satelit planet Uranus adalah 27 dan nama satelitnya yaitu oberon, titania, umbriel, ariel, miranda, cordelia, ophelia, bianca, juliet, cressida[10], dll.
  6. Jumlah satelit planet Neptunus adalah 14 satelit dan nama satelitnya yaitu Despina, Galatea, Hallmede, Hippocamp, Laomedela, Larissa, Nalad, Nereld, Neso, Proteus, Psmathe, Sao, Thalassa, dan Triton.

Ariel dan umbriel adalah satelit alam yang mengiringi planet…

Ariel dan umbriel adalah satelit alam yang mengiringi planet Uranus.

Apa yang terjadi jika planet tidak berbentuk bulat?

Planet berbentuk bulat bertujuan agar bagian-bagian planet itu bisa berada di titik terdekat dengan pusat gravitasinya. Jika planet tidak berbentuk bulat maka bagian-bagian ini tidak akan ada pada titik terdekat pusat gravitasinya secara adil.

Maka selanjutnya yang terjadi adalah benda itu mungkin akan berhamburan karena gravitasinya tak terlalu kuat menariknya.

Apakah ada kemungkinan planet-planet di muka Bumi ini saling bertabrakan misalnya Merkurius menabrak Uranus jika ada apa yang akan terjadi pada Bumi kita?

Masing-masing planet sudah memiliki gaya gravitasinya masing-masing. Gaya gravitasi inilah yang menjaga supaya planet-planet dalam tata surya tidak mengalami tabrakan.

Semua planet ini berada pada orbitnya masing-masing. Berotasi dan berevolusi terhadap matahari dengan periode yang unik.

Sebutkan 2 benda langit yang bukan tata surya

Berikut adalah 2 benda langit yang bukan tata surya:

  1. Lubang hitam
  2. Lubang cacing

Tuliskan dua keistimewaan Bumi yang tidak dimiliki planet-planet lain di tata surya

Berikut adalah dua keistimewaan Bumi yang tidak dimiliki planet-planet lain di tata surya:

  1. Bumi memiliki atmosfer yang sangat sesuai dengan kebutuhan makhluk hidup sehingga bisa ditinggali dengan nyaman.
  2. Bumi terdiri dari 2/3 air yang merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan.

Demikian informasi materi tata surya. Jarak, diameter, volume, dan suhu yang Kak Hinda tulis di atas merupakan angka rata-rata. Jadi bukan angka eksak yang bisa mengalami perubahan dan ada errornya.

Sumber:

  1. Muharram, Riza Miftah. 2019. Tata Surya. InfoAstronomy Publisher via InfoAstronomy.org. Diambil dari: https://books.google.co.id/books?id=iJeUDwAAQBAJ Diakses pada: 3 Oktober 2019.
  2. Solar System Formation. Diambil dari: https://www.windows2universe.org/our_solar_system/formation.html Diakses pada: 7 Oktober 2019.
  3. Williams, I. P. & Cremin, A. W.. 1968. A Survey of Theories Relating to the Origin of the Solar System. Quarterly Journal of the Royal Astronomical Society, Vol. 9, p.40. http://articles.adsabs.harvard.edu//full/1968QJRAS…9…40W/0000042.000.html Diakses pada tanggal: 3 Oktober 2019.
  4. Montmerle, T., Augereau, JC., Chaussidon, M. et al. Earth Moon Planet (2006) 98: 39. https://doi.org/10.1007/s11038-006-9087-5 Diakses pada: 7 Oktober 2019
  5. Chris Dolan. List of Named Stars in Alphabetical Order. http://www.astro.wisc.edu/~dolan/constellations/starname_list.html Diakses pada: 7 Oktober 2019.
  6. Nasa. Updated 16 Januari 2019. In Depth | Hypothetical Planet X. Diambil dari: https://solarsystem.nasa.gov/planets/hypothetical-planet-x/in-depth/ Diakses pada: 7 Oktober 2019.
  7. Yasemin Saplakoglu. 2019. What’s the Closest Planet to Earth? Not Venus, Scientists Say. https://www.livescience.com/65002-closest-planet-earth.html Diakses pada: 7 Oktober 2019.
  8. Scott Sheppard. 2018. A dozen new moons of Jupiter discovered, including one “oddball”. https://carnegiescience.edu/news/dozen-new-moons-jupiter-discovered-including-one-%E2%80%9Coddball%E2%80%9D Diakses pada: 7 Oktober 2019.
  9. Nasa. Overview | Saturn Moons. https://solarsystem.nasa.gov/moons/saturn-moons/overview/?page=2&per_page=40&order=name+asc&search=&placeholder=Enter+moon+name&condition_1=38%3Aparent_id&condition_2=moon%3Abody_type%3Ailike Diakses pada: 8 Oktober 2019.
  10. Nasa. 2017. In Depth | Uranus Moons. https://solarsystem.nasa.gov/moons/uranus-moons/in-depth/#unique_aspects_otp. Diakses pada: 8 Oktober 2019.
  11. Nasa. Updated 4 September 2019. Asteroid or Meteor: What’s the Difference? https://spaceplace.nasa.gov/asteroid-or-meteor/en/ Diakses pada: 8 Oktober 2019.
  12. Nasa. Updated 2 Oktober 2019. Overview | Sun.  https://solarsystem.nasa.gov/solar-system/sun/ Diakses pada: 8 Oktober
  13. Yunanto Wiji Utomo. 2013. Galaksi Terkecil di Jagat Raya Ditemukan. https://sains.kompas.com/read/2013/06/17/2303351/Galaksi.Terkecil.di.Jagat.Raya.Ditemukan Diakses pada: 8 Oktober 2019.
  14. Jolene Creighton. 2016. The Largest Galaxy In the Known Universe: IC 1101. This massive galaxy is an estimated 6 million light-years in diameter. https://futurism.com/ic-1101-the-largest-galaxy-ever-found Diakses pada: 8 Oktober 2019.
  15. EarthSky. 2019. Astronomers find a new, nearby galaxy. https://earthsky.org/space/globular-cluster-ngc-6752-dwarf-galaxy-behind Diakses pada tanggal: 8 Oktober 2019.
  16. Durham University. 2018. Astronomers identify some of the oldest galaxies in the universe. https://phys.org/news/2018-08-astronomers-oldest-galaxies-universe.html Diakses pada: 8 Oktober 2019.
  17. Why are stars different colors? https://www.planetsforkids.org/why-are-stars-different-colors.html Diakses pada: 9 Oktober 2019.
  18. How many stars are there in universe? https://www.esa.int/Our_Activities/Space_Science/Herschel/How_many_stars_are_there_in_the_Universe Diakses pada: 9 Oktober 2019.
  19. Star Sizes. https://www.schoolsobservatory.org/learn/astro/stars/class/starsize Diakses pada: 9 Oktober 2019.
  20.  The Sun’s Energy. https://ag.tennessee.edu/solar/Pages/What%20Is%20Solar%20Energy/Sun%27s%20Energy.aspx Diakses pada: 9 Oktober 2019.
  21. Fraser Cain. 2013. How Long Does it Take to Get to Mars? https://www.universetoday.com/14841/how-long-does-it-take-to-get-to-Mars/ Diakses pada: 9 Oktober 2019.
  22. Fraser Cain. 2012. Why Pluto is No Longer a Planet. https://www.universetoday.com/13573/why-Pluto-is-no-longer-a-planet/ Diakses pada: 9 Oktober 2019.
  23. Fraser Cain. 2018. What is the Moon Made Of? https://www.universetoday.com/20583/what-is-the-moon-made-of/ Diakses pada: 9 Oktober 2019.
  24. Michael Mark. 1993. The Solar System: Its Origin and Evolution. Journal of the Royal Astronomical Society. 34: 1–20. http://articles.adsabs.harvard.edu/pdf/1993QJRAS..34….1W diakses pada: 14 Oktober 2019
  25. McCrea, W. H. 1978. The formation of the solar system – A protoplanet theory. In: The origin of the solar system. (A79-13026 03-91) Chichester, Sussex, England and New York, Wiley-Interscience, 1978, p. 75-110. http://adsabs.harvard.edu/abs/1978orss.book…75M
  26. Nasa. Planetary Fact Sheet – Metric. https://nssdc.gsfc.nasa.gov/planetary/factsheet/ diakses pada 9 Oktober 2019.
  27. Tom Stockman, Gabriel Monroe, Samuel Cordner. 2019. Venus is not Earth’s closest neighbor. Calculations and simulations confirm that on average, Mercury is the nearest planet to Earth—and to every other planet in the solar system. https://physicstoday.scitation.org/do/10.1063/PT.6.3.20190312a/full/ diakses 14 oktober 2019.
  28. Nasa. Updated 15 Juli 2019. In Depth | Meteors & Meteorites. https://solarsystem.nasa.gov/asteroids-comets-and-meteors/meteors-and-meteorites/in-depth/ diakses 14 oktober 2019.

Kurang dan lebihnya Kak Hinda minta maaf. Semoga bermanfaat.

Hindayani, S.Si.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.

Artikel ini telah diperbarui pada 15 Oktober 2019.

Kalau mau mengutip, pakai format ini ya:

Hindayani. 2019. Materi Susunan Tata Surya: Pengertian, Teori, Urutan, Gambar. https://hindayani.com/tata-surya/ diakses pada (tanggal akses).

Kalau ada pertanyaan, Isi komentarnya di bawah ya!

avatar